loading...
loading...

Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi

Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi - Operasi plastik yang saat ini mungkin masih ramai dibicarakan adalah operasi yang bertujuan untuk memperbaiki sebagian tubuh. Operasi plastik banyak digunakan oleh masyarakat korea dalam mempercantik atau mempertampan wajah mereka. Dikabarkan bahwa masyarakat dari korea memberikan operasi plastik sebagai hadiah ulang tahun anaknya tatkala anaknya sudah berusia 17 tahun (seingat saya begitu).


Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi
Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi :: Sumber Foto : https://hellosehat.com


Karena pengaruh yang menggiurkan itu banyak dari orang-orang juga ikut tertarik untuk melakukan operasi plastik (Termasuk Indonesia), tak perduli ada banyaknya pro dan kontra, tentang halal haramnya dan tentang akibat buruknya.

Namun, segala Fakta kali ini tidak akan membahas tentang semua itu, melainkan sejarah Dan asal usul operasi plastik itu sendiri.

Berikut Penjelasannya :
Disini sejarah operasi plastik juga ada beberapa Versi :

Versi pertama :
Operasi Plastik dipicu pada saat terjadi perang dunia 1 (Tahun 1917). Karena banyaknya pecahan peluru yang meledak saat itu mengakibatkan beberapa kerusakan pada wajah korban. Ada seorang ahli beda yang bernama Harold Gillies, memutuskan untuk membantu para korban dan akhirnya menemukan tekhnik rekonstruksi wajah.

Versi Kedua :
Pada awal abad ke-8 SM, operasi pertama dilakukan. Seorang dokter tua (Ahli bedah india kuno ) dari india bernama susrutha  yang pertama kali berhasil menyelesaikan konstruksi hidung. Dan Susrutha juga sudah membukukan teknik operasi plastik.

Versi ketiga :
Operasi plastik datang dari bangsa romawi sejak abad 1 SM. Waktu itu bangsa Romawi kuno dapat melakukan beberapa operasi sederhana seperti memperbaiki telinga yang rusak.

Kesimpulannya : Boleh jadi Versi ketiga itu benar. Mereka adalah yang pertama kali menemukan operasi Plastik dalam Ide mereka masing-Masing.


Sementara di Indonesia sendiri. Operasi plastik dirintis oleh  Moenadjat Wiratmadja pada tahun 1958, setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Tahun 1959, dia melanjutkan pendidikan bedahnya di Universitas Washington. Sepulang dari luar, dia memberikan pelayanan pada umum dan pendidikan bedah plastik pada mahasiswa dan asisten bedah di FKUI/RSCM.


Tag: Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi, Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi, Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi, Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi, Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi, Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi, Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi, Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi, Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi, Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Sejarah dan Asal-Usul Operasi Plastik dalam Beberapa Versi"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA