Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Fakta menarik tentang Monyet Belalai atau Bekantan Yang Seru Untuk Dibaca

Fakta menarik tentang Monyet Belalai -  Monyet proboscis (Nasalis larvatus) atau monyet berhidung panjang adalah spesies monyet dunia yang sudah lama ada. Berikut Beberapa Fakta Menarik Tentang Monyet berhidung panjang ini :


Fakta menarik tentang Monyet Belalai atau Bekantan Yang Seru Untuk Dibaca
Fakta menarik tentang Monyet Belalai atau Bekantan Yang Seru Untuk Dibaca


Fakta 1 : Monyet proboscis hanya ditemukan di pulau Kalimantan di Asia Tenggara. Ditemukan di ketiga negara yang membelah pulau Kalimantan: Brunei, Indonesia, dan Malaysia.

Fakta 2 : Monyet proboscis mendiami hutan diterocarp-kerangas campuran, hutan mangrove dan hutan dataran rendah di dekat air tawar dan sungai.

Fakta 3 : Umurnya sampai 20 tahun di alam bebas dan sampai 30 tahun di penangkaran.

Fakta 4 : Monyet proboscis adalah spesies besar, menjadi salah satu spesies monyet terbesar yang berasal dari Asia.

Fakta 5 : Monyet Jantan memiliki tinggi 66 sampai 76,2 cm (26 sampai 30 inci) dan biasanya memiliki berat 16 sampai 22,5 kg (35 sampai 50 lb), dengan berat maksimum diketahui 30 kg (66 lb).

Fakta 6 : Betina memiliki tinggi badan 53,3 sampai 62 cm (21 sampai 24,4 inci) dan biasanya memiliki berat 7 sampai 12 kg (15 sampai 26 lb), dengan massa maksimum diketahui 15 kg (33 lb).

Fakta 7 : Bulu monyet proboscis dewasa berwarna oranye terang, coklat kemerahan, coklat kekuningan atau bata merah. Bagian belakang berwarna abu-abu muda, kekuningan, atau keabu-abuan sampai cahaya oranye; Dan lengan, kaki, dan ekor Berwarna abu-abu

Fakta 8 : Wajah mereka berwarna krem ​​dengan mata cokelat kecil dan terlihatcerdas.

  • Baca Fakta Hewan lainnya DISINI


Fakta 9 : Monyet proboscis paling terkenal karena hidung besar jantan yang panjangnya bisa melebihi 10,2 cm (4,0 in), dan menggantung lebih rendah dari mulut. Betina memiliki hidung yang jauh lebih kecil yang tidak memiliki ujung bulat besar. Meski begitu, hidung betina masih terbilang besar untuk primata.

Teori untuk panjang hidung mereka menunjukkan bahwa itu mungkin seleksi seksual oleh wanita, yang lebih menyukai vokalisasi yang lebih keras, dengan ukuran hidung meningkatkan volume panggilan.

Fakta 10 : Monyet proboscis berada diurnal, lebih memilih untuk aktif dari sore sampai gelap.

Fakta menarik tentang Monyet Belalai atau Bekantan Yang Seru Untuk Dibaca
Fakta menarik tentang Monyet Belalai atau Bekantan Yang Seru Untuk Dibaca :: Courtesy images : http://www.monkeyworlds.com


Fakta 11 : Monyet proboscis sebagian besar bersifat arboreal dan bergerak secara empat kali lipat dan dengan lompatan. Diketahui melompat dari cabang dan turun ke air.

Fakta 12 : Monyet proboscis mungkin adalah hewan air primata yang paling banyak. Mereka memiliki jempol berselaput, sebuah adaptasi yang memungkinkan mereka untuk dapat berenang jauh.

Fakta 13 : Monyet proboscis adalah folivora dan frugivora. Mereka lebih suka buah, biji, daun muda, dan tunas bakau. Mereka mungkin juga makan beberapa invertebrata seperti ulat dan larva.

Fakta 14 : Monyet proboscis terlihat terbelenggu karena perut buncitnya yang besar.

Fakta 15 : perut Mereka mengandalkan sejumlah bakteri simbiotik untuk pencernaan.

Fakta 16 : Mereka mungkin menyeberangi sungai dengan berenang jika sendirian atau mereka mungkin menyeberang dengan melompat dari satu pohon ke pohon lainnya.

Fakta 17 : Monyet proboscis umumnya hidup dalam kelompok yang terdiri dari satu jantan dewasa, beberapa betina dewasa dan keturunan mereka. Semua kelompok jantan mungkin juga ada. Beberapa individu soliter, kebanyakan adalah jantan.

Fakta 18 : Semua kelompok akan berkumpul di malam hari untuk tidur.

Fakta 19 : Terkadang kelompok berkumpul di siang hari dan bepergian bersama.

Fakta 20 : Monyet proboscis diketahui membuat beberapa Suara. Honksi dibuat oleh jantan sebagai ancaman atau untuk memperingatkan predator. Shrieks dibuat oleh Betina dan kedua jenis kelamin remaja untuk menunjukkan aggitasi atau kegembiraan, dan jeritan diberikan saat pertemuan agonistik.

Fakta 21 : Monyet proboscis melahirkan satu keturunan tunggal setelah masa kehamilan 166-200 hari. Kelahiran biasanya terjadi pada malam hari atau di pagi hari. Bayi lahir dengan wajah biru, yang berangsur - angsur beralih ke Warna monyet dewasa.

Fakta menarik tentang Monyet Belalai atau Bekantan Yang Seru Untuk Dibaca
Fakta menarik tentang Monyet Belalai atau Bekantan Yang Seru Untuk Dibaca : Courtesy images : Daily mail


Fakta 22 : Anak dari Monyet Berhidung panjang ini mulai makan pada enam minggu dan disapih pada usia tujuh bulan. Bayi tetap dekat Kepada ibu mereka selama sekitar satu tahun.

Fakta 23 : Predator monyet proboscis termasuk buaya, macan tutul, elang, kadal dan Ular piton

Fakta 24 : Populasi monyet proboscis sedang dalam penurunan dan spesies tersebut telah terdaftar sebagai terancam sejak tahun 2000. Menurut Daftar Merah Terancam IUCN Spesies Terancam, monyet belalai terbatas pada populasi yang tersebar dan tidak konsisten di seluruh wilayah asalnya.

Fakta 25 : Ancaman utama pada monyet proboscis adalah hilangnya habitat; Karena penebangan dan perkebunan kelapa sawit; Juga habitat pesisir yang sering dikunjungi oleh monyet belalai telah diubah menjadi tambak udang dan dirubah oleh manusia. 🙇

Fakta 26 : Di beberapa daerah, mereka diburu karena spesiesnya diperlakukan sebagai makanan lezat, dan juga penggunaannya sebagai Obat tradisional Cina.. 😠

Fakta menarik tentang Monyet Belalai atau Bekantan Yang Seru Untuk Dibaca
Fakta menarik tentang Monyet Belalai atau Bekantan Yang Seru Untuk Dibaca


Fakta 27 : Monyet proboscis dilindungi hukum di seluruh wilayah Kalimantan.

Fakta 28 : Diperkirakan sekitar 7.000 monyet belalai tinggal di alam liar hari ini.


Fakta 29 : Monyet proboscis juga memakai nama Indonesia monyet belanda ("monyet Belanda"), atau bahkan orang belanda ("orang Belanda"), karena orang Indonesia mengatakan bahwa penjajah Belanda sering memiliki perut dan hidung yang sama besar.

  • Baca Fakta Hewan lainnya DISINI

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

1 Response to "Fakta menarik tentang Monyet Belalai atau Bekantan Yang Seru Untuk Dibaca"

  1. Penampakannya lucu ya Mas. Kayaknya aku belum pernah lihat deh di kebun binatang. Apa aku yang nggak jeli ya?

    ReplyDelete

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA