loading...

54 Fakta Menarik Negara Guyana, Negara Yang Artinya Tanah Banyak Perairan

54 Fakta Menarik Negara Guyana, Negara Yang Artinya Tanah Banyak Perairan - Guyana, secara resmi merupakan Koperasi Republik Guyana, adalah sebuah negara berdaulat di daratan utara Amerika Selatan. Ini juga satu-satunya negara Persemakmuran di daratan Amerika Selatan. Dengan fakta-fakta tentang Guyana ini, mari kita jelajahi Lebih banyak tentang informasi tentang ekonomi, manusia, geografi, budaya dan sejarahnya :


Gadis Cilik Guyana Foto : hiveminer.co


Fakta # 1. Setelah Uruguay (176.215 km persegi) dan Suriname (163.821 km persegi), Guyana (214.970 km persegi) adalah negara terkecil ketiga di daratan Amerika Selatan. Negara Amerika Selatan lainnya adalah Brasil, Kolombia, Argentina, Peru, Venezuela, Cile, Ekuador, Bolivia dan Paraguay (total 12 negara).

Fakta # 2. Guyana menjadi independen pada tanggal 26 Mei 1966 dari Inggris. Populasi negara terdiri dari orang-orang dari berbagai etnis termasuk Cina, Portugis, India Timur, Eropa, Amerindia, dan Afrika yang nyaman tinggal berdampingan satu sama lain.

Fakta # 3. Menariknya, Guyana juga merupakan satu-satunya negara Amerika Selatan dimana bahasa Inggris adalah bahasa resmi. Bahasa resmi negara-negara Amerika Selatan lainnya adalah: - Brasil - Portugis; Venezuela - Spanyol; Kolombia - Spanyol; Argentina - de facto Spanyol; Peru - Spanyol, Chili - Spanyol; Ekuador - Spanyol; Bolivia - Spanyol dan lainnya; Paraguay - Spanyol dan Guaran; Suriname - Belanda; Uruguay - Spanyol.

Fakta # 4. Guyana menurut kamus Oxford Inggris berarti "tanah banyak perairan."

Fakta # 5. Belanda adalah orang pertama yang membangun koloni di Guyana dan kemudian datang ke Inggris.

Fakta # 6. Guyana memiliki sengketa teritorial dengan Venezuela dan Suriname.

Guyana. Foto : http://www.nationsonline.org


Fakta # 7. Guyana memiliki tiga wilayah geografis utama. Salah satunya adalah dataran pantai dataran rendah, yang lainnya adalah zona savana, dan yang ketiga adalah daerah pegunungan.

Fakta # 8. Guyana juga merupakan rumah bagi air terjun setetes tunggal terbesar di dunia - Air Terjun Kaieteur. Air terjun memiliki panjang total 251 meter dan merupakan salah satu air terjun paling kuat di dunia dengan tingkat aliran air rata-rata 663 meter kubik per detik.

Fakta # 9. Essequibo sepanjang 1.010 kilometer (628 mil), Sungai Courantyne pada jarak 724 kilometer (450 mil), Berbice pada 595 kilometer (370 mi), dan Demerara di 346 kilometer (215 mi) adalah empat sungai terpanjang di Guyana.

Foto : http://www.telegraph.co.uk


Fakta # 10. Sekitar tiga perempat Guyana adalah hutan. Dan dari daerah ini, 60% dianggap sebagai hutan primer. Beberapa bagian hutan hujan di Guyana hampir tidak dapat diakses oleh manusia. Dan negara ini memiliki tingkat penggundulan hutan yang rendah.

Fakta # 11. Gunung Roraima (Elevasi: 2.810 m; Pendakian pertama: 1884) adalah titik tertinggi di Guyana. Tempat ini dikelilingi oleh Venezuela dan Brasil juga. Namun, titik tertinggi gunung adalah Maverick Rock, yang seluruhnya terletak di Venezuela. Hujan hampir setiap hari di gunung berpuncak datar ini.

Fakta # 12. Guyana dibagi menjadi tiga wilayah: Essequibo, Demerara, dan Berbice.

Fakta # 13. Terlepas dari kenyataan bahwa Guyana memiliki banyak tutupan hutan, tanah purbanya tidak subur dan sebagian besar penduduknya tinggal di daerah pesisir.

Fakta # 14. Bagi yang tinggal di pantai, bertani dan memancing merupakan sumber pendapatan utama.

Fakta # 15. Guyana juga menjadi tuan rumah Piala Dunia Kriket 2007 bersama Hindia Barat. Pada pertandingan Piala Dunia ini dimainkan di Stadion Providence bahwa petenis cepat Sri Lanka Lasith Malinga menjadi bowler pertama dalam sejarah kriket internasional yang membawa empat wickets dalam empat bola berturut-turut. Stadion ini menyelenggarakan enam pertandingan Piala Dunia antara 28 Maret 2007, dan 9 April 2007.

Fakta # 16. Menurut WHO, Guyana menduduki peringkat kedua dalam kasus bunuh diri per kapita di seluruh dunia setelah Sri Lanka.

Fakta # 17. Aksi bunuh diri massal terbesar dalam sejarah modern terjadi di Guyana ketika lebih dari 900 orang meninggal pada tahun 1978. Orang-orang yang meninggal adalah pendukung Jim Jones, pemimpin sekte religius.

Fakta # 18. Sejak tahun 1985, telah terjadi peningkatan penyakit yang berkaitan dengan konsumsi air dan makanan di Guyana. Terlepas dari kenyataan bahwa setidaknya 90% penduduk yang tinggal di daerah pedesaan dan perkotaan memiliki akses terhadap air minum bersih.

Fakta # 19. Georgetown adalah ibu kota dan pelabuhan utama Guyana.

Fakta # 20. New Amsterdam dan Georgetown adalah dua pusat komersial utama negara ini.

Fakta # 21. Bangunan kayu merupakan bagian dari warisan negara namun sekarang memudar ke masa lalu dengan datangnya bangunan beton yang lebih umum.


Fakta # 22. Sebagian besar makanan diproduksi secara lokal termasuk sayuran, buah-buahan, minyak goreng, gula, ikan, daging, rum, dan nasi.

Fakta # 23. Ekspor gula dan rum merupakan kegiatan komersial utama di Tanah Air. Pertanian merupakan kegiatan utama di dalam negeri dan merupakan penyumbang utama bagi perekonomiannya.

Fakta # 24. Pernikahan yang diatur umum terjadi di antara populasi Hindu dan Muslim di negara ini. Wanita bertanggung jawab untuk mengasuh anak-anak karena anak-anak umumnya ditinggalkan oleh ayah mereka.

Fakta # 25. Dalam beberapa tahun terakhir, lebih banyak wanita daripada pria di Guyana yang masuk universitas. Perempuan sekarang memainkan peran penting dalam melakukan berbagai pekerjaan seperti vendor, perawat, guru, pegawai negeri, pedagang pasar, petani, dan panitera.

Fakta # 26. Pendidikan yang tepat dari anak-anak dan pendidikan mereka sangat diperlukan untuk budaya negara. Untuk menanamkan nilai-nilai moral di kalangan yang lebih muda, orang-orang menghadiri gereja, masjid, dan kuil bersama anak-anak mereka.

Fakta # 27. Universitas Guyana didirikan pada tahun 1963. Ini juga merupakan tempat di mana banyak ilmuwan dan profesional terkemuka telah belajar. Ini adalah satu-satunya universitas di Guyana dan pendidikan tinggi yang sangat mahal bagi penduduk lokal.

Fakta # 28. Dolar AS adalah mata uang yang diterima secara luas di Guyana.

Fakta # 29. Guyana mengalami dua musim hujan: Mei sampai pertengahan Agustus dan pertengahan November sampai pertengahan Januari. Selama musim hujan, banjir bandang merupakan ancaman konstan.

Fakta # 30. Bahasa Spanyol, Portugis, Creole, dan Amerindian diucapkan di berbagai wilayah di negara ini.


Amerindian. Suku Asli Guyana . Foto : stabroeknews.com

Fakta # 31. Amerindian adalah penduduk asli daerah ini.

Fakta # 32. Konstitusi Guyana ditata pada tanggal 6 Oktober 1980.

Fakta # 33. Warga dari beberapa negara tidak memerlukan visa untuk masuk Guyana. Ini termasuk Australia, Barbados, Belgia, Italia, Jamaika, Swiss, Spanyol, Portugal, Prancis dan banyak negara lainnya.

Fakta # 34. Tidak ada kereta api di Guyana - tidak ada layanan internasional maupun domestik. Dan juga, tidak ada hubungan jalan antara Guyana dan Venezuela.

Fakta # 35. Minibus adalah moda transportasi termurah di seluruh Guyana.

Fakta # 36. Suhu rata-rata di Guyana berkisar antara 75 dan 87 derajat Fahrenheit.


Mashramani. Foto : https://hiveminer.com


Fakta # 37. Mashramani adalah festival tahunan yang dirayakan di Guyana dalam rangka memperingati Kelahiran Republik. Mashramani berarti "perayaan setelah kerja keras". Festival ini biasanya diadakan pada tanggal 23 Februari kecuali pada tahun 2016 ketika dirayakan pada tanggal 26 Mei, pada ulang tahun Kemerdekaan ke-50 Guyana.

Fakta # 38. Kaieteur Falls di Guyana adalah 5 kali tinggi Niagara Falls. Air terjun lainnya di negara ini meliputi: Air terjun Orinduik, Kumerau Falls dan 52 Drop Falls (serangkaian 52 jeram di Sungai Cuyuni).

Fakta # 39. Gunung Ayanganna adalah gunung tertinggi kedua di Guyana setelah Gunung Roraima.

Fakta # 40. Guyana terkenal dengan kerajinan indah buatan lokal yang meliputi lukisan, dompet, topi matahari, perhiasan imitasi dan banyak barang lainnya. Negara ini juga menawarkan beberapa perhiasan emas yang luar biasa.

Fakta # 41. Karena sebagian besar barang diimpor dari negara lain, biaya tinggal di Guyana relatif tinggi.

Fakta # 42. Piring dari anak benua India dilokalisasi. Makanan di wilayah ini juga dipengaruhi oleh kreol.

Fakta # 43. Restoran Cina biasa dikunjungi orang seperti masakan Cina termasuk chow mein dan lo mein.

Fakta # 44. Berbagai pilihan makanan ada di Georgetown, ibu kota negara itu. Pilihan menu di restoran di kota-kota kecil seringkali terbatas pada masakan Kreol.

Dark Rum Foto : http://www.theliquorbarn.com/


Fakta # 45. Rum gelap adalah minuman yang populer di negara ini. Karena kelembabannya tinggi dan mantap

Fakta # 45. Rum gelap adalah minuman yang populer di negara ini. Karena kelembaban dan suhu yang tinggi di Guyana, proses penuaan rum di Guyana diperkirakan meningkat pesat. Jadi, misalnya, rum berusia 8 tahun memiliki kematangan sama dengan rum rum berusia 16 tahun di negara lain.

Fakta # 46. Beer Beer adalah bir nasional negara ini.

Mauby. Minuman terkenal di Guyana. Foto : Pinterest


Fakta # 47. Mauby adalah minuman terkenal yang biasa tersedia di seluruh negeri. Itu terbuat dari kulit pohon. Beberapa minuman umum lainnya juga termasuk jus tebu dan air kelapa.

Fakta # 48. Guyana menerima curah hujan rata-rata 91 mm.

Fakta # 49. Dalam sepuluh tahun terakhir, tingkat melek huruf telah turun di negara ini.

Fakta # 50. Orang-orang dari negara-negara berkembang dan miskin datang ke Guyana untuk mencari pekerjaan. Namun, biaya hidup yang tinggi di Guyana menyulitkan ekspatriat untuk bertahan di negara ini.

Fakta # 51. Di Guyana, h0m0seksualitas dikatakan ilegal. Seseorang bisa dihukum seumur hidup jika tuduhan terbukti. 

Fakta # 52. Air ledeng di dalam negeri tidak aman untuk diminum.

Fakta # 53. Malaria tersebar luas di sebagian besar Guyana. Demam kuning mewabah di Guyana. Pelancong ke daerah ini harus segera divaksinasi dengan benar untuk menghindari masalah kesehatan.

Fakta # 54. Rumah Sakit Umum Georgetown adalah rumah sakit terbesar di negara tersebut yang terletak di ibu kotanya. Namun, fasilitas di rumah sakit masih dasar dan perlu perbaikan.

Demikianlah Fakta Tentang Negara Guyana. Semoga dapat menambah wawasan anda.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

4 Responses to "54 Fakta Menarik Negara Guyana, Negara Yang Artinya Tanah Banyak Perairan"

  1. Mantap kang ulasannya menarik. Buka blog ini makin nambah ilmu, thanks for share ya

    ReplyDelete
  2. Mata gadis cilik Guyana itu seperti mats ular.

    ReplyDelete
  3. Ya ampun apa aku doang yg baru tahu fakta2 ini di negara Guyana? Thanks for sharingnya :)

    ReplyDelete
  4. Banyak fakta yang terungkap fakta yang no dua puluh empat itu ditinggal sementara kalinya, kalau ditinggal selamanya ya sdh tentu ibulah yang menjaga anak-anaknya

    ReplyDelete

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA

KOMENTAR TERBARU

loading...