loading...
loading...

Lowongan Kerja Terbaru Cek Disini

66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan

66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan - Menurut wikipedia, Mongolia (bahasa Mongol: Монгол Улс) adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Asia Timur; berbatasan dengan Rusia di sebelah utara, dan Republik Rakyat Tiongkok di selatan. Mongolia merupakan pusat Kekaisaran Mongol pada abad ke-13 tetapi dikuasai oleh Dinasti Qing sejak akhir abad ke-17 hingga sebuah pemerintah merdeka dibentuk dengan bantuan Uni Soviet pada 1921. Akan tetapi, kemerdekaan Mongolia tidak diakui Cina sampai tahun 1949. Setelah Komunis menguasai Cina daratan, Cina akhirnya mengakui kemerdekaan Mongolia. Setelah keruntuhan Uni Soviet, Mongolia menganut aliran demokrasi. Dengan luas wilayah yang sebanding dengan Alaska sebagian besar wilayah Mongolia memiliki tanah yang gersang kebanyakan wilayah berupa padang rumput dengan pegunungan di bagian barat dan utara dan Gurun Gobi di selatan. Mayoritas penduduknya beretnis Mongol yang menganut agama Buddha Tibet dengan kehidupan nomad.

Setelah kemarin admin memposting 39 FAKTA ANEH TENTANG AMERIKA SERIKAT YANG HAMPIR TERLALU GILA UNTUK DIPERCAYAI Sekarang kita membaca Fakta Mongolia yuk, Berikut admin memposting 66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan. Silahkan dibaca :

66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


Fakta 1 : Mongolia sebenarnya masih Negara otonom Cina / Kelompok Sosial Cina

66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


Fakta 2 : Ibukota Mongolia adalah Ulan Bator, atau UlaanBaatar yang berasal dari bahasa Mongolia Ulayanbayatur, yang berarti "Pahlawan Merah." Kota ini bukan bagian dari aimag Mongolia, atau provinsi, dan penduduknya pada tahun 2008 adalah lebih dari 1 juta. Kota ini didirikan pada tahun 1639 sebagai sebuah biara bergerak dan berubah lokasi 28 kali sebelum menetap secara permanen di lokasi yang sekarang di Tuul dan di sungai selbe pada tahun 1778.

Fakta 3 : Mongolia adalah negara yang paling jarang penduduknya di dunia, dengan hanya 4,3 orang per mil persegi.

Fakta 4 : Mongolia memiliki total luas 603, 909 miles2 (1.564.116 km2). Hal ini sedikit lebih kecil dari Alaska dan negara tak berpantai terbesar kedua setelah Kazakhstan.

Fakta 5 : Dari Tahun 1866, kata "Mongoloid," yang secara harfiah berarti "dari atau seperti Mongol," digunakan sebagai istilah untuk orang yang lahir dengan fitur khas dari sindrom Down. Hari ini, terlihat hanya sebagai sebutan ras.

Fakta 5 : Sebelum itu bernama Ulaanbaatar, ibukota Mongolia disebut Urga, yang merupakan ejaan Rusia dari örgöö kata Mongolia, yang merupakan nama untuk penutup/yurt yang dapat ditarik di atas lubang asap di puncak sebuah ger atau asrama mahasiswa. Digunakan honorifically, Örgöö menunjukkan tidak hanya penutup tetapi seluruh Kemah orang penting.

Fakta 6 : Ada teori dimana penunggang kuda mungkin telah menemukan es krim, ketika mereka mengambil krim dalam wadah yang terbuat dari usus binatang sebagai ketentuan perjalanan panjang melintasi gurun Gobi di musim dingin. Saat mereka berlari, krim itu terguncang keras, sedangkan suhu di bawah nol menyebabkannya menjadi beku. Ekspansi Kekaisaran Mongol menyebarkan es krim melalui Cina, dimana Marco Polo konon membawa ide itu ke Italia ketika ia kembali dari perjalanannya pada tahun 1295.

Fakta 7 : Pada tanggal 17 September 2011, 6002 pegulat berpartisipasi dalam Pertandingan Gulat Nasional Mongolia. Itu kompetisi gulat terbesar di dunia, menurut Guinness World Records.

Fakta 8 : Bursa Efek Mongolia  atau bursa saham Mongolia adalah yang terkecil di dunia kapitalis dan ditempatkan di sebuah bioskop anak-anak.

Fakta 9 : Di Mongolia, ada 13 kali lebih banyak kuda daripada manusia, dan domba melebihi jumlah manusia 35 berbanding  1.

Fakta 10 : Genghis Khan lahir di Masehi 1162 di Deluun Boldog, dekat gunung Burkhan Khaldun, tidak jauh dari ibukota Ulaanbaatar. Dinamakan Temüjin, ia muncul pada usia 20 untuk menjadi pemimpin klan Borjigin Mongol. Setelah 20 tahun perang internal dia bersatu sebagian besar klan Mongol, dan pada tahun 1206, ia diangkat Genghis Khan, yang berarti "Raja Lautan" atau "Raja Universal."

Fakta 11 : Setelah Genghis Khan meninggal pada bulan Agustus 1227, tubuhnya kembali ke Mongolia dan dimakamkan di sebuah makam tak bertanda, menurut permintaannya. Pada saat kematiannya, kerajaannya membentang dari Beijing ke Laut Kaspia.

Fakta 12 : Mongol khöömii, atau nyanyian tenggorokan atau nyanyian nada, yang merupakan vocal yang sering dinyanyikan di Mongolia melibatkan produksi dua nada simultan dengan suara manusia.

Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


Fakta 13 : Gurun Gobi, bagian yang terletak di Mongolia, adalah padang pasir terbesar di Asia dan terbesar kelima di dunia.

Fakta 14 : Barulah pada tahun 2002, Taiwan secara resmi diakui Mongolia sebagai negara otonom dan dihapus dari peta Cina. Mongolia masih mendukung sebuah "Kebijakan Satu Cina" dan secara resmi menganggap Taiwan sebagai bagian dari Cina.

Fakta 15 : Macan tutul Salju asli ke Mongolia, dan sepertiga dari populasi dunia tinggal di sana. Macan tutul salju tidak dapat mengaum atau mendengkur. 


Fakta 16 : Unta Baktria yang berpunuk dua Merupakan hewan asli dari Mongolia. Tahunan Seribu Camel Festival telah diselenggarakan oleh sebuah kelompok swasta yang bekerja untuk melindungi dan melestarikan populasi Baktria di Mongolia, yang telah terus menurun selama 12 tahun terakhir. 

Fakta 17 : Tiga puluh enam persen dari populasi Mongolia adalah di bawah usia 18.

Fakta 18 : Dinding Cina benar-benar dibangun di dalam Mongolia di Masehi abad ke-6

Fakta 19 : Mongolia disebut sebagai "Land of the Blue Sky" karena memiliki lebih dari 260 hari yang cerah sepanjang tahun.

Fakta 20 : Mongolia dikatakan berasal dari kata Mongol, yang dikatakan dari mong kata, yang berarti "berani."

Fakta 21 : minuman nasional Mongolia, susu fermentasi kuda, disebut airag-atau kumiss, di bagian lain dari Asia Tengah.

Fakta 22 : Karena elevasi yang tinggi, lintang tinggi, lokasi daratan, dan efek dari anticyclone Siberia, Ulaanbaatar adalah ibu kota negara terdingin di dunia, di mana suhu rata-rata adalah -1 derajat celcius.

66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


Fakta 23 : Panglima perang Mongolia Genghis Khan masuk dalan salah satu majalah Time Sebagai "25 Ikon Politik Paling Penting Sepanjang sejarah" pada tahun 2011.
Fakta 24 : Pada tahun 1922, Amerika Roy Armstrong Chapman menjadi manusia pertama yang menggali tulang dinosaurus dari periode Cretaceous di Mongolia gurun Gobi. Beberapa mengatakan Chapman adalah inspirasi di balik karakter film yang populer Indiana Jones.

Fakta 25 : Nama Mongol pertama kali tercatat pada China T'ang Dinasti (AD 618-907). Orang-orang Uyghur, yang sekarang tinggal di provinsi Xinjiang, China, bersekutu dengan Tang dan menyerbu Mongolia di 744. Uyghur menguasai sebagian besar Mongolia sampai 840.

Fakta 26 : Pada tahun 1962, William Coperthwaite memperkenalkan versi modern dari yurt/penutup ke Amerika Serikat, setelah membaca sebuah artikel di majalah National Geographic dengan gambar ger Mongolia.

Fakta 27 : Buku Genghis Khan: biografi Kaisar merupakan buku terlaris dari panglima perang Mongolia 


Fakta 28 : Sebuah angka yang luar biasa dari orang di Asia Tengah diperkirakan keturunan Jenghis Khan. Para ahli genetika telah mulai melacak varian dari kromosom Y ditularkan hanya melalui garis laki-laki dalam DNA dari sejumlah besar Asia Tengah laki-laki-diperkirakan 17 juta-yang muncul untuk berbagi nenek moyang yang sama, berawal kembali ke abad ke-13.


Fakta 29 : John Wayne bermain Mongolia panglima perang Genghis Khan di 1956 Dick Powell-diarahkan Film Conqueror. Film ini adalah sebuah kegagalan box office dan masih disorot hari ini.


Fakta 30 : Damdin Sukhbaatar, "Bapak Revolusi Mongolia" untuk kemerdekaan dari Cina dan yang namanya berarti "Axe Pahlawan," meninggal di usia 30 tahun. Laporan awal dari dokter mengatakan dia meninggal karena keracunan, tetapi kemudian biografi resmi menyatakan bahwa ia telah meninggal karena tuberkulosis.


Fakta 31 : Yang paling populer olahraga Mongolia adalah bökh (daya tahan), atau gulat, dan turnamen paling penting diadakan pada Hari Kemerdekaan Mongolia. Pemenang tempat pertama mendapatkan hak untuk menyebut dirinya arslan (singa), runner-up ke arslan adalah Dzan (gajah), dan tempat ketiga finisher adalah nachin (elang). Jik arslan memenangkan turnamen dua kali berturut-turut, ia akanmendapatkan gelar avrag (titan) -puncak Mongol gulat, kurang lebih sama dengan Grand Champion peringkat di gulat sumo Jepang.

Fakta 32 : Di Mongolia, gulat adalah tradisi yang berlangsung ratusan tahun, mungkin lebih jauh dari catatan sejarah. Cina yang mengunjungi Mongolia di Masehi abad ke-7 melaporkan menonton pertandingan gulat, dan kronik dari biarawan Fransiskan Carpini, yang berada di ibukota Mongol dari Karakoram di abad ke-13, juga menyebutkan olahraga.

Fakta 33 : Seorang cucu Genghis Khan, Kublai (atau Khubilai) Khan, menaklukkan Cina, mengakhiri Dinasti Song, dan menjadi kaisar dari Dinasti Yuan. Kubilai Khan mendirikan ibukota musim dingin di Beijing, yang dikenal kemudian sebagai Dadu (besar Capital). rezimnya meninggalkan dua monumen besar di Beijing, yang masih berdiri: Yonghegong (temple Lama) dan stupa putih raksasa (struktur Buddha gundukan berbentuk) di Beihai Park. Kublai Khan juga membangun ibukota musim panas di tempat yang sekarang Inner Mongolia bernama Xanadu (Shangdu), tetapi tidak ada yang tersisa dari itu hari ini.

Fakta 34 : Pada tanggal 26 November 1924, Republik Rakyat Mongolia menjadi negara komunis kedua di dunia.


Fakta 35 : Mongolia adalah salah satu negara tertinggi di dunia dengan ketinggian rata-rata 5.184 kaki (1.580 m).

Fakta 37 : Larch adalah pohon tertinggi di Mongolia, dengan tinggi yang tercatat mencapai 148 kaki (45 m).

Fakta 38 : Mongolia State University merupakan satu-satunya universitas di seluruh negeri mongolia. Awalnya bernama Choibalsan University, dibuka pada tahun 1942.


Fakta 39 : Agama utama Mongolia adalah Lamaisme, atau sekte Kuning dari Buddhisme Tibet. Ini berasal di Tibet sekitar abad ke-7 Masehi Mongolia penguasa Altan Khan diperkenalkan Lamaisme kepada massa Mongolia di abad ke-16 dan ia juga yang pertama diberi judul Dalai Lama ke pemimpin agama Tibet.


Fakta 40 : Mongolia adalah anggota dari keluarga bahasa Ural-Artai, yang meliputi antara lain Finlandia, Turki, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Korea..


Fakta 41 : Erdene Zuu Monastery, biara Buddha tertua di Mongolia, dibangun pada 1586 di Kharkhorin. Hari ini, terletak berdekatan dengan kota kuno Karakorum, atau Harhorin.


Fakta 42 : Banyak orang Mongolia masih tinggal di ger tradisional, yang merupakan jenis tenda. Juga dikenal sebagai "yurt," ini tempat tinggal portabel secara tradisional digunakan oleh nomaden di stepa Asia Tengah sebagai rumah mereka.


Fakta 43 : Di antara wisatawan Eropa yang menyeberangi benua ke China adalah penjelajah Venesia Marco Polo (c. 1254-1324) yang menghabiskan 17 tahun di Cina di istana Dinasti Yuan. Dia mencatat pengalamannya di Il Milione (The Million), yang diterbitkan dalam bahasa Inggris sebagai The Travels of Marco Polo. 


Fakta 44 : Mongolia telah diakui PBB pada tahun 1961. Amerika Serikat, bersama dengan 100 negara lainnya, tidak mengenalinya secara resmi sebagai negara pada tahun 1987.


Fatta 45 : Fakta Genghis Khan memberlakukan kode yang dikenal sebagai Yassa ( "order" atau "Keputusan"), yang diberlakukan toleransi beragama, pendeta agama dibebaskan dari semua pajak, melarang mencuci dan buang air kecil di air mengalir, dan diresepkan hukuman mati untuk memata-matai, desersi, pencurian, dan perzinahan.


Fakta 46 : Meskipun Genghis Khan buta huruf, ia memperkenalkan menulis ke Mongolia pada awal abad ke-13 dengan meminjam naskah Uyghur, yang telah mengambil itu dari Sogdians (Persia kuno dari Kekaisaran Achaemenid). Script ini, yang ditulis dalam kolom vertikal dari kiri ke kanan, adalah abjad tetapi sering ambigu karena beberapa surat yang bisa dibedakan dari satu sama lain. Mongolia sebentar mengadopsi abjad Latin pada tahun 1930 tapi kemudian diganti dengan alfabet Cyrillic pada tahun 1941, menambahkan dua huruf tambahan untuk mewakili ö dan suara ü, tidak ditemukan di Rusia.


Fakta 47 : Acara olahraga terbesar tahun di Mongolia adalah Naadam festival, diadakan selama perayaan Hari Nasional setiap bulan Juli. Peristiwa yang paling penting di festival disebut eriin Naadam Gurvan ( "tiga pertandingan manusia"). Panahan, gulat, dan balap kuda

Fakta 48 : Kubilai Khan mendirikan layanan pos Pony Express bergaya pertama di Mongolia sekitar 1.000 tahun yang lalu ketika korespondensi dilakukan oleh kuda, dan pesan-untuk mendesak yang bulu melekat-dilakukan ratusan mil sehari pada nonstop kuda. Pos kuda Mongolia menjadi layanan khusus negara bernama örtöö ( "pos pemeriksaan"), yang tetap beroperasi hingga 1949. Rute ini telah diperbaiki stasiun relay, terletak beberapa 18-25 mil (30-40) km terpisah. Salah satu dari banyak tugas kurir surat Mongolia adalah untuk melaksanakan tur tugas dengan gerobak dan hewan di örtöö, atau menyediakan pengganti, dan membawa surat atau wisatawan ke stasiun berikutnya. 

Fakta 49 : Perangko Mongolia pertama kali muncul pada bulan Agustus 1924.

Fakta 50 : Kostum tradisional Mongolia disebut deel, yang mirip dengan kaftan atau bergaya Eropa tua dilipat tunik.

Fakta 51 : Mongolia adalah produsen dunia terbesar kedua dari wol Cashmere kambing, di belakang China hanya dengan 20% dari pasar dunia.


Fakta 52 : Yak yang bovids besar asli Asia Tengah dan Himalaya. Mongolia membuat keju dari susu yak disebut Byaslag. Mongolia telah blasteran ternak dengan yak untuk menghasilkan laki-laki tidak subur (DZO) dan betina subur (dzomo). Mongolia memiliki tertinggi kedua populasi yak, setelah China. 


Fakta 53 : kuda asli Mongolia disebut takhi, kata Mongol untuk "roh," dan memiliki 66 kromosom, atau dua lebih dari kuda rata-rata. Mereka adalah kuda-kuda benar-benar liar terakhir yang tersisa di planet ini. The Tarpan, subspesies Eurasia kuda liar yang ditemukan dari selatan Spanyol ke timur Rusia, meninggal di tahun 1920-an.


Fakta 54 : Pada tanggal 21 Desember 2005, George W. Bush menjadi presiden AS pertama yang duduk untuk mengunjungi Mongolia. 


Fakta 55 : hidangan nasional Mongolia adalah pangsit dikukus diisi dengan daging (biasanya daging sapi atau kambing) yang disebut Buuz.

Fakta 56 : Tahun Baru Imlek Mongolia dimulai pada bulan Januari atau Februari dengan bulan baru Tsagaan Sar ( "bulan putih").

Fakta 57 : Satu-satunya pekerjaan Mongolia substansial yang ada dari era Genghis Khan adalah Sejarah Rahasia sebagian legendaris dari Mongol, yang selamat hanya dalam versi diterjemahkan ke dalam bahasa Cina.

Fakta 58 : Di Mongolia, hadag adalah syal sutra, biasanya berwarna putih, biru, emas, dan oranye, disajikan sebagai tanda penghormatan untuk pengunjung tinggi atau pemimpin agama atau sebagai persembahan di sebuah kuil Lamaist

66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


Fakta 59 : kuda Przewalski, atau takhi di Mongolia, bernama untuk Polandia geografi / explorer Nikolai Przewalski, yang ditugaskan oleh tsar Rusia untuk mengeksplorasi Mongolia di 1818-1819. 
Pada tahun 1881, spesies baru secara resmi digambarkan sebagai Equus przewalskii, setelah kolonel. Setelah periode kepunahan sejak tahun 1968, pada bulan September 2004, 12 takhi kuda hybrid, dua yearlings, dan tujuh kuda diterbangkan dari cadangan di Lozère, Prancis, untuk Khovd, Mongolia, dan kemudian untuk cadangan 6.000 hektar yang disebut Khomiin Tal di perbatasan Khares-Nuur National Park, dalam upaya untuk mengembalikan kuda liar terakhir di dunia ke tanah air nya.

Fakta 60 : Tamga adalah cap Mongolia tradisional atau segel, awalnya terbuat dari batu atau logam di zaman Kekaisaran Mongol. Sebuah surat yang dikirimkan oleh Guyuk Khan kepada Paus Innocent IV di 1.246 menanggung cap segel kekaisaran dalam naskah Mongol. Setelah 1921 Revolusi, pemerintah dirancang segel sendiri di dasar Soyombo (simbol nasional). Kata tamga juga digunakan oleh penggembala Mongolia untuk merek ternak untuk mengidentifikasi kepemilikan. [

Fakta 61 : Mongol yang mungkin bertanggung jawab untuk membawa mesiu dan senjata api ke Eropa, ketika Genghis Khan mengorganisir unit spesialis ketapel Cina. Orang-orang ini merupakan bagian dari tentara Mongol pertama yang menyerang Transoxania pada tahun 1219. Cina telah menambahkan bom mesiu ketapel-dilemparkan hampir dua abad sebelumnya untuk gudang mereka.

Fakta 62 : William dari Rubruck, seorang biarawan Fransiskan yang melakukan perjalanan ke istana Mongke Khan antara 1253 dan 1255, yang diterbitkan account dari perjalanannya. Meskipun tidak beredar luas di Eropa, Roger Bacon, seorang rekan Fransiskan, mengambil minat dalam akun Rubruck ini. Oleh karena itu, mungkin bukan kebetulan bahwa referensi Eropa awal untuk mesiu ditemukan dalam Bacon Epistola de Secretis Operibus Artis et Naturae dari 1267.

Fakta 63 : Bendera nasional Mongolia saat ini, yang diadopsi pada tahun 1992, adalah tiga band vertikal sama merah, biru, dan merah. Pada band merah di dekat hoist adalah kuning Soyombo, simbol monarki Bogd Khan yang diadopsi sebagai simbol nasional negara itu.

Fakta 64 : Di kota Persia Merv, pusat kuno pembelajaran dianggap sebagai Mutiara dari Asia, Genghis Khan melakukan salah satu pembunuhan massal nonmechanized terbesar dalam sejarah, kedua setelah pembantaian Armenia oleh Turki pada tahun 1915. Terlepas dari 400 pengrajin, Jenghis Khan memerintahkan eksekusi dari seluruh penduduk. Sejarawan memperkirakan bahwa sebanyak 1 juta Persia tewas. '

Fakta 65 : Di bawah Kubilai Khan Dinasti Yuan Islam menyebar ke Interior China. Marco Polo juga mencatat bahwa provinsi Yunnan di bawah Mongol adalah Muslim dan memiliki gubernur Muslim, Sayyid al-Ajall. keturunannya masih nomor sendiri hari ini di China, dan makam Sayyid al Ajall di Yunnan adalah sebuah monumen penting seni Islam di Cina.

66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan



Fakta 66 : Jügderdemidiin Gürragchaa adalah yang pertama Mongolia untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa sebagai anggota dari program Intercosmos kedelapan pada tanggal 1 Maret 1978. Dia menghabiskan 7 hari, 20 jam, dan 42 menit di ruang kapal stasiun ruang angkasa Salyut 6.

Demikianlah 66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, Semoga bermanfaat dan Menambah wawasan anda. Silahkan Share jika anda menyukai artikel di atas :)

Lihat juga artikel sebelumnya : 38 FAKTA MENARIK DAN UNIK YANG DIMILIKI SWAZILAND UNTUK MENAMBAH WAWASAN

VIDEO :



Tag : 66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan,66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "66 Fakta Mongolia Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA