loading...
loading...

Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco

Sudah tahu kalau bendera Indonesia dan bendera Monaco sama ? berwarna Merah Putih ?
Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco ? Berikut Blogger jemo lintank akan membahas jawaban dari pertanyaan " MENGAPA BENDERA INDONESIA SAMA DENGAN BENDERA MONACO  apakah salah satu dari negara indonesia dan monaco mencuri" yang di dapat dari berbagai sumber.

Baca Juga :
WOW INDONESIA rupanya memiliki hal-hal Hebat berikut ini

Serupa dengan Bendera Indonesia, Bendera Monako terdiri atas 2 strip warna; Merah (di atas) dan Putih (di bawah). Perbedaan bendera Monako dan Indonesia ada pada ukuran atau perbandingan antara panjang dan lebarnya. Selain itu bendera ini juga serupa dengan Bendera Polandia namun dengan posisi warna yang terbalik.
Warna Merah dan Putih sudah menjadi corak khas keluarga Grimaldi paling tidak semenjak 1339, namun dengan desain yang berubah-ubah.
Bendera Monako yang asli (berbentuk sama dengan Bendera negara Monako tapi dengan gambar simbol negara versi sebelumnya di tengahnya) sudah digunakan sejak awal kerajaan ini berdiri, kecuali saat Monako di-aneksasi Perancis pada periode 1793-1814. Bentuknya kini yang lebih sederhana mulai digunakan sejak 4 April 1881. ( wikipedia )

Sekilas kedua bendera terlihat sama persis, Bendera indonesia berwarna merah dan putih, sama persis dengan bendera monaco, hanya beda rasio, bendera indonesia mempunyai rasio 2:3 sedangkan monaco 4:5. Jadi jika anda membuat bendera dengan panjang 1,5 meter maka panjangnya 1 meter.
Siapa yang lebih dulu menggunakan bendera ini? secara resmi memang monaco lebih dulu karena mereka mulai menggunakan warna merah putih sebagai benderanya sejak tahun 1881, sedangkan Indonesia dari tahun 1945, namun secara historis kerajaan majapahit telah menggunakan bendera ini dari jauh sebelum itu.

Yang berbeda antara bendera merah putih milik Bangsa Indonesia dan Bangsa Monako ada perbedaan dari sisi skala ukuran benderanya.
- Bendera Indonesia : Skala 2 berbanding 3 (2:3)
- Bendera Monako : Skala 4 berbanding 5 (4:5)

Dari sisi sejarah bendera merah putih di Indonesia, kerajaan majapahit telah memakai lambang merah putih. Selain itu kerajaan kediri sebelum kerajaan majapahit dusah memakai panji-panji merah putih. Bendera negara monako dipakai mulai tahun 1881.

Oleh sebab itu dalam membuat bendera merah putih Negara Indonesia masyarakat diharapkan untuk berhati-hati membuat perhitungan skala ukuran benderanya agar pada saat kita hormat kepada bendera kita benar-benar menghormati bendera negara sendiri. Anak-anak pun sebaiknya diberi penjelasan dini secara ringan disaat menggambar bendera agar tidak salah membuat bendera indonesia.

Perbandingan
Ukuran:
Indonesia=2:3
Monaco=4:5
Resmi Digunakan
Indonesia=17 Agustus 1945
Monaco=4 April 1881
Latar Belakangan Sejarah
Indonesia=Warna panji-panji Kerajaan Majapahit
Monaco=Warna-warna simbol House of Grimaldi
Selain Indonesia dan Monaco, ada banyak bendera negara/kota/kerajaan yang juga serupa.

Sebenernya masih ada beberapa negara yang mempunyai bendera serupa dengan kita seperti Singapore yang sama2 berwarna merah putih namun mereka mempunya gambar bulan dan bintang di bagian merahnya, selain itu Polandia juga menggunakan warna yang sama hanya saja mereka mengkombinasikan warnanya secara terbalik yaitu putih merah. ( yahoo answer )

Sejarah Warna merah-putih bendera negara diambil dari
warna panji atau pataka Kerajaan Majapahit yang berpusat di Jawa Timur pada abad ke-13.[1] Akan tetapi ada pendapat bahwa pemuliaan terhadap warna merah dan putih dapat ditelusuri akar asal-
mulanya dari mitologi bangsa Austronesia mengenai Bunda Bumi dan Bapak Langit;
keduanya dilambangkan dengan warna merah (tanah) dan putih (langit). Karena hal inilah maka
warna merah dan putih kerap muncul dalam lambang-lambang Austronesia — dari Tahiti,
Indonesia, sampai Madagaskar. Merah dan putih kemudian digunakan untuk melambangkan dualisme alam yang saling berpasangan.[2] Catatan paling awal yang menyebut penggunaan bendera
merah putih dapat ditemukan dalam Pararaton; menurut sumber ini disebutkan balatentara Jayakatwang dari Gelang-gelang mengibarkan panji berwarna merah dan putih saat menyerang Singhasari. Hal ini berarti sebelum masa Majapahit pun warna merah dan putih telah digunakan
sebagai panji kerajaan, mungkin sejak masa Kerajaan Kediri. Pembuatan panji merah putih pun sudah dimungkinkan dalam teknik pewarnaan tekstil di Indonesia purba. Warna putih adalah warna alami kapuk atau kapas katun yang ditenun menjadi selembar kain, sementara zat pewarna
merah alami diperoleh dari daun pohon jati, bunga belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi), atau dari kulit buah manggis. Sebenarnya tidak hanya kerajaan Majapahit saja yang memakai bendera merah putih sebagai lambang kebesaran. Sebelum Majapahit, kerajaan Kediri telah memakai panji-panji merah putih. Selain itu, bendera perang Sisingamangaraja IX dari tanah Batak pun memakai warna merah putih sebagai warna benderanya , bergambar pedang kembar warna putih dengan dasar merah menyala dan putih. Warna merah dan putih ini adalah bendera perang Sisingamangaraja XII. Dua pedang kembar melambangkan piso gaja dompak, pusaka ( topix.com forum )

Polandia Bendera Polandia terdiri atas dua garis horizontal dengan lebar yang sama, bagian atas putih dan bagian bawah merah. Dua warna tersebut didefinisikan dalam konstitusi Polandia sebagai warna nasional.

Putih dan merah secara resmi diadopsi sebagai warna nasional pada tahun 1831. Hal itu didasarkan atas tincture (warna) khas dari lambang dua negara konstituen Persemakmuran Polandia-Lituania, yaitu Elang Putih dari Polandia dan The Pursuer of Lituania, seorang ksatria berkulit putih yang menunggangi kuda putih lengkap dengan perisai merah. Sebelum itu, tentara Polandia memakai kombinasi berbagai warna. Bendera nasional secara resmi diadopsi pada tahun 1919. Sejak tahun 2004, Polish Flag Day dirayakan pada tanggal 2 Mei.

Monaco Bendera nasional Monaco terdiri atas dua strip horizontal yang sama, merah (atas) dan putih (bawah). Warna Merah dan Putih sudah menjadi corak khas The House of Grimaldi paling tidak semenjak 1339, namun dengan desain yang berubah-ubah.. Desain dua warna diadopsi pada tanggal 4 April 1881, di bawah pimpinan Pangeran Charles III.

Bendera Monako yang asli (berbentuk sama dengan Bendera negara Monako tapi dengan gambar simbol negara versi sebelumnya di tengahnya) sudah digunakan sejak awal kerajaan ini berdiri, kecuali saat Monako di-aneksasi Perancis pada periode 1793-1814. Bentuknya kini yang lebih sederhana mulai digunakan sejak 4 April 1881.

Indonesia, Polandia & Monaco, siapa yang duluan merah putih

Polandia Bendera Polandia terdiri atas dua garis horizontal dengan lebar yang sama, bagian atas putih dan bagian bawah merah. Dua warna tersebut didefinisikan dalam konstitusi Polandia sebagai warna nasional.

Putih dan merah secara resmi diadopsi sebagai warna nasional pada tahun 1831. Hal itu didasarkan atas tincture (warna) khas dari lambang dua negara konstituen Persemakmuran Polandia-Lituania, yaitu Elang Putih dari Polandia dan The Pursuer of Lituania, seorang ksatria berkulit putih yang menunggangi kuda putih lengkap dengan perisai merah. Sebelum itu, tentara Polandia memakai kombinasi berbagai warna. Bendera nasional secara resmi diadopsi pada tahun 1919. Sejak tahun 2004, Polish Flag Day dirayakan pada tanggal 2 Mei.

Monaco Bendera nasional Monaco terdiri atas dua strip horizontal yang sama, merah (atas) dan putih (bawah). Warna Merah dan Putih sudah menjadi corak khas The House of Grimaldi paling tidak semenjak 1339, namun dengan desain yang berubah-ubah.. Desain dua warna diadopsi pada tanggal 4 April 1881, di bawah pimpinan Pangeran Charles III.

Bendera Monako yang asli (berbentuk sama dengan Bendera negara Monako tapi dengan gambar simbol negara versi sebelumnya di tengahnya) sudah digunakan sejak awal kerajaan ini berdiri, kecuali saat Monako di-aneksasi Perancis pada periode 1793-1814. Bentuknya kini yang lebih sederhana mulai digunakan sejak 4 April 1881.

Indonesia Bendera nasional Indonesia, yang dikenal sebagai Sang Saka Merah Putih ("Merah Putih") didasarkan pada bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13 di Jawa Timur. Bendera itu sendiri diperkenalkan dan dikibarkan secara resmi di hadapan dunia pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945. Desain bendera masih tetap sama sampai sekarang.

Warna merah putih berasal dari bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13. Kemudian, warna-warna itu dihidupkan kembali oleh para mahasiswa dan para nasionalis di awal abad 20 sebagai ekspresi nasionalisme melawan Belanda. Bendera merah-putih dikibarkan untuk pertama kalinya di Jawa pada tahun 1928. Di bawah pemerintahan Belanda, bendera itu dilarang berkibar. Sistem ini diadopsi sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan telah digunakan sejak saat itu.

Ada juga cerita lain tentang bendera Indonesia, yang secara signifikan berhubungan dengan bendera Belanda. Di bawah kolonialisme Belanda, setiap urusan menggunakan bendera Belanda (merah-putih-biru). Sedangkan bendera Indonesia dilarang digunakan. Sebagai simbol perlawanan terhadap Belanda, kaum nasionalis Indonesia dan gerakan kemerdekaan merobek bendera Belanda. Mereka merobek bagian bawah bendera, dan memisahkan warna merah dan putih dari warna biru. Alasan utamanya adalah karena biru pada bendera Belanda dipahami sebagai berdiri untuk aristokrasi "berdarah biru". Sebaliknya, warna merah mewakili darah yang tertumpah dalam Perang Kemerdekaan, sedangkan putih bisa dipahami untuk melambangkan kemurnian Indonesia.

Nama resminya adalah Sang Merah Putih sesuai dengan Pasal 35 UUD 1945. Bendera ini juga biasa disebut Bendera Merah Putih, Sang Dwiwarna, atau Sang Saka Merah Putih. Bendera Pusaka adalah bendera yang dikibarkan di depan rumah Soekarno beberapa saat setelah dia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Bendera Pusaka ini adalah dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno, dan dikibarkan setiap tahun di depan istana presiden pada saat upacara hari kemerdekaan. Namun, karena dianggap terlalu rapuh, Bendera Pusaka dikibarkan untuk yang terakhir kalinya pada 17 Agustus 1968.

Merah berarti keberanian, sedangkan putih berarti kemurnian. merah tersebut merupakan tubuh manusia atau kehidupan fisik, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia atau kehidupan rohani. Bersama-sama mereka berdiri untuk melengkapi manusia.

Secara tradisional, sebagian besar masyarakat Indonesia telah menggunakan merah dan putih sebagai warna suci mereka, pencampuran warna gula (warna merah berasal dari gula kelapa atau Gula aren) dan beras (berwarna putih). Sampai hari ini, keduanya merupakan komponen utama masakan Indonesia setiap hari. Rupanya, penduduk Kerajaan Majapahit juga menggunakan konsep ini dan dirancang sebagai bendera merah dan putih. ( http://forum.detik.com/indonesia-polandia-monaco-siapa-yang-duluan-merah-putih-t296725.html )

Note : Kerajaan majapahit berdiri tahun 1293
KESIMPULANNYA
Polandia menggunakan corak bendera putih-merah pada tahun 1831
Monaco menggunakan corak bendera merah-putih pada tahun 1339 (itupun desainnya masih berubah-ubah)
INDONESIA, menggunakan corak bendera MERAH PUTIH sejak jaman Kerajaan Majapahit berdiri tahun 1293!!

INDONESIA adalah yang PERTAMAX menggunakan bendera MERAH PUTIH dan tidak pernah mengalami perubahan desain bendera. Walaupun sering terjadi pergolakan di dalam negeri, perubahan sistem pemerintahan, penjajahan oleh kaum imperialisme, MERAH PUTIH akan tetap berkibar!! MERDEKA!!!!!!!!

Dari berbagai sumber diatas jawaban dari pertanyaan :
Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco ? apakah salah satu dari negara indonesia dan monaco mencuri . Jawabannya adalah karena ada alasan tertentu kedua negara tersebut memakai bendera yang sama dan tidak ada yang mencuri, setiap negara ada alasan memakai warna tersebut dan bukan asal sembarang memakai warna . SEMOGA MENAMBAH PENGETAHUAN

TAMBAH PENGETAHUANMU YANG LAIN, KLIK DISINI

Jangan Lupa Download Novel ADMIN.. GRATIS KOK :) SILAHKAN 


tag : Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco, Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco, Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco, Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco, Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco, Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco, Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco, Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco, Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco, Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

31 Responses to "Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco"

  1. waw . . komplit dan detail gan penjelasannya gan.
    sjk sd q sdh heran dgn 2 negara yg sama bendera ini. skrg dah ngerti. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAMA-SAMA :)
      SEMOGA PENJELASAN Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco DIATAS DAPAT BERMANFAAT ^_^

      Delete
  2. Replies
    1. KAN UDAH SAYA JELASIN DIATAS " Mengapa bendera indonesia sama dengan monaco "
      GAK ADA YANG MENCURI KOQ :)

      Delete
    2. Mencuri matamu,, dasar malonsial,,

      Delete
    3. Malon plagiat amerika negara pengikut dajjal,, hahahahahah

      Delete
    4. hahahaha bangsat :v Malon Negeri Para Pelacur B| Malon Babunya Inggris

      Delete
    5. MALON ANAK BABI, PENCURI IKAN
      WAKAWAKAWAKA

      Delete
  3. ternyata gitu ya toh, gak ada yg meniru.. cuman lebih duluan Indo..
    sipdah (y)
    thanks min..

    ReplyDelete
  4. disini monaco putihnya dibawah? http://m.kaskus.co.id/thread/550ff350925233eb1a8b45a8

    ReplyDelete
  5. Bendera menunjukkan kepribadian bangsa !! Semoga bangsa indonesia benar2 semakin berani dan murni/suci,, !!

    ReplyDelete
  6. indonesia bukan negara pencuri,namun pengaku.house of garimaldi,yang menggunakan bendera merah putih memag sampai sekarang adalah penguasa Monako.sedangkan majapahit,mereka buka lah indonesia,bahkan mana buktinya bendera majapahit merah putih.dan juga kediri maupun sisingamangaraja,mereka menggunakan bendera merah putih untuk negara mereka dan atas nama bangsa mereka,bukan INDON

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malon negara peniru amerika bendera pengikut dajal hahahahahaha

      Delete
    2. Malon Babunya inggris hahahahahahaha

      Delete
    3. Malingsial dibantai aja

      Delete
  7. bukannya lebih negara monaco kan indo resmi digunkn tggal 17 agus 1945
    ya betul atau tdk

    ReplyDelete
  8. Kasih Lambang Garuda di bendera biar gk ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak ngomong, atau suru aja nenek dari neenk lu dari dulu menjhit bendernya

      Delete
  9. masih tetep bingung sama caranya ngitung rsio, hehe

    ReplyDelete
  10. Wah kalo jelasin siapa duluanya. Yaa sebut saja indonesia. Kayaknya girang girang amat. Lol

    ReplyDelete
  11. Tapi Tetep aja secara resmi mah monaco mate. Gabisa di dulu duluin kalo indo dulunya sudah digunakan. Katanya merah putih dr dulu gaberubah rubah. Tp yg di majapahit trs yang di batak batak itu masih ada kayak lambang tersendiri juga. Monako dlu juga ada gambar lambang lambag juga. Ya jd intinya indonesia sm monako benderanya tetep berubah2 ..

    ReplyDelete
  12. Sumber yg dpt dipertanggungjawabkan juga harus ada. Sumber tidak ada kok menelan informasi mentah2

    ReplyDelete
  13. Majapahit dahulu salah satu kekuatan adidaya,bisa jadi jejak majapahit ada di monaco dan polandia.

    ReplyDelete
  14. Tetep yg pke bendera Merah-Putih dluan y MONACO, bkn INDONESIA...G ada bukti otentik klo MAJAPAHIT pke bendera Merah-Putih...Qta hrs gentle lah, jgn terjebak nasionalisme sempit...

    ReplyDelete
  15. Tetep yg oke dluan bendera Merah-Putih itu Monako krn Monako sdh ada sejak Sthn 1391 dan penguasannya tetep keturunan House of Grimmandi...Qta hrs gentle lah, jgn terjebak nasionalisme sempit...

    ReplyDelete

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA