Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan

40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan - Jupiter, planet kelima dari Matahari adalah Salah satu planet terbesar yang berdiam di tata surya kita. Penemuan planet raksasa ini penting karena membuktikan bahwa Bumi bukanlah pusat alam semesta. Pertama kali setelah penemuan Jupiter dan 4 dari bulan-bulannya, terlihat bahwa benda-benda langit yang mengitari tubuh lain yang bukan bumi. Copernicus menyatakan bahwa bumi bukanlah pusat alam semesta seperti yang diyakini saat itu. Selama berabad-abad, beberapa penemuan lain tentang planet raksasa ini terus mengejutkan para ilmuwan di seluruh dunia. Jadi, mari kita belajar 40 fakta Jupiter menarik dan mencari tahu apa yang ada di planet yang membuat para astronom sibuk!

Baca Juga Artikel Sebelumnya : 259 FAKTA ONE DIRECTION YANG UNIK DAN MENARIK
40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


Fakta menarik Jupiter: 1-10 :

1. Jupiter menjadi planet terbesar di tata surya kita, Jupiter adalah nama dari Raja segala dewa di Roman Mythology.

40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


2. Orang Yunani juga memberi nama planet  setelah Dewa mereka Zeus. Zeus adalah raja dari semua dewa di Mitologi Yunani.

3. Jupiter ditemukan pada tahun 1610 oleh Galileo Galilei. Galileo juga menemukan 4 dari bulan-bulan Jupiter. bulan ini tepat disebut Galilea bulan untuk menghormati penemunya mereka. Empat bulan ditemukan oleh Galileo yang  diberi nama Callisto, Ganymede, Europa dan Io.

4. massa total Jupitear dalah dua kali lipat massa semua planet di tata surya digabungkan bersama-sama. Jupiter mampu menempatkan 1.300 Bumi di dalamnya. Namun, massa Jupiter hanya 1/1000 dari massa total matahari.

5. Menariknya, jika Jupiter telah berhasil meraih 80 kali lebih massa dari massa saat ini, itu akan benar-benar berakhir menjadi bintang bukan planet.

6. atmosfer Jupiter sangat mirip dengan Matahari kita, Atmosfer terdiri untuk sebagian besar helium dan hidrogen.

7. Jupiter adalah planet berputar tercepat di tata surya. Ini melengkapi satu putaran sekitar porosnya hanya di bawah 10 jam.

8. Jupiter adalah 7% lebih luas di khatulistiwa dibandingkan dengan lebar di kutub. Hal ini karena kecepatan berputar ekstrem yang membuat tonjolan planet keluar di pinggang nya.

9. Atmotsfer Jupiter terdiri dari 10,2% helium, 89,8% hidrogen molekul dan jumlah jejak aerosol amonia hidrosulfida, air es aerosol, air, etana, hidrogen deuterite, amonia dan metana.

10. Inti dari Jupiter adalah besar dan padat. Komposisinya tidak pasti. Inti ini dikelilingi oleh lapisan kaya helium hidrogen metalik cairan dan semuanya kemudian dibungkus dalam  satu yang terutama terdiri dari hidrogen molekul.

Fakta menarik Jupiter: 11-20

Baca Juga : Tentang Planet

11. Massa inti Jupiter adalah 10 kali massa Bumi kita. Lapisan cairan hidrogen metalik yang mencakup inti meluas hingga 90% dari diameter planet. Beberapa ilmuwan percaya bahwa inti dari Jupiter terbuat dari batu, logam, air es, amonia es dan es metana.

12. Medan magnet Jupiter adalah 20.000 kali lebih kuat dibanding medan magnet bumi.

13. Karena medan magnet raksasa, planet ini mampu menjebak partikel bermuatan elektronik seperti elektron dan partikel lainnya. Partikel-partikel ini membentuk sabuk di sekitar planet ini. Bulan-bulan dan cincin Jupiter secara teratur meledak dengan radiasi.

14. radiasi dari sabuk ini 1000 kali lebih kuat dari dosis yang mematikan dari radiasi bagi manusia. Radiasi yang begitu kuat  bahkan merusak Galileo probe NASA yang sangat terlindung.

15. Seluruh magnetosfer Jupiter (medan magnet dan partikel bermuatan) memperpanjang keluar untuk sekitar 600 juta mil di belakang planet dan beberapa 600.000 mil sampai 2 juta mil menuju Matahari


16. gelombang radio kuat yang dipancarkan oleh Jupiter  dapat dengan mudah dideteksi dari Bumi. Gelombang radio ini dirilis dalam dua bentuk:
- Langsung dari sabuk radiasi dari Jupiter.
- Io (yang paling dekat dari bulan-bulan besar Jupiter) melewati berbagai daerah medan magnet planet ini.

17. Jupiter telah berwarna Gerombolan. Ini terlihat dalam bentuk zona terang dan ikat pinggang hitam. Gerombolan-gerombolan berwarna ini ada karena angin timur-barat yang kuat yang melakukan perjalanan di bagian atas atmosfer planet dengan kecepatan 640 kilometer per jam atau 400 mil per jam.

18. awan putih terbentuk oleh kristal amonia beku sedangkan awan gelap adalah hasil dari bahan kimia lain yang ditemukan di sabuk gelap.

19. awan biru dapat dilihat pada tingkat yang terlihat terdalam dari atmosfer Jupiter.

20. The Great Red Spot adalah fitur yang paling luar biasa dari Jupiter. Hal ini sebenarnya badai mirip dengan badai di Bumi. Badai ini telah terlihat selama setidaknya 300 tahun. Ada kalanya Great Red Spot benar-benar menghilang. Red Spot besar ini, pada titik-titik terluas, adalah 3 kali selebar diameter Bumi.

21. The Great Red Spot benar-benar cukup sering mengubah warna. Warna dapat bervariasi dari bata merah menjadi sedikit coklat. Para ilmuwan percaya bahwa perubahan dalam warna biasanya karena jumlah kecil dari fosfor dan sulfur dalam kristal amonia hadir dalam awan Jupiter.

22. gravitasi Jupiter adalah 2,4 kali Bumi. Ini berarti bahwa seseorang dengan berat 200 pound di Bumi akan menjadi berat 480 pound di Jupiter.

23. Tekanan atmosfer Jupiter adalah 1000 kali lebih besar daripada di Bumi. Setiap manusia akan mudah hancur mati di semacam tekanan atmosfer.Namun, Tardigrades bisa bertahan hidup!



24. Suhu di Jupiter bervariasi dan tergantung pada kedalaman dari bagian atas atmosfer.

25. Jarak rata-rata Dari Jupiter Ke matahari adalah 778.412.020 km atau 483.682.810 mil, yang merupakan 5,203 kali jarak Bumi dari Matahari Yang paling dekat (Perihelion) planet bisa sampai ke Matahari adalah 740.742.600 km atau 460.276.100 mil dan(Aphelion)  terjauh itu bisa lolos dari matahari adalah 816.081.400 km atau 507.089.500 mil.

26. Massa Jupiter adalah 1.898.130.000.000.000.000 miliar kg, yang merupakan 317,83 kali massa Bumi.

27. khatulistiwa dan diameter kutub planet yang masing-masing 142.984 km dan 133.709 km, sedangkan lingkar ekuator planet ini 439.264 km.

28. Jumlah total bulan Jupiter tercatat adalah 67, yang sebagian besar dinamai nama banyak pecinta dewa Romawi. Empat bulan terbesar Jupiter adalah satelit Galilea.

29. Bulan terbesar adalah Ganymede yang juga merupakan bulan terbesar di seluruh Tata Surya. Ganymede, bahkan lebih besar dari Pluto dan merkurius



30. Kepercayaan akan angkasa yang paling aktif vulkanik di Tata Surya hadir ke Io. The Io memiliki penampilan kuning-oranye khas karena sulfur yang dimuntahkan oleh kegiatan gunung berapi. Alasan mengapa Io begitu vulkanik aktif adalah bahwa ketika Io semakin dekat ke Jupiter saat bepergian di orbitnya, tarikan gravitasi yang sangat besar dari Jupiter menyebabkan pasang di bulan. Ini bukan pasang biasa. Tarikan gravitasi Jupiter menimbulkan permukaan padat dari Io hingga ketinggian 100 meter atau 300 kaki. Ini menghasilkan jumlah besar panas yang cukup untuk memicu aktivitas vulkanik. Ini terjadi hanya untuk Io karena paling dekat dengan Jupiter di antara semua bulan.

Fakta menarik Jupiter: 31-40

Baca Juga : Tentang Planet

31. Europa, bulan besar lainnya dari Jupiter, adalah benda angkasa lain yang menarik. kerak beku padat dan terdiri terutama dari air es. Para ilmuwan berpikir bahwa di bawah es beku adalah lautan luas air cair yang memegang dua kali jumlah air yang ada di Bumi.

32. Para ilmuwan juga percaya bahwa Ganymede dan Callisto juga mungkin memiliki lautan es yang tersembunyi di bawah kerak mereka.

33. permukaan Callisto ini mungkin terbuat dari batu gelap berwarna. Alasan yang membuat ilmuwan berpikir bahwa bulan ini memiliki albedo terendah atau reflektifitas semua empat satelit Galilea.

34. Hal yang paling aneh yang membuat ilmuwan terkejut adalah bahwa Jupiter memiliki cincin seperti Saturnus. Bahkan aneh nya lagi bahwa sebenarnya ada tiga cincin! Semua cincin ini lebih redup daripada Saturnus dan pertama kali ditemukan pada tahun 1979 di sekitar ekuator planet ini. Voyager 1 pesawat ruang angkasa NASA mendapatkankepercayaan untuk penemuan ini.

35. Cincin terdalam dikenal sebagai halo. Hal ini sebenarnya sebuah cincin yang terlihat seperti awan dan memiliki ketebalan hampir 20.000 km atau 12.000 mil.

36. Cincin kedua adalah cincin utama yang relatif lebih terang dari halo. halo memanjang dari tengah cincin utama dan mencapai semua jalan sampai ke puncak awan planet. Baik halo dan cincin utama terbuat dari partikel gelap dan kecil.

37. Kemudian cincin terluar adalah cincin tipis. Hal ini cukup transparan dan terdiri dari puing-puing langit mikroskopis. puing-puing terutama terdiri dari partikel debu yang memiliki diameter kurang dari 10 mikron. Para ilmuwan berpikir bahwa puing-puing ini berasal dari bulan Adrastea, Thebe dan Amalthea.

38. Bagian yang menarik adalah bahwa cincin tipis sebenarnya terbuat dari tiga cincin yang berbeda. Ketika diukur dari pusat planet, tepi luar cincin tipis meluas semua jalan keluar untuk 80.000 mil (sekitar 129.000 kilometer).

39. Untuk setiap satu revolusi Jupiter mengelilingi Matahari, Bumi melengkapi 11,86 revolusi.


40. Hingga saat ini, total 8 pesawat telah mengunjungi bola gas raksasa ini dan yang ke-9 dalam perjalanan. 8  yang Pertama adalah Pioneer 10, Pioneer 11, Voyager 1, Voyager 2, Galileo, Ulysses, Cassini dan New Horizons Mission. Yang kesembilan dijadwalkan untuk mencapai Jupiter pada bulan Juli 2016 ini dikenal sebagai Juno.


Demikianlah 40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan. Semoga menambah wawasan Kita semua. Share Jika menyukai artikel di atas :)


Baca Juga : Tentang Planet

VIDEO :



Tag : 40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasanm 40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasanm 40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasanm 40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan,,, 40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "40 Fakta Jupiter Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA