loading...
loading...

Lowongan Kerja Terbaru Cek Disini

Makanan-Makanan pencegah anemia

Makanan-Makanan pencegah anemia - Anemia (dalam bahasa Yunani: ἀναιμία anaimia, artinya kekurangan darah, from ἀν- an-, "tidak ada" + αἷμα haima, "darah" ) adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal.

Makanan-Makanan pencegah anemia
Makanan-Makanan pencegah anemia
 
Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari jantung yang diperoleh dari paru-paru, dan kemudian mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Anemia adalah penyakit darah yang sering ditemukan. Beberapa anemia memiliki penyakit dasarnya. Anemia bisa diklasifikasikan berdasarkan bentuk atau morfologi sel darah merah, etiologi yang mendasari, dan penampakan klinis. Penyebab anemia yang paling sering adalah perdarahan yang berlebihan, rusaknya sel darah merah secara berlebihan hemolisis atau kekurangan pembentukan sel darah merah ( hematopoiesis yang tidak efektif).

Seorang pasien dikatakan anemia bila konsentrasi hemoglobin (Hb) nya kurang dari 13,5 g/dL atau hematokrit (Hct) kurang dari 41% pada laki-laki, dan konsentrasi Hb kurang dari 11,5 g/dL atau Hct kurang dari 36% pada perempuan. (WIKIPEDIA).

Anemia dapat kita cegah, mau tahu makanan-makanan apa saja yang dapat mencegah anemia? Inilah penjelasannya.

1. Kulit Kentang
Kulit Kentang, mungkin sebagian besar kita tidak memakan kulit dari kentang dan mengupasnya untuk dibuang. Ternyata studi menemukan bahwa kulit kentang memiliki zat besi yang dapat mencegah anemia lima kali lebih besar dibanding daging kentangnya sendiri. Jadi sekarang coba yah makan kentang dengan kulitnya.
 
2. Daun Bayam
Bayam, adalah sayuran yang sangat membantu kita untuk mengikat zat besi. Dengan bayam kita dapat mengikat banyak sekali zat besi, dan memang bayam sudah dikenal dapat mengurangi gejala anemia. Jadi jangan ragu untuk menyantap bayam setiap minggunya. Selain zat besi, bayam juga mengandung vitamin A.

3. Jagung
Makanan pencegah anemia selanjutnya adalah jagung. Jagung kaya akan zat besi dan tembaga. Jagung juga menjadi sumber yang baik untuk vitamin A dan C.

4. Kangkung
Kangkung adalah sumber yang sangat baik untuk vitamin A dan vitamin B serta C. Kangkung mengandung jumlah tinggi zat besi, kalsium, dan kalium sehingga efekti untuk mencegah anemia.

5. Buah jeruk
Membantu memerangi penyakit akibat kekurangan vitamin C, karena buah jeruk mengandung asam folat. Selain itu buah jeruk juga mengandung zat besi yang mampu mencegah anemia.

6. Kacang tanah, kacang hijau dan kacang kedelai
Makanan Pencegah anemia yang lainnya adalah kacang-kacangan. Kacang tanah, kacang hijau dan kacang kedelai merupakan jenis kacang yang mudah diolah. 100 gram kacang kedelai mengandung 381 kkal energi, dan 10 mg zat besi. Sedangkan kacang hijau mengandung 323 kkal energi dan 7,5 zat besi per 100 gram.

7. Beras merah
Beras Merah juga masuk dafta pencegah anemia karena beras merah adalah sumber serat, vitamin E, asam folat, dan zat besi.

8. Roti Gandum
Roti Gandum adalah pilihan bagi para pelaku diet untuk memenuhiisi perutnya, selain itu ternyata gandum mengandung zat besi yang besar, selain memiliki fungsi mencegah penyakit jantung dan kanker. Jadi biarpun tidak melakukan diet roti gandum pun bisa menjadi pilihan buat pengikat zat besi kita. Dan kita juga terhindar dari anemia.

9. Kismis
Kismis mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kismis juga merupakan makanan yang bersifat basa dan dapat membantu mengatasi kondisi asam tubuh, baik sekali untuk mencegah anemia.

10. Telur
Telur kaya akan semua mineral, termasuk besi, dan vitamin B. Telur ideal dikonsumsi saat sarapan karena mengandung jumlah energi memadai. Telur dapat mencegah anemia dengan mengkonsumsinya setelah digoreng ataupun direbus. Namun yang lebih baik adalah mengkonsumsi telur ayam kampung mentah atau setengah matang.

11. Daging Sapi
Daging merupakan bahan makanan hewani. Seperti daging sapi yang mudah diolah. Dalam 100 gram daging sapi segar mengandung 201 kkal energi, 14 gram lemak, dan 2,8 mg zat besi sehingga mampu mencegah anemia.

12. Ikan
Salah satu makanan laut ini dipercaya kaya akan omega-3 dan 6. Ikan baronang diketahui mengandung zat besi sebanyak 3,8 mg per 100 gram. Selian itu ikan sarden juga mengandung 2,5 mg zat besi per 100 gram. Ikan salmon merupakan sumber utama protein dan asam lemak omega 3. Dan jangan lupa satu lagi yaitu ikan tuna. Semuanya termasuk sebagai daftar pencegah anemia.

Itulah Makanan-Makanan pencegah anemia. Sebelum Anemi menyerang ada baiknya kita mencegah dengan makanan-makanan di atas. Semoga bermanfaat :)

Tag : Makanan-Makanan pencegah anemia, Makanan-Makanan pencegah anemia, Makanan-Makanan pencegah anemia, Makanan-Makanan pencegah anemia, Makanan-Makanan pencegah anemia, Makanan-Makanan pencegah anemia, Makanan-Makanan pencegah anemia, Makanan-Makanan pencegah anemia, Makanan-Makanan pencegah anemia, Makanan-Makanan pencegah anemia, Makanan-Makanan pencegah anemia, Makanan-Makanan pencegah anemia, Makanan-Makanan pencegah anemia, Makanan-Makanan pencegah anemia

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Makanan-Makanan pencegah anemia"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA