loading...
loading...

makanan berikut bisa mengontrol rasa lapar

Hai sahabat BLOGGER JEMO LINTANK, setelah Blogger jemo lintank posting tentang fakta gizi sayuran yang bermanfaat untuk diet . kali ini BLOGGER JEMO LINTANK posting lagi tentang makanan yang bisa mengontrol rasa lapar yang bermanfaat untuk diet . mau tahu makanan apa saja yang bisa mengontrol rasa lapar ? baca aja yuk :)

makanan berikut bisa mengontrol rasa lapar
makanan berikut bisa mengontrol rasa lapar

Nafsu makan dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari keadaan fisik hingga emosi. Nafsu makan yang liar tentu bisa menyulitkan banyak orang, terutama yang berniat menurunkan berat badan. Nafsu makan yang liar dan rasa lapar seringkali disebut sebagai masalah utama yang membuat orang gagal kurus.

Jika Anda juga memiliki nafsu makan yang tak mudah dijinakkan, jangan khawatir. Ada cara yang enak untuk mengatasinya, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda mengusir rasa lapar, seperti dilansir oleh Daily Health Post .

1.
Raspberry

Buah berry memang diketahui mengandung banyak sekali manfaat dan antioksidan. Namun raspberry lebih dikenal dengan kemampuannya untuk mengontrol nafsu makan. satu cangkir raspberry beku hanya mengandung 80 kalori dan sembilan gram serat. Serat dalam buah ini akan membuat orang merasa kenyang lebih lama dan menurunkan keinginan ngemil.

Raspberry juga kaya akan vitamin C, mangan, dan potasium. Sebagai tambahan penelitian mengungkap bahwa nutrisi dalam raspberry bisa memberikan perlindungan terhadap beberapa jenis kanker, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan kondisi kronis lainnya

2.
Rumput laut

Rumput laut lebih dari sekedar kudapan atau hiasan untuk masakan. Rumput laut bisa membantu Anda menekan rasa lapar dan mengontrol nafsu makan yang liar. Rumput laut saat ini dikenal dengan kemampuannya membantu menurunkan berat badan. Rumput laut juga diketahui mengandung banyak protein dan serat.

Peneliti di Jepang menemukan bahwa pigmen pada rumput laut bernama fucoxanthin bisa membantu menurunkan berat badan. Penelitian yang dilakukan di Hokkaido University dan dilakukan pada tikus ini menemukan bahwa zat tersebut membantu membakar lemak lebih cepat.

selain bisa mengontrol rasa lapar, rumput laut juga bermanfaat untuk :

1. Mencegah Anemia

Rumput laut yang berjenis spirulina dapat menstabilkan jumlah sel-sel darah. Rumput laut juga bisa mengurangi hambatan sel-sel darah dan meningkatkan produksi sel darah dalam tubuh karena rumput laut memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi.

2. Mencegah Kanker

Pada penelitian Harvard School of Public Health di Amerika, menyatakan bahwa wanita di Jepang memiliki 3x lipat lebih kecil kemungkinan terserang kanker Payudara, hal ini di karenakan pola makan mereka yang selalui membumbui rumput laut pada setiap makanan. Hal ini juga mempercepat luka dalam tubuh.

3. Mendetoks Tubuh

Rumput laut bagus di konsumsi bagi orang-orang yang sering terkena polusi atau racun, kandungan klorofil pada rumput laut dapat melakukan detoks pada tubuh secara alami.

4. Mencegah Keropos Tulang

Rumput laut memiliki kandungan kalsium 5x lipat di bandingkan susu, maka dari itu rumput laut bisa mencegah keropos tulang dan gigi.

5. Pengganti Garam

Menurut penilitian di Inggris butiran rumput laut bisa di jadikan pengganti garam, dan pengurangan konsumsi garang baik untuk mengurangi resiko terkena penyakit stroke, dan resiko tekanan darah tinggi.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Rumput laut memberikan stimulan yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh dan menghasilkan antibodi, cytokines, dan sel-sel lainnya yang berguna meningkatkan imunitas dalam tubuh.

kembali ke makanan yang bisa menngontrol rasa lapar, makanan yang bisa mengontrol rasa lapar berikutnya adalah :

3.
Kacang pistachios

Kacang pistachios dan jenis kacang lainnya memang cukup mengejutkan jika masuk di daftar ini. Namun penelitian telah membuktikan bahwa kacang bisa mengurangi rasa lapar dan mengontrol berat badan. Alasannya karena kacang membuat orang merasa kenyang lebih lama, dan kalori dalam kacang tak seluruhnya diserap oleh tubuh.

Anda bisa mengonsumsi kacang pistachios dengan menambahkannya pada sereal, yogurt, bahkan pada makanan penutup. Meski begitu sebaiknya berhati-hatilah dengan lemak dan kalori dalam kacang.


4.
Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat cocok untuk mencegah lapar dan mengontrol nafsu makan. Ini karena kacang-kacangan mengandung banyak serat, zat tepung, dan protein yang lama dicerna tubuh. Penelitian di Journal of Human Nutrition and Dietetics menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan lebih cepat menurunkan berat badan dengan mengonsumsi kacang-kacangan.

Selain itu, penelitian pada jurnal Obesity juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi satu cangkir kacang-kacangan seperti kacang polong, lentil, dan lainnya merasa 31 persen lebih kenyang dibandingkan dengan orang yang makan makanan lain.

kacang-kacang tak hanya bisa mengontrol rasa lapar, kacang-kacangan juga bermanfaat untuk :

1. Membantu Meningkatkan Kesuburan

2. Bantu dalam Peraturan Gula Darah

3. Membantu Mencegah Batu empedu

4. Membantu melawan depresi

5. Meningkatkan memori otak

6. Membantu Tingkat Kolesterol Rendah

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

8. Melindungi Terhadap Umur terkait Penurunan Kognitif

9 . Mellindungi tubuh dari kanker

5.
Telur

Telur adalah makanan lain yang ampuh untuk menekan nafsu makan dan mengusir lapar. Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical nutrition menemukan bahwa orang yang makan telur di pagi hari berkemungkinan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang harinya. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa makan telur bisa mengontrol rasa lapar selama 24 jam.

manfaat lain telur selain untuk mengontrol rasa lapar juga bermanfaat untuk :

  • Membantu Perkembangan Otak
    Kuning telur merupakan salah satu sumber vitamin B-kompleks dan choline yang dikenal baik untuk membantu fungsi sistem syaraf. Choline juga membantu perkembangan otak pada janin ketika dikonsumsi wanita hamil.
  • Memicu Rasa Bahagia
    Selain baik untuk perkembangan otak janin, choline yang terkandung dalam kuning telur juga bisa memicu rasa bahagia. Drew Ramsey, psikiater yang khusus mempelajari diet mengatakan, ketika dicerna oleh tubuh, choline akan berubah menjadi zat yang membantu produksi hormon bahagia seperti serotonin, dopamin dan norephinephrine.
  • Kesehatan Mata
    Untuk Anda yang mau menjaga mata Anda tetap sehat. Bisa mulai menkonsumsi telur. Karena Karotenoid yang ada di kuning telur, khususnya Karotenoid lutein danzeaxanthin, sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Menurut para peneliti, Karotenoid ini, yang merupakan pigmen berwarna yang memberi warna kuning pada kuning telur, dapat menurunkan risiko penyakit age-related degeneration dan katarak. Zat ini berperan sebagai antioksidan untuk mata, melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian pada retina sehingga dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus
  • Menghilangkan Jerawat
    Jerawat pasti sangat menggangu penampilan anda. Apalagi jika Anda merupakan pegawai ataupun seseorang yang bekerja harus menjaga penampilan dan bertemu klien secara langsung. Tentu ini menjadi permasalahan serius yang anda punya. Ternyata telur bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Caranya dengan facialkan putih telur pada wajah yang berjerawat untuk merawat jerawat yang sedang meradang sekaligus membuat kulit lebih lembut dan kencang.
  • Menjaga Berat Badan Tetap Sehat
    Telur adalah sumber terbaik dari protein lengkap yang mengandung semua asam amino esensial bagi tubuh manusia. Mereka membantu mengontrol tingkat di mana tubuh menyerap kalori. Ketika mengelola berat badan Anda, sebaiknya pilihlah makanan yang memberikan jumlah gizi yang maksimum dengan sesedikitnya jumlah kalori. Telur adalah nilai gizi yang besar bagi orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap sehat.
  • Menghilangkan Ketombe
    Dan ketombe sekalipun bisa diatasi dengan keampuhan telur. Aplikasikan telur pada kulit kepala, dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air biasa, kemudian keramas hingga sisa telur hilang.
  • Kesehatan Rambut dan Kuku
    Selain bisa dipakai untuk menghilangkan ketombe seperti kami paparkan diatas, jika telur sering dikonsumsi. Telur juga membantu kesehatan rambut dan kuku dari dalam tubuh karena di dalam telur menandung sulfur yang tinggi, dan bermacam vitamin serta mineral. Mereka yang rajin mengkonsumsi secara teratur memiliki rambut yang tumbuh lebih cepat.
  • Membantu dalam Kehamilan
    Choline merupakan nutrisi penting yang memberikan kontribusi untuk perkembangan otak janin dan membantu mencegah cacat lahir. Dua telur menyediakan sekitar 250 miligram kolin, atau sekitar setengah dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita hamil dan menyusui.
  • Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung
    Ada sebuah kandungan penting di dalam kuning telur yang bermanfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian pun mengungkap bahwa senyawa tersebut mampu mencegah kanker dan penyakit jantung.
  • Menyehatkan Jantung
    Telur mentah juga kaya akan antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Di dalam dua butir telur mentah, kandungan antioksidannya dua kali lebih tinggi daripada satu buah apel.
  • Membentuk Otot
    Sedang berdiet dan berusaha membentuk tubuh yang atletis? Coba makan telur mentah. Kandungan protein tinggi dalam telur bisa membuat tubuh membentuk otot yang kuat dan berisi.
  • Menyembuhkan Gangguan Paru-Paru
    Pada beberapa kasus, makan telur mentah ternyata juga ampuh menyembuhkan gangguan pada organ paru-paru, khususnya penderita emphysema.
  • Menjaga Stamina
    Telur mentah yang dikonsumsi bukan cuma menjaga keseimbangan hormon, mempercepat metabolisme, dan melancarkan sistem sirkulasi, tetapi juga menjaga stamina dan kesehatan secara keseluruhan.
Itulah makanan yang bisa mengontrol rasa lapar. konsumsi makanan tersebut agar rasa lapar bisa terkontrol dan bermanfaat untuk program diet anda :)

tag : makanan berikut bisa mengontrol rasa lapar, makanan berikut bisa mengontrol rasa lapar, makanan berikut bisa mengontrol rasa lapar, makanan berikut bisa mengontrol rasa lapar, makanan berikut bisa mengontrol rasa lapar, makanan berikut bisa mengontrol rasa lapar, makanan berikut bisa mengontrol rasa lapar, makanan berikut bisa mengontrol rasa lapar, makanan berikut bisa mengontrol rasa lapar


Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

1 Response to "makanan berikut bisa mengontrol rasa lapar"

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA