loading...

Fakta-Fakta Menarik Dalam Dunia Biologi Yang Sayang Kalau Dilewatkan


Fakta-Fakta Menarik Dalam Dunia Biologi Yang Sayang Kalau Dilewatkan – Hai sahabat Segala fakta, artikel kali ini ada beberapa fakta menarik tentang biologi yang sayang sekali kalau dilewatkan. Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung dibaca.

Fakta-Fakta Menarik Dalam Dunia Biologi Yang Sayang Kalau Dilewatkan
Fakta-Fakta Menarik Dalam Dunia Biologi Yang Sayang Kalau Dilewatkan Foto : http://www.generasibiologi.com


Fakta 1 : Tanaman Dioscorea di Kebun Raya Purwodadi

Studi tentang pertumbuhan dan perkembangan jenis tanaman Dioscorea yang dikoleksi di Kebun Raya Purwodadi telah dilakukan pada Juni hinga Agustus 1997. Pengamatan dilakukan pada setiap fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman ang meliputi fase dorminasi umbi, perkecambahan, pertunasan, pertumbuhan, vegetative dan fase geneeratif. Dari hasil pengamtan menunjukkan bahwa tipe perkecamban biji dioscorea adalah hpgeal dengan masa dan presentase perkecambahan yang beragam. Masa dormansi umbi berkisar antara 2-3 bulan (Sumber : www.lipi.go.id)

Fakta 2 : Suhu pada buncis

Rata-Rata suhu udara 20-25 derajat celciuas udah optimum untuk pertumbuhan tanaman buncis. Buncis menjalar cenderung tumbuh lebih baik pada suhu agak lebih dingin, dan lebih peka terhadap suhu tinggi pada saat pembungaan dibandingkan dengan tipe semak. Cekaman panas berpengaruh buru terhadap pembentukan polong, dan beberapa kultivar lebih toleran dibanding yang lain. Suhu tanah yang sesuai adalah 19-30 derajat Celcius. Buncis peka terhadap kekeringan dan genangan.

Fakta 3 : Tubuh Panas Hewan

Semua Hewan menghasilkan panas melalui respirasi sel. Pada Mammahlia dan Aves, panas ini dipertahankan oleh selapis bulu atau lemak. Dengan menyesuaikan kadar panas yang hilang, hewan endoterm atau “Berdarah panas” memelihara suhu badan yang stabil (homioterm). (Sumber : Concise Enyclopedia Natur, 1994)

Fakta 4 : Gen

Gen adalah unit fungsional materi genetic. Satu gen mengatur satu jenis karakter. Satu gen terdiri dari puluhan sampai ratusan ribu pasangan basa (base pair, bp). 1000 bp = 1 kb (kilo basa). Oleh karena itu, panjang DNA suatu gen dalam sel-sel tubuhdiberi ukuran menurut banyak pasangan basa dalam ribuan atau kb. (Sumber: www.publication.nigms.nih.gov.com)

Fakta 5 : Obat

Berdasarkan laporan The Journal Of The American Edical Association tahun 1998, sebanyak 2,2 juta pasien setiap tahun mengalami ketidakcocokan obat, dan 106.000 diantara meninggal dunia. Permasalahan ini bersumber pada genetic. Gen manusia tersusun dari milyaran kombinasi A (adenine), T (timin), C (sitosin), dan G (guanine).

Kesalahan dan perbedaan kombinasi urutan atau jenis satu basa saja dapat menimbulkan berbagai masalah. Sebagai contoh, sebanyak 50% pasien penderita stress tidak kebal dengan obat anti depresi. Merka yang bermasalah dengan kolestrol, obat pravatatin mungkin tidak bekerja jika yang bersangkutan memiliki variasi susunan basa tertentu.

Demikianlah Fakta-Fakta Menarik Dalam Dunia Biologi Yang Sayang Kalau Dilewatkan. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel sebelumnya : Fakta Angin duduk yang penting untuk diketahui

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Fakta-Fakta Menarik Dalam Dunia Biologi Yang Sayang Kalau Dilewatkan"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA

KOMENTAR TERBARU

loading...