Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

16 Fakta Menarik Tentang Perbedaan Agama, Kepercayaan, dan Kebudayaan


16 Fakta Menarik Tentang Perbedaan Agama, Kepercayaan, dan Kebudayaan – Hai sahabat Segala fakta, kali ini kita akan membahas tentan 16 Fakta Menarik Tentang Perbedaan Agama, Kepercayaan, dan Kebudayaan. Tanpa berlama-lama lagi, silahkan dibaca :

16 Fakta Menarik Tentang Perbedaan Agama, Kepercayaan, dan Kebudayaan
16 Fakta Menarik Tentang Perbedaan Agama, Kepercayaan, dan Kebudayaan


Fakta 1 : Agama mengandung tiga inti pokok dasar yaitu : Iman, ibadat, Akhlak.

Fakta 2 : Iman merupakan kekuatan abstrak yang dapat menyatukan dan menggalang persatuan antara anggota masyarakat.

Fakta 3 : Iman menggerakkan setiap anggota masyarakat untuk beramal, baik dalam bentuk ibadat maupun daam bentuk amal lainnya demi kepentingan bersama.

Fakta 4 : Ibadat (liturgy) mempunyai peran ganda, yaitu : Sebagai pengatur hubungan setiap pribadi dengan Sang Pencipta dan Sebagai alat untuk mengatur hubungan antara sesama manusia.

Fakta 5: Akhlak sebagia bagian pokok agama merupakan bagian dari pembentukan sikap mental yang merupakan syarat terpenting dalam membina dan memelihara ketentraman masyarakat.

Fakta 6 : Pada masa kehidupan manusia purba, kehidupan manusia bergantung apda keadaan alam sekitarnya.  Ketergantungan hidup manusia purba terhadap kondisi alam memunculkan pola pemikiran yang mengakui adanya kekuatan-kekuatan gaib di sekitarnya.

Fakta 7 : Terjadinya berbagai peristiwa alam yang sering menimpa masyarakat purba menjadikan masyarakatnya percaya kepadakekuatan gaib yang lambat laun berubah menjadi kepercayaan terhadap dewa atau Polytheisme.

Fakta 8 : Adanya sistem kepercayaan terhadap dewa atau Polytheisme membuat mereka mengenal adanya dewa bumi, dewa angin, dewa laut, dewa hujan dan lain sebagainya.

Fakta 9 : Kehidupan masyarakat  Yunani Kuno termasuk salah satu masyarakat tertua di dunia yang memiliki sistem kepercayaan Polytheisme yang kemudian berkembangmenjadi monotheisme sampai sekarang ini.

Fakta 10 : Kepercayaan telah menjadi bagian yang melekat dalam kehidupan manusia, bahkan di era modern sekarang ini, banyak orang beragama tetapi tetap memegang teguh pada kepercayaan tertnetu yang merupakan bagiand ari kebudayaan atau tradisi bangsanya.

16 Fakta Menarik Tentang Perbedaan Agama, Kepercayaan, dan Kebudayaan

Fakta 11: Munculnya kepercayaan bersifat dari proses pengalaman hidup yang dialami manusia berkaitan dengan alam lingkungan sekitarnya.

Fakta 12 : Keterbatasan ilmu pengetahuan yang dikuasai manusia menumbukan pola prilaku yang berlandaskan pada kepasrahan manusia terhadap alam lingkungan tempat ia menggantungkan hidupnya. Dengan demikian, kepercayaan merupakan bagian dari kebudayaan manusia.

Fakta 13 : Adapun kebudayaan mengandung makna sebagai bentuk perilaku manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Fakta 14 : Merelealisasikan agama dalam kehidupan merupakan bentuk kebudayaan, akan tetapi agama itu sendiri bukan merupakan hasil kebudayaan.

Fakta 15 : Dengan Agama manusia menjadi berbudaya atau agama sebagai sarana membudayaakan manusia.

Fakta 16 : Ringkas dari perbedaan agama dan kebudayaan sebagia berikut :
- Agama bersumber pada Wahyu Ilahi, Tuhan yang maha Esa, sedangkan kebudayaan merupakan hasil pikiran dan buah tangan manusia.
- Agama ebrsifat mutlak, tidak mengalami perubahan dan tidak boleh dirubah, sedangkan kebudayaan bersifat relative dan mengalami perubahan seirama dengan perubahan dan perkembangan alam pikiran manusia.
- Agama mengandung sistem crees, sitem ritual, dan sistem moral dalam mengatur segala aspek kehidupan, sedangkan kebudayaan tidak.
- Agama sebagai alat revolusi rohani bagi pemeluknya untuk membebaskan diri dari berbagai tekanan hidup, sedangkan kebudayaan tidak.

Demikianlah 16 Fakta Menarik Tentang Perbedaan Agama, Kepercayaan, dan Kebudayaan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "16 Fakta Menarik Tentang Perbedaan Agama, Kepercayaan, dan Kebudayaan"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA