Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

12 Fakta Menarik Tentang Agama Bumi Atau Agama Alam Dan Agama Wahyu


12 Fakta Menarik Tentang Agama Bumi Atau Agama Alam Dan Agama Wahyu – Hai sahabat segala Fakta, kali ini kita akan membahas tentan fakta menarik agama bumi dan agama wahyu, yuk dibaca.

12 Fakta Menarik Tentang Agama Bumi Atau Agama Alam Dan Agama Wahyu
12 Fakta Menarik Tentang Agama Bumi Atau Agama Alam Dan Agama Wahyu


Fakta 1 : Agama bumi atau agama alam (natural religion) adalah agama yang diciptakan manusia yang pada mulanya merupakan sejenis filsafat hidup atau sebagai hasil pengalaman manusia yang diperoleh dari alam lingkungannya.

Fakta 2 : Dalam kehidupan masyarakat proto sejarah yang kebudayaannya masih tergolong primitive, agama alam (natural religion) diwujudkan dalam bentuk : Fetishisme, Animisme, Animatisme, Pre animisme, Totemisme, dan Polyheisme.

Fakta 3 : Fetishisme adalah bentuk religi yang didasarkan pada kepercayaan akan adanya jiwa atau roh dalam benda-benda tertentu. Penganut kepercayaan ini melakukan aktivitas rerigius berupa pemujaan terhadap benda-benda tersebut.

Fakta 4 : Animisme adalah bentuk religi yang didasarkan pada kepercayaan bahwa alam sekitar manusia berdiam berbagai macam roh. Penganut kepercayaan ini melakukan aktivitas religius berupa pemujaan terhadap roh-roh tersebut.

Fakta 5 : Animatisme adalah bukan merupakan bentuk religi namun merupakan sistem kepercayaan bahwa benda-benda dan tumbuh-tumbuhan di sekeliling manusia itu memiliki jiwa dan bisa berpikir seperti manusia. Kepercayaan ini tidak memunculkan pemujaan terhadap benda dan tumbuhan di sekitarnya, tetapi menjiwai religi lain.

Fakta 6 : Pre animism adalah bentuk religi yang berdasarkan pada kepercayaan adanya kekuatan sakti dalam segala hal yang luar biasa dan terdiri atas aktivitas-aktivitas religius yang berpedoman kepada kepercayaan tersebut. Kepercayaan ini disebut sebagia dinamisme.

Fakta 7 : Totemisme adalah bentuk religi yang ada dalam mayarakat yang teridi atas kelompok-kelompok yang unilineal, dan berdasarkan kepercayaan bahwa kelompok-kelompok unilieal tadi masing-masing berasal dari dewa-dewa nenek moyang mereka. Guna memperketat kesatuan dalam kelompk unilineal, masing-masing kelompok tersebut mempergunakan benda-benda yang melambangkan dewa-dewa nenk moyang mereka.

Fakta 8 : Polyheisme adalah bentuk religi yang berdasarkan kepercayaan kepada satu sistem yang luas dari dewa-dewa dan terdiri atas upacara-upacara guna memuja dewa-dewi tadi.

Fakta 9 : Agama wahyu emrupakan agama yang diturunkan oleh Tuhan kepada Rasul atau utusan-Nya melalui wahyu untuk disampaikan kepada manusia.

Fakta 10 : Sebagai wahyu Tuhan, agama wahyu tidak dapat dubah dan kebenarannya bersifat mutlak.

Fakta 11 : Kebenaran mutlak yang terdapat dalam agama wahyu, menyebabkan ajaran-ajarannya mudah diterima oleh setiap generasi dan setiap masyarakat yang memiliki berbagai bentuk kebudayaan.

Fakta 12 : Adapun tujuan agama wahyu adalah sebagai landasan, pegangan, dan tuntunan dalam menghadapi segala macam persoalan hidup.

Demikianlah fakta agama bumi dan agama wahyu, semoga bermafaat dan dapat menambah wawasan anda.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "12 Fakta Menarik Tentang Agama Bumi Atau Agama Alam Dan Agama Wahyu"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA