Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

10 Fakta Menarik Tentang Unsur-Unsur Agama Yang Dapat Menambah Wawasan Anda


10 Fakta Menarik Tentang Unsur-Unsur Agama Yang Dapat Menambah Wawasan Anda – Hai sahabat segala Fakta, kali ini kita akan membahas tentang 10 Fakta menarik unsur-unsur agama yang dapat menambah wawasan. Langsung dibaca yuk :

10 Fakta Menarik Tentang Unsur-Unsur Agama Yang Dapat Menambah Wawasan Anda
10 Fakta Menarik Tentang Unsur-Unsur Agama Yang Dapat Menambah Wawasan Anda. Foto : https://www.resortsworldbirmingham.co.uk


Fakta 1 : Pada hakikatnya tidak ada perbedaan antara agama dan religi.

Fakta 2 : Dalam praktiknya di Indonesia sebutan agama hanya dibatasi pada semua sistem religi yang secara resmi diakui oleh Negara, artinya agama yang mengajarkan keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki Nabi sebagai pendiri agama, memiliki kita Suci, memiliki umat yang menganutnya, diakui keberadaannya di dunia internasional,memiliki tempat ibadah khusus, dan terdapat kegiatan ritual.

Fakta 3 : Secara terperinci Koentjaraningrat mengemukakan bahwa tiap religi merupakan suatu sistem yang terdiri atas empat komponen, yaitu : Emosi keagamaan, Sistem kepercayaan, Sistem upcara religious, Kelompok-kelompok religius.

Fakta 4 : Emosi keagamaan yang menyebabkan manusia menjadi religius.

Fakta 5 : Sistem kepercayaan yang mengandung keyakinan serta bayangan-bayangan manusia tentan sifat-sifat Tuhan serta tentang wujud dari alam gaib.

Fakta 6 : Sistem upacara religius yang bertujuan mencari hubungan manusia dengan Tuhan, dewa-dewa, atau makhluk-makhluk halus yang mendiami alam ghaib.

Fakta 7 : Kelompok-kelompok religius atau kesatuan-kesatuan sosial yang menganut sistem kepercayaan dan yang melakukan upacara-upacara religius.

Fakta 8 : Komponen sistem kepercayaan, sistem upacara, religius, dan kelompok-kelompok religius yang menganut sistem kepercayaan dan menjalankan upacara-upacara religius merupakan ciptaan dan hasrat akal manusia, sedangkan komponen emosi keagamaan digetarkan oleh cahaya Tuhan.

Fakta 9 : Emosi keagamaan merupakan suatu getaran yang menggerakkan jiwa manusia. Hal tersebut apat dirasakan manusia dalam seorang diri dan dalam kondisi lingkungan yang senyap. Dalam keadaan demikian, manusia dapat berdoa dengan khidmat sambil membayangkan Tuhan, Dewa, Roh atau lainnya yang merupakan wujud keyakinan religiusnya.

Fakta 10 : Sistem kepercayaan dalam suatu religi dijiwai oleh emosi keagamaan, tetapi sebaliknya emosi keagamaan juga bisa terpengaruh oleh sistem kepercayaan.

Fakta 11 : Unsur-unsur utama dalam sistem kepercayaan masing-masing agama berbeda-beda, salah satu unsur yang sama adalah Kitab Suci, karena setiap agama berpedoman pada ajaran kita suci.

Fakta 12 : Banyak Konflik Horizontal yang berbau SARA meletus karena letupan emosi keagamaan.

Fakta 13 : Sistem kepercayaan erat kaitannya dengan sistem upacara-upacara religius dan menentukan tata urutan daripada unsur-unsur, acara serta rangkaian alat-alat yang dipergunakan dalam upacara religius.

Fakta 14 : Adapun sistem upacara religius itu melambangkan konsep-konsep yang terkandung dalam sistem kepercayaan.

Fakta 15 : Sistem upacara merupakan wujud kelakukan (behavioral manifestation) dari religi.

10 Fakta Menarik Tentang Unsur-Unsur Agama Yang Dapat Menambah Wawasan Anda

Fakta 16 : Masing-masing upacara religius terdiri atas kombinasi berbagai macam unusr upacara, dimana antara agama satu dan lainnya belum tentu sama. Unsur-unsur upacara tersebut antara lain : berdoa, bersujud, berkorban, bersaji, berprosesi, berseni drama suci, berpuasa, bersemedi dan sebagainya.

Fakta 17 : Berbagai bentuk peralatan yang dipergunakan dalam upacara religius setiap agama juga berbeda, misal berpa : sajadah, bedug, lonceng, organ, patung suci, gong dan sebagainya.

Fakta 18 : Komponen yang merupakan pelaku sistem upacara religius adalah para pengikut atau umat yang tergabung dalam kesatuan sosial atau kelompok religius, sebagai umat yang menganut sistem upara religius tersebut.

Fakta 19 : Kelompok religius bisa terdiri atas : Keluarga inti, kelompok kekerabatan yang lebih luas, kesatuan komunitas, organisasi religius.

Fakta 20 : Kelompok dan kesatuan religius pada umumnya berorientasi terhadap sistem kepercayaan dari religi yang bersangkutan dan secara berulang atau sebagian atau dalam keseluruhannya secara periodic berkumpul untuk melakukan sistem upacaranya.

DEmikianlah fakta tentang unsur-unsur agama. Semoga dapat menambah wawasan anda.
Jangan lupa baca juga artikel sebelumnya : 10 Fakta Menarik Tentang Karakter Denki Dalam Anime Boruto

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "10 Fakta Menarik Tentang Unsur-Unsur Agama Yang Dapat Menambah Wawasan Anda"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA