loading...

15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona

15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona -  Siapa yang bisa mengira bahwa fenomena sederhana dari pantulan cahaya saat melewati tetesan air bisa menciptakan spektrum warna yang menakjubkan, apalagi kalau bukan Pelangi! Saat busur tujuh warna ini muncul di langit, ia juga membawa busur yang tersenyum ke wajah semua orang. 


15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona
15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona  :: Courtesy images : http://empirenews.net

Seiring dengan lentur cahaya tersebut, alam juga menyembunyikan beberapa fakta menakjubkan lainnya tentang pelangi. Mari menggali beberapa fakta menarik tentang Pelangi :

Fakta 1. Pelangi misterius!

Sampai abad ke-17, orang-orang tidak tahu bagaimana pelangi terbentuk dan bagaimana bentuknya! Sebelum Isaac Newton menemukan tujuh spektrum cahaya pelangi yang digunakan setiap orang untuk berpikir bahwa hanya ada lima warna pelangi. Dan sebelum Renaisans, orang-orang mengira pelangi tidak lebih dari tiga warna. Bahkan saat ini, rata-rata orang China mengklaim bahwa hanya ada lima warna dari pelangi!

Fakta 2. Fenomena Ilmiah

Pelangi diajarkan di setiap sekolah dasar bahwa pelangi dibuat karena lentur cahaya, juga dikenal sebagai Refraksi. Tapi coba tebak, refleksi juga berperan penting dalam formasi pelangi. Cahaya dibiaskan saat memasuki tetesan air hujan, lalu tercermin di dalam jatuhnya dan dibiaskan lagi saat ia keluar dari air terjun.

Fakta 3. Pelangi di tetes hujan!

Saat cahaya melewati tetesan air hujan, ia menciptakan pelanginya sendiri. Tapi sangat kecil sehingga kita tidak bisa melihatnya. Jadi, saat cahaya melewati jutaan tetes hujan, secara kolektif itu membuat pelangi terlihat yang bisa kita saksikan dengan mata telanjang.

Fakta 4 : Pelangi melingkar

15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona
15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona  :: Courtesy images : mirror.co.uk


Pelangi sebenarnya terjadi menjadi lingkaran penuh tujuh warna. Tapi karena kita melihatnya dari tanah, jadi tampak seperti busur atau semi lingkaran. Jika Anda berada di pesawat, Anda mungkin bisa melihat keseluruhan lingkaran pelangi.

Fakta 5. Perbedaan langit diantara pelangi

Saat Anda melihat pelangi, Anda bisa melihat beberapa perbedaan yang terlihat antara langit di atas pelangi dan langit di bawah pelangi. Langit di atas pelangi akan tampak kurang terang dari langit di bawah pelangi.

Fakta 6. Pelangi tanpa hujan!

15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona
15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona  :: Sumber Foto : http://www.brobali.com


Ini adalah fakta yang terkenal bahwa pelangi bisa terlihat setelah curah hujan. Tapi tahukah Anda, bahwa Anda juga bisa melihat pelangi tanpa curah hujan? Kunjungi air terjun yang diselimuti oleh kabut tetesan air dan berdirilah di tempat di mana matahari berada di belakang Anda; Jika Anda beruntung, maka Anda mungkin bisa melihat pelangi tanpa hujan

Fakta 7. Pelangi untuk semua orang!

Memang benar tidak ada orang yang bisa melihat pelangi yang sama. Kedengarannya seperti kutukan mitologis. Tapi sebenarnya, ini melibatkan fisika sederhana. Cahaya yang dibiaskan oleh tetesan air hujan yang sama ada pada sudut yang berbeda sesuai dengan penglihatan Anda dan berada pada sudut yang berbeda sesuai dengan penglihatan orang berikutnya, karena Anda dan orang lain tidak akan pernah berada pada tempat yang sama pada waktu yang sama. Sederhana! Bukan?


Fakta 8. Ingin pelangi lagi? Cobalah pelangi dua kali lipat

15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona
15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona  :: Courtesy images : http://jlryan.deviantart.com


Seperti memesan eskrim saja yah... hehehe… Tapi sebenarnya pelangi dua atau tiga kali lipat memang ada dan begitu juga pelangi empat kali lipat. Saat cahaya di dalam tetesan air hujan memantulkan dua kali, pelangi ganda dihasilkan. Demikian pula, ketika itu mencerminkan tiga kali, bentuk pelangi tiga kali dan bila itu mencerminkan empat kali bentuk pelangi empat kali lipat. Ini adalah fenomena yang sangat langka. Jadi, jika Anda pernah melihat salah-satunya, maka anda orang yang beruntung.

Fakta 11 : Tidak ada pelangi di siang hari!

Pelangi biasanya terlihat di pagi dan sore hari tapi sangat jarang di siang hari. Hal ini karena untuk menciptakan pelangi, cahaya harus menempuh setetes hujan tepat pada 42 derajat yang tidak memungkinkan pada siang hari karena matahari lebih tinggi dari 42 derajat.

Fakta 10. Sepupunya cahaya bulan

Courtesy images : http://www.qpeak.com


Moonbow, seperti namanya, diciptakan oleh cahaya bulan. Moonbow/cahaya bulan muncul seperti busur Pelangi, tapi warnanya tampak samar-samar karena biasanya kita melihatnya berwarna putih. Tapi terkadang,  Anda bisa melihat tujuh moonbow/cahaya bulan yang berwarna.

Fakta 11. Pelangi yang Hilang

Ingin melihat sihir? Awalnya perhatikan pelangi melalui mata telanjang. Anda bisa melihat pelanginya. Kemudian perhatikan pelangi yang sama dengan memakai kacamata hitam terpolarisasi. Anda masih bisa melihat pelangi. Sekarang tahan kacamata Anda secara vertikal dan lihat melalui kaca. Pelangi menghilang! Hal ini disebabkan perbedaan polarisasi. Molekul dalam kacamata hitam terpolarisasi sejajar vertikal dan cahaya yang tercermin dalam tetesan air untuk membentuk pelangi terpolarisasi secara horizontal.

Courtesy images : genius.com

Fakta 12. Rainbow jackpot atau mungkin pot emas!

Ingin menghasilkan uang dengan mudah? Carilah ujung pelangi di mana Anda dapat menemukan pot emas. Mitos ini berasal dari dekat Eropa lama. Di Silesia, sebuah wilayah di Eropa Timur dikatakan bahwa emas di ujung pelangi diletakkan oleh malaikat dan hanya bisa diperoleh oleh seorang pria telanjang. Mau mencoba?

Fakta 13. Pelangi membawa masalah!

15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona
15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona  : Source ohfact.com


Dapatkah Anda percaya bahwa busur cahaya indah yang bisa kita lihat bisa membawa masalah? Banyak budaya lama percaya bahwa pelangi dikaitkan dengan setan, karena kadang-kadang badai penghalang pelangi disertai petir dan guntur. Beberapa budaya bahkan percaya bahwa Anda tidak boleh menunjuk pelangi. Jika dilakukan, itu akan membawa nasib buruk. Mitos cherry - on - top adalah pelangi yang bisa mengubah pria menjadi wanita dan sebaliknya.Jadi, Siapa yang mau operasi pengangkatan ulang jenis kelamin? Cukup keluar saat pelangi terjadi dan Voila! Anda adalah seorang wanita (atau pria). WOWW..

Fakta 14. Sebuah jembatan antara bumi dan surga!

 
15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona
15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona  :: Courtesy images : https://abstract.desktopnexus.com

Beberapa budaya menganggap pelangi sebagai jembatan antara Bumi dan Langit. Dalam budaya barat, dianggap beruntung jika melihat pelangi, dan itu dikenal sebagai simbol harapan baru. Suku Siberia timur laut melihat pelangi sebagai lidah matahari! Pelangi yang terlihat di atas lautan dianggap sebagai tanda yang beruntung oleh orang Indian Arawak di Amerika Selatan.

Fakta 15. Pelangi di Bulan Saturnus!





Bukan mitos belaka. Suasana lembab Titan, bulan Saturnus sangat ideal untuk pembentukan pelangi. Juga, sudut dispersi Titan adalah 49 derajat. Jadi, diyakini pelangi itu terjadi di permukaan Titan. Merasa sedih? Mari kita kunjungi Titan.

Tag : 15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona , 15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona , 15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona , 15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona , 15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona , 15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona , 15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona , 15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona , 15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona , 15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona , 15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona 

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

1 Response to "15 Fakta Menarik Pelangi Yang dapat membuat Kita Terpesona "

  1. Fakta yang belum banyak diketahui Mas. Btw lama sekali aku nggak liat pelangi...

    ReplyDelete

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA

loading...

Klik gambarnya

Klik gambarnya
Beli Novel saya disini