loading...
loading...

Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja

Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja - Dikutip dari wikipedia, Rabun senja atau rabun ayam (nyctalopia) adalah sebuah penyakit mata yang menyebabkan penderitanya kesulitan melihat jika kekurangan sumber cahaya. Penyakit ini bisa disebabkan karena luka, malnutrisi (kekurangan vitamin A) atau sejak lahir.

Dinamakan rabun ayam karena ayam selepas senja atau ketika sumber cahaya berkurang juga mengalami kesulitan melihat.




Dari Alodokter.com mengatakan bahwa Rabun senja bukan sebuah penyakit, melainkan gejala dari penyakit tertentu yang Anda derita tanpa Anda sadari.

Beberapa contoh kegiatan sehari-hari yang mungkin menandakan Anda mengalami rabun senja yaitu:


  • Anda mungkin sulit melihat jalan saat berkendara pada malam hari.
  • Sulit melihat sekitar ketika berjalan di tempat gelap seperti di dalam bioskop.
  • Sulit melihat bintang di langit.
  • Pandangan Anda lebih mungkin memburuk ketika transisi dari ruangan yang terang ke gelap.

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab Rabun Senja, salah satunya adalah kekurangan Vitamin A, nah berikut BLOGGER JEMO LINTANK memposting Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja. Mari dibaca:



1. Wortel
Wortel adalah salah satu makanan pencegah penyakit rabun senja. Sayuran kesukaan kelinci ini memang sangat banyak mengandung vitamin A. tidak heran jika kelinci mempunyai penglihatan yang tajam. Tak hanya Sebagai makanan pencegah penyakit rabun senja, Wortel juga dapat menurunkan hipertensi, dan yang lebih menggembirakan bagi anda kaum hawa, wortel juga bisa untuk menghilangkan nyeri akibat menstrusi. Anda bisa memasaknya sebagai bahan campuran sup atau juga sebagai lalapan makan anda.

2. Cabai merah
Tanaman yang digunakan sebagai pemberi rasa pedas dalam bumbu dapur ini juga mengandung kandungan vitamin yang tinggi. Salah satunya adalah kandungan vitamin A nya. Tak salah jika banyak orang yang suka makan pedas memiliki penglihatan yang baik. Karena kandungan vitamin A nya itulah, Cabai Merah jadi masuk ke daftar makanan pencegah penyakit rabun senja.

3. Bayam
Sayuran hijau ini juga tidak kalah  dengan wortel, kandungan beta karoten didalam bayam hamper sama dengan kandungan beta karoten didalam wortel. Bayam juga mengandung zat besi, yang pastinya bermanfaat bagi kesehatan anda, salah satunya pencegah penyakit rabun senja. Satu cangkir bayam sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan 49% vitamin A.

4. Tomat
Makanan pencegah Penyakit rabun senja yang lainnya adalah Tomat. Sayuran yang identik dengan warna orange dan berbentuk bulat ini juga kaya akan kandungan vitamin A. satu buah tomat yang berukuran sedang sudah cukup untuk mencukupi 20% dari kebutuhhan vitamin A tubuh. 

Buah – buahan yang memiliki kandungan vitamin A tinggi Sehingga baik untuk mencegah penyakit rabun senja

5. Pepaya
Buah enak murah meriah ini juga mengandung kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga termasuk makanan pencegah penyakit rabun senja. Sebuah papaya berukuran kecil sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan 29% vitamin A tubuh.

6. Buah naga
Sayang untuk dapat mengkonsumsi buah yang juga banyak mengandung vitamin A ini anda harus merogoh saku dalam - dalam. Karena memang harga dari buah naga ini cukup mahal. Bahkan tterkesan buah naga adalah buahnya orang kaya. Buah naga banyak mengandung Vitamin A sehingga baik untuk pencegah penyakit rabun senja.

7. Buah apel
Selain mengandung vitamin B yang komplek dan vitamin C. apel juga mengandung vitamin A yang cukup baik untuk tubuh kita.,jadi baik untuk pencegah penyakit rabun senja.

8. Pisang
Pisang Tak hanya murah dan enak, pisang juga banyak mengandung vitamin A yang biak untuk tubuh anda, salah satunya dapat mencegah penyakit rabun senja. Selain dapat dimakan langsung, olahan pisang sekarang juga sudah banyak variasinya. Namun, pelu diperhatikan, jangan terlalu matang untuk mengolah pisang ini agar kandungan gizinya tetap terjaga.

Makanan lain yang memiliki kandungan vitamin A tinggi yang dapat mencegah penyakit rabun senja

9. Sereal
Sereal yang terbuat dari jagung kuning dan gandum juga mengndung vitamin A yang cukup untuk tubuh kita, jadi baik untuk pencegah penyakit rabun senja.

10. Umbi – umbian
Anda suka dengan kuliner umbi – umbian? Jika iya, maka lanjutkan. Karena umbi – umbian juga merupakan salah satu sumber vitamin A bagi tubuh kita. Jenis umbi yang banyak mengandung vitamin A adalah ubi kuning, ubi kukus, ubi jalar merah, dan ubi rambat merah. Umbi-umbian tersebut adalah pencegah penyakit rabun senja

11. Hati sapi
Penelitian membuktikan 100 gram hati sapi mengandung lebih dari 300% dari asupan vitamin A penting untuk per harinya. Jadi hati sapi termasuk makanan pencegah penyakit rabun senja

12. Olahan susu
Makanan pencegah penyakit rabun senja lainnya yaitu olahan susu. Susu dan hasil olahannya seperti keju juga mengandung vitamin A yang berguna untuk tubuh kita.

Itulah Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja, Tidak ada salahnya kita rajin mengkonsumsi makanan diatas untuk mencegah penyakit yang tak diinginkan seperti penyakit rabun senja.

Info kesehatan lainnya silahkan anda baca disini

Tag : Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja,Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja, Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja, Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja, Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja, Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja, Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja, Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja,Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja, Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja, Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja, Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja, Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja, Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja, Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Makanan Pencegah Penyakit Rabun Senja"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA