Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan

Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan -PERKEMBANGAN PENGARUH BARAT TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA Dengan ditutupnya Bandar Konstatinopel oleh Turki Usmani maka hubungan perdagangan antara Eropa dan Asia terputus. Hal inilah yang mendorong bangsa-bangsa barat mencari jalan sendiri ke dunia Timur untuk mendapatkan rempah-rempah. Melalui penjelajahan samudra, bangsa-bangsa barat berhasilmeemukan daerah-daerah baru, seperti Amerika, Afrika, dan Asia termasuk indonesia.
Bangsa Portugis dan Spanyol berhasil mendarat di indonesia, kemudian disusul bangsa-bangsa barat lain, seperti Belanda. Kedatangan Belanda yang semula berdagang dengan membentuk kongsi dagang (VOC) kemudian berhasrat untuk menguasainya. VOC menerapkan monopoli perdagangan dan penetrasi politik. Itulah sebabnya kedatangan VOC di berbagai daerah di Nusantara selalu mendapatkan perlawanan. Berawal dari kongsi dagang inilah, akhirnya seluruh daerah di Nusantara jatuh ke tangan kekuasaan belanda.

Masuknya kekuasaan asing dan berkembangnya kolonialisme dan imperialisme barat di indonesia

Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan
Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan


Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan
Pada permulaan abad ke pertengahan, orang-orang eropa sudah mengenal hasil bumi dari dunia Timur, terutama rempah-rempah dari indonesia. Dengan jatuhnya Konstatinopel ke tangan Turki Usmani (1453) mengakibatkan hubungan perdagangan antara eropa dan asia barat (timur tengah) terputus. Hal ini mendorong orang-orang eropa mencari jalan sendiri ke dunia Timur untuk mendapatkan rempah-rempah yang sangat mereka butuhkan. Melalui penjelajahan samudra, akhirnya bangsa-bangsa barat berhasil mencapai indonesia.
Kedatangan bansa-bangsa barat di indonesia mulanya lewat kongsi-kongsi perdagangan. Kongsi-kongsi perdangan tersebut berusaha untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di indonesia melalui praktik monopoli

Faktor-Faktor yang mendorong bangsa-bangsa barat pergi ke dunia timur, antara lain sebagai berikut
1. Dikuasainya rute dan pusat-pusat perdagangan di timur tengah oleh orang-orang islam
2. Adanya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu dengan ditemukan peta dan komas yang sangat penting bagi pelayaran
3. Adanya keinginan untuk mendapatkan rempah-rempah dari daerah asal sehingga harganya lebih murah dan dapat memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya
4. Adanya keinginan untuk melanjutkan perang salib dan menyebarkan agama nasrani ke daerah-daerah yang dikunjungi
5. Adanya jiwa petualangan sehingga menggugah semangat untuk melakukan penjelajahan samudra
a. Masuknya Bangsa portugis ke indonesia
Bangsa portugis telah berhasil mencapai india (kalikut) 1498. Bangsa portugis berhasil mendirikan kantor dagangnya di Gowa pada tahun 1509. Pada tahun 1511 di bawah pimpinan d’Albuquerque portugis berhasil menguasaik malaka. Dari malaka di bawah pimpinan d’Abreu tahun 1512 portugis tlah sampai di maluk dan diteima baik oleh sultan Ternate yang pada waktu itu sedang bermusuhan dengan Tidore. portugis berhasil mendirikan benteng dan mendapatkan hak monopoli perdagangan rempah-rempah.
Selain mengadakan monopoli perdagangan rempah-rempah di maluku, portugis juga aktif menyebarkan agama Kristen (Katolik) dengan tokohnya yang terkenal ialah Franciscus Xaverius. Portugis ini tidak hanya memusatkan kegiatannya di Indonesia bagian timur (maluku), tetapi juga ke indonesia bagian barat (pajajaran). Pada tahun 1522 portugis datang ke pajajaran di bawah pimpinan Henri Leme dan disambut baik oleh pajajaran dengan maksud agar portugis mau membantu dalam menghadapi ekspansi demak.
Terjadilah Perjanjian sunda kelapa (1522) antara portugis dan pajajaran, yang isinya sebagai berikut
1. Portugis diijinkan mendirikan benteng di sunda kelapa
2. Pajajaran akan menerima barang-barang yang dibutuhkan dari portugis termasuk senjata
3. Portugis akan memperoleh lada dari pajajaran menurut kebutuhannya
Awal tahun 1527 portugis datang lagi ke pajajaran untuk merealisasi perjanjian sunda kelapa, namun disambut dengan pertempuran oleh pasukan Demak di bawah pimpinan Fatahilah. Pertempuran berakhir dan namanya menjadi Jayakarta, artinya pekerjaan yang jaya (menang).

b. Masuknya bangsa spanyol ke indonesia
Kedatangan bangsa portugis sampai di indonesia (maluku), segera diikuti oleh bangsa spanyol. Ekspedisi bangsa spanyol di bawah pimpinan magelhaen, pada tanggal 7 April 1521 telah sampai di pulau Cebu. Rombongan Magelhaen diterima baik oleh Raja Cebu sebab pada waktu itu Cebu sedang bermusuhan dengan Mactan. Persekutuan dengan Cebu ini harus dibayar mahal spanyol sebab dalam peperangan ini magelhaen terbunuh.
Dengan meninggalnya Magelhaen, ekspedisi bangsa spanyol di bawah pimpinan sebastian del Cano melanjutkan usahanya untuk menemukan daerah asal rempah-rempah. Dengan melewati kepulauan Cagayan dan Mindanao akhirnya sampai di maluku (1521). Kedatangan bangsa spanyol ini diterima baik oleh Sultan Tidore yang saat itu sedang bermusuhan dengan Portugis.
Sebaliknya, kedatangan spanyol di maluku bagi porgusi merupakan pelanggaran atas “Hak Monopoli”. Oleh karena itu, timbullah persaingan antara portugis dan spanyol. Sebelum terjadi perang besar, akhrinya diadakan perjanjian Saragosa (22 April 1529) yang isinya sebagai berikut
1. Spanyol harus meninggalkan maluku, dan memusatkan kegiatannya di filipina
2. Portugis tetap melakukan aktivitas perdagangan di maluku

c. Masuknya bangsa belanda ke indonesia
Sebelum datang ke indonesia, para pedagang Belanda membeli rempah-rempah di Lisabon (Ibu kota portugis). Pada waktu itu belanda masih berada di bawah penjajahan spanyol. Mulai tahun 1585, Belanda tidak lagi mengambil rempah-rempah dari Lisabon karena portugis dikuasai oleh spanyol. Dengan putusnya hubungan perdagangan rempah-rempah antara belanda dan spanyol mendorong bansa belanda untuk mengadakan penjelajahan samudra.

Pada bulan April 1595, Belanda memulai pelayaran menuju Nusantara dengan empat buah kapal di bawah pimpinan Cornelis de Houtman. Dalam pelayarannya menuju ke timur, Belanda menempu rute Pantai Barat Afrika –Tanjung Harapan-SamudraHindia-Selat Sunda-Banten. Pada saat itu Banten berada di bawah pemerintahan Maulana Muhammad (1580-1605).

Kedatangan rombongan Cornelis de Houtman, pada mulanya diterima baik oleh masyarakat Banten dan juga diijinkan untuk berdagang di banten. Namun, karenanya sikap yang kurang baik sehingga orang Belanda kemudian diusir dari Banten. Selanjutnya, orang-orang belanda meneruskan perjalanan ke timur akhirnya sampai di bali.

Rombongan kedua dari Negeri Belanda di Bawah pimpinan Jacob van neck dan Van Waerwyck, dengan delapan buah kapalnya tiba di banten pada bulan November 1598. Pada saat itu hubungan Banten dengan Portugis sedang memburuk sehingga kedatangan bangsa Belanda diterima dengan baik. Sikap Belanda sendiri juga sangat hati-hati dan pandai mengambil hati para penguasa Banten sehingga tiga buah kapal mereka penuh dengan muatan rempah-rempah (lada) dan dikirim ke Negeri belanda, sedangkan lima buah kapalnya yang lain menuju ke maluku.

Keberhasilan rombongan Van Neck dalam perdagangan rempah-rempah, mendorong orang-orang Belanda yang lain untuk datang ke indonesia.
Akibatnya terjadi persaingan di antara pedagang-pedagang Belanda sendiri. Setiap kongsi bersaing secara ketak. Di samping itu, mereka juga harus menghadapi persaingan dengan portugis, spanyol dan inggris. Melihat gelagat yang demikian, Olden Barnaveld menyaranakan untuk membentuk perserikatan dagang yang mengurusi perdagangan di Hindia Timur. Pada tahun 1602 secara resmi terbentuklah Vereenigde Oost Indiesche Compagnie (VOC) atau perserikatan dagang Hindia Timur. VOC membuka kantor dagangnya yang pertama di Banten (1602) di kepalai oleh Francois Wittert.
Tujuan dibentuknya VOC adalah sebagai berikut
1. Untuk menghindari persaingan yang tidak sehat antara sesama pedagang Belanda
2. Untuk memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan, baik dengan bangsa eropa, maupun dengan bangsa-bangsa asia
3. Untuk mendapatkan monopoli perdagangan, baik impor maupun Ekspor.


Tag : Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan, Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan, Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan, Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan, Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan, Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan, Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan, Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan, Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan, Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan, Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan, Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan, Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Masuknya kekuasaan asing ke wilayah indonesia Lewat kongsi-kongsi perdagangan"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA