Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

Menara Paling Tinggi Di Dunia

Menara Paling Tinggi Di Dunia - Tahukah kamu apa menara paling tinggi di dunia ? Sebelum mengetahui menara paling tinggi di dunia, yuk kita bahas terlebih dahulu apa itu menara dan sejarahnya :)

Menara ialah sebuah struktur buatan manusia dan tingginya lebih dari lebarnya. Menara selalu dibangun untuk menjadi sebuah mercu tanda sesebuah organisasi. Justru itu menara dibangun dengan indah dan cantik. Tetapi tujuan utama pembangunan menara adalah untuk memelihara ruang dan tanah.

Menara Paling Tinggi Di Dunia
Menara Paling Tinggi Di Dunia
SEJARAH MENARAH :

Menara telah digunakan oleh manusia sejak zaman prasejarah. Menara batu bundar di dinding kota Jericho dari zaman Neolithic (8000 SM) adalah yang dianggap tertua di dunia. Menara-menara yang paling pertama dibuat adalah ziggurat, yang ada pada arsitektur Sumeria sejak 4000 taun SM. Beberapa ziggurat yang paling terkenal termasuk ZIggurat Sumeria di kota Ur, dibangun 3000 tahun SM, dan Etemenanki yang merupakan salah satu contoh paling terkenal dari arsitektur Babilonia, dibangun 2000 tahun SM serta dianggap sebagai menara tertinggi pada masanya.

Beberapa contoh tertua yang masih ada adalah struktur-struktur Broch (struktur dinding kosong) di Skotlandia utara, berfungsi sebagai menara mercusuar berbentuk kerucut. Ini sejalan dengan budaya Phoenician dan Romawi yang menekankan peran menara sebagai benteng dan penjagaan. Sebagai contoh, elemen pengintaian yag ditemukan di Mogador dibangun 1000 tahun SM, berasal dari Phoenician atau Carthaginian. Orang Romawi memfungsikan menara persegi delapan sebagai bagian dari istana Diocletian di Kroasia, yang diperkirakan dibangun 200 tahun masehi, sedangkan Tembok Servian (4000 tahun SM) dan Tembok Aurelian (3000 tahun masehi) serbentuk persegi empat. Orang Cina menggunakan menara sebagai bagian terpadu Tembok Besar Cina (The Great Wall of China) 210 tahun SM pada masa pemerintahan dinasti Qin. Menara juga merupakan elemen penting pada kastil.

Menara terkenal lainnya adalah Menara Pisa di Pisa, Italia yang dibangun dari tahun 1173 hingga 1372, dan Menara Kembar di Bologna, Italia yang dibangun dari tahun 1109 hingga 1119. Menara Himalaya adalah menara batu yang sebbagian besar berada di Tibet, dibangun sekitar abad ke-14 sampai abad ke-15.

Menara Paling Tinggi Di Dunia
Menara Paling Tinggi Di Dunia

Menara Paling Tinggi Di Dunia
Menara Paling Tinggi Di Dunia

Menara Paling Tinggi Di Dunia
Menara Paling Tinggi Di Dunia

Menara Paling Tinggi Di Dunia
Menara Paling Tinggi Di Dunia


Menara paling tinggi di dunia adalah Kingodom tower.
Kingdom Tower adalah calon bangunan tertinggi di dunia saat ini, mengalahkan tinggi Menara Burj Khalifa. Ketinggian menara ini adalah 1.000 meter, atau sama dengan ketinggian 1 kilometer! Menara yang kini sudah dimulai pembangunannya ini terletak di Kota Jeddah, Arab Saudi, dekat dengan Laut Merah. Arsitektur menara fantastis ini adalah Adrian Smith dan Gordon Gill. Bangunan ini diperkirakan akan menelan biaya US$1,2 miliar (Rp10,1 triliun), dan akan selesai pada tahun 2016 atau 2017. Didalamnya terdapat 59 elevator, termasuk 54 elevator tunggal dan 5 elevator ganda bersama 12 eskalator lainnya. Elevator ini akan melayani kita dengan kecepatan 10 meter per detik.

Itulah Pembahasan tentang menara, sejarah menarah dan menarah paling tinggi di dunia, semoga artikel di atas dapat menambah wawasan kita semua :)


Tag : Menara Paling Tinggi Di Dunia, Menara Paling Tinggi Di Dunia, Menara Paling Tinggi Di Dunia, Menara Paling Tinggi Di Dunia, Menara Paling Tinggi Di Dunia, Menara Paling Tinggi Di Dunia, Menara Paling Tinggi Di Dunia, Menara Paling Tinggi Di Dunia, Menara Paling Tinggi Di Dunia

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya: