Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Cara Membuka Perangkat Lunak Presentasi


Cara Membuka Perangkat Lunak Presentasi – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuka Perangkat Lunak Presentasi. Yuk, langsung dibahas :

Cara Membuka Perangkat Lunak Presentasi
Cara Membuka Perangkat Lunak Presentasi. Sumber Foto : Catatanwierto.blogspot.com


Baca juga artikel sebelumnya : Cara Membuat Efek Pembalap Pada CorelDRAW

- Membuka Perangkat Lunak Presentasi

Pada Bab-bab sebelumnya anda telah mempelajari penggunaan Microsoft Word dan Microsoft Excel. Tentu apda waktu itu anda telah dapat membuka program aplikasi tersebut. Karena tergolong dalam rumpun atau keluarga Microsoft Office, Anda dapat menggunakan cara serupa untuk membuka Microsoft Power Point.

a. Membuka Microsoft PowerPoint 2003 Menggunakan Start

Cara membuka Program Aplikasi Microsoft menggunakan tombol Start sebagai berikut :

1. Klik Start kemudian Pilih All Programs
2. Pilih Microsoft Office PowerPoint 2003. Jika Program Aplikasi ini tidak langsung terlihat, carilah program ini di dalam subprogram Microsoft Office.

b. Membuka Microsoft PowerPoint 2003 Menggunakan Ikon

Jika dalam Dekstop Komputer Anda terdapat Ikon Microsoft PowerPoint, Anda dapat pula menggunakan Ikon ini. Cara yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:
1. Perhatikan Ikon Microsoft PowerPoint dalam desktop.
1. Lakukan Klik ganda pada ikon sehingga komputer akan membuka progam aplikasi ini.

2. Mengenal wilayah kerja Perangkat Lunak Presentasi

Sedikit berbeda dengan program aplikasi Microsoft Word dan Microsoft excel, Microsoft Power Point memuat Outline Area. Selain itu, dalam wilah kerja Microsoft PowerPoint terdapat ikon khusus untuk melihat tampilan presentasi. Simaklah uraian lebih lengkap mengenai wilayah kerja Microsoft PowerPoint.

Bagian-bagian pada wilah kerja tersebut memiliki fungsi berbeda-beda. Perhatikanlah wilayah kerja beserta penjelasan berikut ini
a. Pengontrol menu (Control Menu Box). Bagian ini digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif.
b. Daftar Titel (Title Bar). Bagian ini berisi program aplikasi beserta nama File yang sedang aktif.
c. Daftar menu (Menu Bar). Bagian ini berisi menu yang dapat Anda gunakan saat bekerja dengan Microsoft PowerPoint. Menu trsebut terdiri atas menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Slide Show, Window dan help.
d. Daftar alat (Toolbar). Bagian ini berisi beberapa ikon yang digunakan sebagai alat kerja Anda.
e. Halaman (Slide Area). Bagian ini merupakan halaman yang akan ditayangkan sebagai halaman Presentasi.
f. Kerangka (Outline Area). Bagian ini menampilkan halaman-halaman presentasi yang akan anda tampilkan.

3. Menutup Perangkat Lunak PowerPoint

Anda dapat menutup Program Aplikasi MicrosoftPower Point dengan melakukan langkah berikut:
a. Klik tombol Close pada jendela tampilan file
b. Setealh itu akan muncul kotak dialog pilihan menyimpan file. Jika Anda belum mengubah isi file tadi, jendela tampilan file Microsoft Power Point akan langsung ditutup. Akan tetapi, Jika Anda telah mengubah isi file, misalnya mengubah kalimat dalam kotak Click To Add Title atau Click to Add Subtitle, anda akan menjumpai kotak pemberitahuan yang menerangkan apakah anda betul akan menyimpan dokumen tersebut atau tidak.
Karena belum menyimpan File, lakukan klik pada pilihan No.
c. Klik tombol Close pada jendela tampilan Microsoft Powerpoint.

4. Mengenal Menu dan Ikon Perangkat Lunak Presentasi

Program aplikasi Microsoft PowerPoint 2003 memuat menu serta ikon. Setiap menu memiliki submenu. Submenu tertentu dapat diuraikan lagi menjadi beberapa subsubmenu.

Amati dan pahami menu serta ikon yang terdapat pada Microsoft Powerpoint 2003 dalam uraian berikut :

a. Menu perangkat Lunak Microsoft PowerPoint 2003

Menu dalam Microsoft Excel 2003 terdiri atas File, Edit, Vie, Insert, Format, Tools, Table, Window dan Help. Penggunaan menu serta submenu dapat Anda pelajari pada subbab lain dalam bab ini.

1. Menu File

Menu File memuat submenu yaitu : New, Open, Close, Save, Save As, Save As Web Page, File Search, Permission, Pack Age For CD, Web Page Preview, Page SetUp, Print Preview, Print, Send To, Properties, dan Exit.

Selain itu, menu file juga menampilkan file yang terakhir dibuka meggunakan Microsoft PowerPoint.

2. Menu Edit

Jika anda melakukan klik pada menu Edit, Anda akan memperoleh tampilan berisi menu File yang berupa : Can’t Undo, Can’t Repeat, Cut, Copy, Office Clipboard, Paste, Paste Special, Paste As Hyperlink, Clear, Select All, Duplicate, Delete Slide, Find, Replace, Go To Property, Links, dan Object.

3. Menu View

Menu View memuat sejumlah submenu, yaitu : Normal, Slide Sorter, Slide Show, Notes Page, Master, Color/Grayscale, Task Pane, Toolbars, Ruler, Grid and Guides, Header and Footer, MarkUp, dan zoom.

4. Menu Insert

Setelah anda melakukan klik pada menu Insert, anda akan memperoleh tampilan berikut.
Isi menu Insert, yaitu : New Slide, Duplicate Slide, Slide Number, Date and time, Symbol, Comment, Slide From Files, Slides From Outline, Picture, Diagram, Text Box, Movies and Sounds, Chart, Table, serta Hiperlink.

5. Menu Format

Menu format memuat submenu-submenu yaitu : Font, Bullets and numbering, Alignment, Line Spacing, Change Case, Replace Fonts, Slide Design, Slide Layout, Background, serta Object.

6. Menu Tools

Apa saja submenu yang termuat dalam menu Tools? Simak jawabannya pada uraian berikut :
Submenu dalam menu Tools yaitu : Spelling, Research, Thesaurus, Language, Share Workspace, Compare and Mere Presentations, Online Collaboration, Macro, Add-Ins, Auto Correct Options, Customize, dan Options.

7. Menu Slide Shows

Menu Slide Shows hanya terdapat dalam Microsoft PowerPoint. Menu ini khusus memuat sarana-sarana untuk melakukan Presentasi.

Submenu dan menu Slide Shows yaitu : View Show, Set Up Show, Rehearse Timings, Record Narration, Action Buttons, Action Settings, Animation Schemes, Custom Animation, Slide Transition, Hide Slide, dan Custom Shows.

8. Menu Window

Menu Window berisi submenu New Window, Arrange All, Cascade, dan next Pane. Selain itu, menu Window juga memuat nama dokumen presentasi yang terakhir dibuka.

9. Menu Help

Seperti halnya dalam Microsoft Word dan Microsoft Excel, Menu Help bermanfaat sebagai pusat informasi seputar penggunaan Microsoft Power Point. Dalam menu Help terdapat submenu yaitu : Microsoft Office PowerPoint Help, Show The Office Assistant, Microsoft Office Online, Contact Us, Check Fot Update, Detect and Repair, Activate Product, Customer Feedback Options, serta About Microsoft Office Powerpoint.

b. Ikon Perangkat Lunak Microsoft PowerPoint 2003

Ikon dalam Microsoft PowerPoint 2003 dapat anda gunakan sebagai alat memerintah komputer melakukan suatu pekerjaan. Microsoft PowerPoint menyediakan ikon yang terletak di sebalh atas, bawah, serta samping wilayah kerja.

Demikianlah Cara Membuka Perangkat Lunak Presentasi. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Cara Membuka Perangkat Lunak Presentasi"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA