Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

13 Fakta Menarik Tentang Pangeran Antasari Salah Satu Pahlawan Nasional

Fakta Menarik Tentang Pangeran Antasari Salah Satu Pahlawan Nasional – Hai sahabat Segala Fakta, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Fakta Menarik Pangeran Antasari Salah satu pahlawan nasional. Yuk, langsung dibahas :

13 Fakta Menarik Tentang Pangeran Antasari Salah Satu Pahlawan Nasional


Dilansir dari Biografipedia.com berikut ini fakta menarik tentang Pangeran Antasari :

Fakta 1 : Pangeran Antasari adalah pahlawan nasional yang berjuang melawan Penjajahan Belanda di Indonesia, khususnya daerah banjar, Kalimantan selatan.

Fakta 2 : Semasa Muda Pangeran Antasari mempunyai nama Gusti Inu Kartapati.

Fakta 3 : Ayahnya Pangeran Antasari bernama pangeran Masohut (mas’ud) yang merupakan anak dari sultan Muhammad Aliuddin Aminullah yang gagal naik tahta pada tahun 1785.

Fakta 4 : Pangeran Antasari berhasil mengerahkan tenaga rakyat dan mengobarkan semangat rakyat yang membuat Belanda menghadapi kesulitan.

Fakta 5 : Pangeran Antasari pernah menulis surat untuk letnan colonel Gustave Verspijk di Banjarmasin pada tanggal 20 Juli 1861 dengan isi : “ … dengan tefas kami terangkan kepada tuan: Kami tidak setuju terhadap usul minta ampun dan kami berjuang terus menuntut hak pusaka (kemerdekaan) …”

Fakta 6 : Pada 14 Maret 1862, Pangeran Antasari diangkat menjadi pimpinan pemerintahan tertinggi di kesultanan banjar (Sultan Banjar) dengan gelar Panembahan Amiruddin khalifatul mukminin dihadapan para kepala suku dayak dan adipati penguasa wilayah dusun atas, Kapuas, dan ayahan, yaitu Tumenggung surapati/Tumenggung yang pati jaya raja.

Fakta 7 : Pangeran Antasari menjadi pemimpin banyak suku.

Fakta 8 : Pada tahun 13 Ramadan 1278 Hijrah, Pangeran Antasari berseru : “Hidup untuk Allah dan Mati untuk Allah.”

Fakta 9 : Seluruh rakyat banjar mengangkat Pangeran Antasari menjadi “Panembahan Amiruddin khalifatul mukminini.” Yang artinya : pemimpin pemerintahan panglima perang dan pemuka agama tertinggi.

Fakta 10 : Bagi Pangeran Antasari pantang untuk berdamai dengan Belanda, apalagi menyerah.

Fakta 11 : Pada tanggal 27 Maret 1968, Pangeran Antasari dianugerahi gelar sebagai pahlawan nasional dan kemerdekaan oleh Pemerintah RI berdasarkan SK No.06/TK/1969 di Jakarta.

Fakta 12 : Nama Antasari diabadikan pada korem 101/antasari dan julukan untuk Kalimantan selatan yaitu bumi Antasari.

Fakta 13 : Nama dan gambar Pangeran Antasari diabadikan oleh Bank Indonesia pada uang kertas nominal 2.000.

Demikianlah Fakta Menarik Tentang Pangeran Antasari Salah Satu Pahlawan Nasional. Nantikan terus fakta-fakta keren lainnya hanya di blog Segala Fakta.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "13 Fakta Menarik Tentang Pangeran Antasari Salah Satu Pahlawan Nasional "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA