loading...

17 Fakta Menarik Tentang Mohammad Yamin Salah Satu Tokoh Pergerakan Kemerdekaan Indonesia

17 Fakta Menarik Tentang Mohammad Yamin Salah Satu Tokoh Pergerakan Kemerdekaan Indonesia – Hai sahabat Segala Fakta, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang salah satu tokoh pergerakan kemerdekaan indonesia yaitu Mohammad Yamin. Yuk, langsung dibahas:

17 Fakta Menarik Tentang Mohammad Yamin Salah Satu Tokoh Pergerakan Kemerdekaan Indonesia
17 Fakta Menarik Tentang Mohammad Yamin Salah Satu Tokoh Pergerakan Kemerdekaan Indonesia 


Dilansir dari Biografipedia.com Berikut ini fakta menarik tentang Mohammad Yamin:

Fakta 1 : Muhammad Yamin merupakan salah satu Tokoh yang ikut terlibat dalam pengeluaran gagasan mengenai dasar Negara bersama dengan Ir. Soekarno dan Dr.Soepomo.

Fakta 2 : Prof. Mr. Mohammad Yamin adalah seorang ahli dalam bidang hukum, budayawan, politikus, sastrawan dan sejarahwan.

Fakta 3 : Prof. Mr. Mohammad Yamin dikenal sebagai salah satu pelopor Sumpah Pemuda sekaligus ‘Pencipta imaji Keindonesiaan.’ Yang mempunyai pengaruh terhadap kesatuan indonesia.

Fakta 4 : Ayah dari Prof. Mr. Mohammad Yamin mempunyai 16 anak orang anak dari 5 istri. Hebatnya, hampir seluruh anak-anaknya menjadi tokoh yang hebat serta berpengaruh dalam perkembangan indonesia.

Fakta 5 : Prof. Mr. Mohammad Yamin mengenyam pendidikan dasar di HIS (Hollandsch-Inlandsche  School) di Palembang kemudia lanjut ke AMS (Algeemene Middelbare School) di Yogyakarta.

Fakta 6 : Prof. Mr. Mohammad Yamin berhasil mendapat gelar sarjana hukum pada tahun 1932.

Fakta 7 : Prof. Mr. Mohammad Yamin memulai karir sebagai seorang penulis pada tahun 1920-an.

Fakta 8 : Karya pertama yang Prof. Mr. Mohammad Yamin tulis menggunakan bahasa melayu dalam jurnal Jong Sumatera.

Fakta 9 : Tahun 1922, Prof. Mr. Mohammad Yamin muncul pertama kali sebgai penyair dengan judul puisi : Tanah air. Tanah air yang dimaksud dalam  puisi ini adalah minangkabau, sumatera selatan.

Fakta 10 : Selain menulis, Prof. Mr. Mohammad Yamin juga menjadi penerjemah karya-karya penulis luar negeri, seperti William ShakesPeare.

Fakta 11 : Pada sidang BPUPKI Prof. Mr. Mohammad Yamin banyak memainkan peran. Beliau berpendapat agar HAM dimasukkan ke dalam Konstitusi Negara.

Fakta 12 : Prof. Mr. Mohammad Yamin sudah mendapat beberapa jabatan penting dalam pembangunan indonesia, seperti diantaranya : anggota DPR, Menteri kehakiman, dsb.

Fakta 13 : Istri dari Prof. Mr. Mohammad Yamin yang bernama Siti Sundari merupakan seorang putri bangsawan dari kadilangu, demak, jawa tengah.

Fakta 14 : Prof. Mr. Mohammad Yamin Mendapat gelar penghargaan Pahlawan nasional pada tahun 1973.

Fakta 15 : Prof. Mr. Mohammad Yamin mendapat gelar Bintang Mahaputra RI, tanda penghargaan tertinggi dari presiden RI atas jasa-jasanya terhadap nusa dan bangsa.

Fakta 16 : Prof. Mr. Mohammad Yamin mendapat tanda penghargaan dari Corps Polisi Militer sebagai pencipta Lambang Gajah Mada dan Panca Darma Corps.

Fakta 17 : Prof. Mr. Mohammad Yamin mendapat tanda penghargaan Panglima Kostrad atas jasanya menciptakan Pataka Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat.

Demikianlah 17 Fakta Menarik Tentang Mohammad Yamin Salah Satu Tokoh Pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Nantikan terus fakta-fakta keren lainnya hanya di Blog Segala fakta.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "17 Fakta Menarik Tentang Mohammad Yamin Salah Satu Tokoh Pergerakan Kemerdekaan Indonesia "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA

KOMENTAR TERBARU

loading...