Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

18 Fakta Menarik Tentang W.R Supratman Salah Satu Pahlawan Indonesia

18 Fakta Menarik Tentang W.R Supratman Salah Satu Pahlawan Indonesia – Hai sahabat Segala Fakta, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Fakta Menari W.R Supratman. Yuk, langsung dibahas.

18 Fakta Menarik Tentang W.R Supratman Salah Satu Pahlawan Indonesia
18 Fakta Menarik Tentang W.R Supratman Salah Satu Pahlawan Indonesia


Dilansir dari Biografipedia.com berikut ini fakta-fakta menarik tentang W.R Supratman.

Fakta 1 : W.R Supratman merupakan salah satu aset berharga dalam sumber daya manusia di Indonesia.

Fakta 2 : W.R Supratman dikenal sebagai pahlawan indonesia dan lagu karangannya dijadikan sebgai salah satu lagu nasional bagi Indonesia.

Fakta 3 : Ayah dari W.R Supratman merupakan seorang tentara KNIL belanda.

Fakta 4 : W.R Supratman belajar bahasa Belanda di sekolah malam selama tiga tahun dan kemudian melanjutkannya di NormaalSchool sampai selesai di Makassar.

Fakta 5 : Saat umur 20 tahun, W.R Supratman dijadikan guru di sekolah angka 2.

Fakta 6 : Pada beberapa waktu, W.R Supratman bekerja di perusahaan dagang.

Fakta 7 : Dari Makassar W.R Supratman pindah ke bandung dan bekerja sebagai wartawan.

Fakta 8 : W.R Supratman Menulis sebuah buku yang berjudul Perawan Desa disebabkan oleh perasaan tidak senang terhadap penjajahan Belanda ke Indonesia.

Fakta 9 : Sayangnya, buku Perawan Desa yang ditulis W.R Supratman disita dan dilarang untuk diedarkan oleh Pemerintah Belanda.

Fakta 10: W.R Supratman senang akan sandiwara dan musik. Salah satu alat music yang beliau sukai adalah Biola.

Fakta 11 : Lagu kebangsaan Indonesia Raya yang ditulis oleh W.R Supratman tercipta karena adanya tantangan dalam majalah timbul ke para ahli Musik Indonesia untuk membuat sebuah lagu kebangsaan.

Fakta 12 : Lagu Kebangsan Indonesia Raya, lahir saat W.R Supratman berusia 21 tahun, pada tahun 1924 (saat ia berada di bandung).

Fakta 13 : Oktober 1928, W.R Supratman mendengarkan langsung lagu ciptaannya yang berjudul Indonesia Raya yang dinyanyikan saat penutupan kongres Pemuda II di Jakarta. Lagu ciptaanya dinyanyikan secara langsung instrumental di depan umum.

Fakta 14 : W.R Supratman selalu diburu oleh pemerintah Hindia Belanda akibat lagu ciptaan Indonesia Raya, sampai beliau jatuh sakit di Surabaya.

Fakta 15 : Lagu terakhir W.R Supratman adalah berjudul Matahari terbit (Agustus 1938) beliau ditangkap ketika menyiarkan lagu tersebut bersama Pandu-pandu di NIROM jalan Embong Malang, Surabaya. Mereka ditahan di penjara kalisosok, Surabaya.

Fakta 16 : W.R Supratman adalah pengarang lagu kebangsaan nasional yaitu Indonesia raya dan Ibu Kita Kartini.

Fakta 17 : Hari kelahiran W.R Supratman yaitu 19 Maret Ditetapkan sebagai hari Musik Nasional oleh Megawati Soekarno Putri.

Fakta 18 : Namun tanggal kelahiran W.R Supratman masih diperdebatkan, ada yang mengatakan 19 Maret dan ada juga yang mengatakn 29 Maret.

Demikianlah 18 Fakta Menarik Tentang W.R Supratman Salah Satu Pahlawan Indonesia. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "18 Fakta Menarik Tentang W.R Supratman Salah Satu Pahlawan Indonesia"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA