loading...

71 Fakta Menarik Tentang Jantung Manusia, Organ Tubuh Yang Tidak Pernah Henti Bekerja

71 Fakta Menarik Tentang Jantung Manusia, Organ Tubuh Yang Tidak Pernah Henti Bekerja - Jantung manusia adalah organ yang berotot; Organ ini memompa darah melalui pembuluh darah. Besarnya adalah seukuran kepalan tangan (panjang sekitar 13 sentimeter dan lebar 9 cm) dan terletak di kompartemen tengah dada, di belakang dan sedikit di sebelah kiri tulang dada Anda. Dengan fakta tentang jantung ini, mari kita temukan lebih banyak tentang anatomi, kerja, hubungan dengan bagian tubuh lainnya dan lebih banyak lagi ...

Foto : http://www.obatjantungstroke.com


Fakta 1. Ada empat ruang (masing-masing ruangan menampung sekitar 70 ml darah) di hati manusia. Volume total jantung kira-kira 4 kali lipat nilainya, atau 280 ml. Ada atrium kanan atas dan kiri dan ada ventrikel kanan dan kiri bawah. Masing-masing ruang ini memiliki katup satu arah yang diposisikan pada pintu keluarnya. Katup ini mencegah darah mengalir ke belakang.

Fakta 2. Jantung dapat dibagi menjadi dua bagian; kiri dan kanan jantung. Jantung kanan meliputi atrium kanan dan ventrikel kanan sedangkan jantung kiri meliputi atrium kiri dan ventrikel kiri.

Fakta 3. Darah di dalam jantung mengalir hanya dalam satu arah. Keempat katup (trikuspid, pulmonal, mitral dan aorta) di jantung membantu aliran darah tetap terkendali. Darah masuk ke jantung melalui atrium kanan dan kemudian bergerak ke ventrikel kanan dimana dipompa ke paru-paru. Dan setelah memungut oksigen dari paru-paru, ia bergerak ke atrium kiri dan kemudian meninggalkannya untuk ventrikel kiri di mana akhirnya dipasok ke tubuh. Pompa jantung keluar sekitar 70 ml darah dengan masing-masing denyut. [Catatan: tubuh orang dewasa rata-rata dengan berat 150 sampai 180 pon akan mengandung sekitar 4,7 sampai 5,5 liter (1,2 sampai 1,5 galon) darah.]

Fakta 4. Ada tiga lapisan dinding jantung: Epicardium (lapisan terluar), miokardium (lapisan tengah berotot) dan endokardium (lapisan dalam). Fungsi Epicardium adalah melindungi lapisan dalam dan untuk membantu produksi cairan perikardial.

Fakta 5. Kedua sisi jantung manusia dipisahkan oleh septum, yang pada dasarnya adalah dinding otot di jantung (lihat anatomi jantung di atas.)

Fakta 6. Atrias lebih kecil dari ventrikel, dan dindingnya lebih tipis. Tugas ventrikel adalah memompa darah. Ventrikel kanan memompa darah ke paru-paru sementara ventrikel kiri memompa darah ke seluruh bagian tubuh lainnya. Perhatikan bahwa dinding ventrikel kiri lebih kuat dari dinding ventrikel kanan. Ini juga merupakan fakta bahwa ventrikel kiri adalah yang terkuat dari keempat bilik jantung.

Fakta 7. Vena kava superior membawa darah dari bagian tubuh bagian atas seperti kepala, leher dan tungkai atas ke jantung sedangkan vena cava inferior membawa darah dari bagian tubuh lainnya ke jantung.

Fakta 8. Rongga perikardial adalah tempat jantung berada. Ini adalah rongga berisi cairan dengan dinding dan lapisan yang terbuat dari membran khusus yang dikenal sebagai perikardium. Tujuan fluida adalah untuk melumasi jantung dan mencegah gesekan antara itu dan sekitarnya.

Fakta 9. Berat badan jantung dari 0,5 persen dari total berat tubuh.

Fakta 10. Tahukah Anda bahwa setiap detak jantung memenuhi keempat bilik jantung dengan putaran darah yang segar?



Fakta 11. Jantung terletak di pusat sistem penyampaian darah. Ini adalah bagian penting dari keseluruhan sistem, yang bila disfungsional bisa mengakibatkan kematian. Jantung memompa darah kaya oksigen dan nutrisi (darah tersusun dari sel dan plasma) ke organ, jaringan, dan sel tubuh Anda. Darah juga berfungsi penting untuk menghilangkan karbondioksida dan produk limbah yang dibuat oleh sel tersebut.

Fakta 12. Jantung juga memiliki banyak sel pacu jantung yang menentukan aliran darah. Setiap sel pacu jantung bisa menjadi "pemimpin band" dan sel-sel lainnya akan mengikuti sel itu. Namun, ketika banyak sel ini menjadi bandleader, mereka jatuh dari ritme dan detak jantung menjadi tidak teratur, yang biasanya menjadi perhatian orang tersebut.

Fakta 13. Jantung terbuat dari otot jantung yang bekerja tanpa disengaja. Jantung berdenyut secara otomatis sebagai respons terhadap sinyal saraf dari otak.

Fakta 14. Vena kava superior dan vena cava inferior adalah dua pembuluh darah terbesar yang membawa darah ke jantung.

Fakta 15. Jantung menerima darah yang rendah oksigen dan kemudian darah melewati paru-paru di mana ia beroksigen. Darah kaya oksigen ini kembali memasuki jantung dan kemudian dikirim ke tubuh.

Fakta 16. Detak jantung istirahat pada orang dewasa adalah antara 70 - 72 denyut per menit. Periksa data denyut jantung menurut usia seseorang: Bayi baru lahir: 130 bpm; 3 bulan: 140 bpm; 6 bulan: 130 bpm; 1 tahun: 120 bpm; 2 tahun: 115 bpm; 3 tahun: 100 bpm; 4 tahun: 100 bpm; 6 tahun: 100 bpm; 8 tahun: 90 bpm; 12 tahun: 85 bpm; dewasa: 60 - 100 bpm.

Fakta 17. Jantung ditempatkan di antara paru-paru. Dengan demikian, paru-paru kiri biasanya lebih kecil dari paru kanan untuk menampung jantung.

Fakta 18. Tahukah Anda bahwa denyut jantung istirahat yang lebih rendah menunjukkan tingkat kebugaran kardiovaskular yang tinggi? Sisa detak jantung atlet bisa serendah 40 denyut per menit.

Fakta 19. Stres dan kecemasan adalah penyebab paling umum untuk denyut jantung yang cepat (juga dikenal sebagai denyut nadi).

Fakta 20. Atlet yang terlatih memiliki jantung yang lebih besar karena harus memompa lebih banyak darah.


Foto : http://caraampuhmenyembuhkanpenyakitkronis.blogspot.co.id/


Fakta 21. Tahukah Anda bahwa jantung adalah organ fungsional pertama yang berkembang dan mulai mengalahkan dan memompa sekitar 3 minggu ke dalam embriogenesis?

Fakta 22. Jantung menerima sinyal saraf dari saraf vagus dan dari saraf yang timbul dari batang simpatik.

Fakta 23. Fungsi saraf vagus (juga disebut saraf kranial X atau saraf kranial ke-10, saraf kranial terpanjang dan paling kompleks) adalah untuk menurunkan denyut jantung sedangkan pada batang simpatis adalah meningkatkan denyut jantung. Saraf Vagus adalah saraf terpanjang dari sistem saraf otonom dalam tubuh manusia.

Fakta 24. Tahukah Anda bahwa kontraksi kuat ventrikel kiri kita menciptakan tekanan darah kita? Tekanan darah di jantung adalah yang terbesar di ventrikel kiri. Karena ini adalah tempat di mana darah meninggalkan jantung dan untuk itu mengalir ke seluruh sistem, ia harus memiliki tekanan tinggi.

Fakta 25. Kita sejauh ini telah mengetahui bahwa fungsi jantung adalah menjaga sel-sel di dalam tubuh berenergi dengan memasok mereka dengan darah beroksigen. Tapi apakah Anda bertanya-tanya dari mana jantung memberi daya untuk fungsinya sendiri? Jantung menerima kekuatannya melalui arteri koroner yang mengalir di sepanjang permukaannya dan menyuplainya dengan darah kaya oksigen. Dengan demikian, ia tetap berfungsi dan terus memompa darah untuk bagian tubuh lainnya.  jantung menggunakan 4-5% output darahnya melalui arteri koroner untuk fungsinya sendiri.

Fakta 26. Penyumbatan di arteri koroner menyebabkan serangan jantung.

Fakta 27. Pembuluh darah meliputi arteri, vena, dan kapiler. Fungsi arteri adalah mengeluarkan darah dari jantung sementara pembuluh darah adalah membawa darah kembali ke jantung.

Fakta 28. Jika Anda pernah mendengar suara jantung yang berfungsi, Anda pasti pernah mendengar "lub-dub". Ini adalah suara khas dari jantung yang berfungsi dengan baik. Suara itu sebenarnya diproduksi karena mematikan katup pada darah. Fungsi katup adalah untuk mencegah aliran balik darah.

Fakta 29. Ketika kita berlari, tubuh kita membutuhkan lebih banyak oksigen untuk disuplai ke sel untuk aktivitas fisik yang berlebihan. Dalam skenario ini, jantung kita berdetak lebih cepat dan menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan untuk aktivitas ini.

Fakta 30. Jantung Anda adalah pompa berotot. Olahraga teratur bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda.



Fakta 31. Riset telah membuktikan, mereka yang memiliki gaya hidup sehat - seperti olahraga, mengonsumsi makanan bergizi, tidak merokok dan mengonsumsi alkohol -  67 persen lebih rendah untuk terhindari dari penyakit jantung.

32. Rasio denyut jantung normal disebut "Sinus Rhythm". Hal ini diciptakan oleh Sinoatrial Node. Dengan bantuan serat khusus, impuls listrik dilakukan dari nodus Sinoatrial ke bagian jantung lainnya.

33. Para periset menemukan fakta, orang yang paling bahagia dan paling optimistis hanya memiliki sepertiga risiko penyakit jantung daripada peserta lainnya.

34. Jantung kita tidak beristirahat sama sekali. Bahkan saat Anda tidur, masih berfungsi. Tidak ada hari libur dari pekerjaannya.

Fakta 35. Menariknya, Jantung memainkan peran penting dalam proses mental, emosional dan fisik kita.

Fakta 36. Para ilmuwan di Vancouver, British Columbia, menemukan fakta, peningkatan polusi lalu lintas dan kebisingan mengakibatkan peningkatan jumlah kematian karena penyakit jantung, sebanyak enam persen selama hampir sepuluh tahun.

Fakta 37. Perhatikan bahwa denyut jantung saat tidur berkurang.

Fakta 38. Sayangnya, penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. Kardiologi adalah studi tentang jantung manusia dan berbagai penyakitnya.

Fakta 39. Jantung melewati banyak tahap perkembangan. Pada janin, ini pertama-tama mirip dengan jantung ikan, dan kemudian menjadi serupa dengan katak dengan dua bilik, dan pada tahap selanjutnya, ternyata seperti ular atau penyu yang memiliki tiga bilik. Dan akhirnya dibutuhkan bentuk jantung manusia dengan empat bilik.

Fakta 40. Tahukah Anda bahwa stetoskop khusus yang disebut fetoskop digunakan oleh dokter untuk mendengarkan detak jantung janin? Kehadiran detak jantung janin menegaskan kehamilan. Janin memiliki denyut jantung jauh lebih cepat daripada ibu. Selain itu, tidak mudah membedakan antara detak jantung ibu dan janin.


Foto : hellosehat.com


Fakta 41. Latihan aerobik seperti berjalan, berenang, dan bersepeda bagus untuk kesehatan jantung. Karena jantung adalah hal yang berotot, berolahraga secara alami membuatnya lebih kuat dan lebih sehat. Perhatikan bahwa orang yang tidak berolahraga hampir dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung sebagai orang yang aktif.

Fakta 42. Tahukah Anda bahwa secara umum, tingkat detak jantung bervariasi berbanding terbalik dengan ukuran hewan? Pelajari bahwa denyut jantung seekor gajah (hewan darat terbesar dan hewan terpanjang serta massa tubuh rata-rata antara 2300 sampai 7000 kilogram) adalah 25 denyut per menit sedangkan seekor burung kenari (massa tubuh 20 gram, kira-kira) adalah 1000 denyut per menit Tingkat denyut jantung hewan lain adalah tikus - 420 bpm, kuda - 38 bpm, kelinci - 205 bpm, dan seekor anjing besar - 85 bpm. Tingkat denyut jantung beberapa burung adalah merpati - 185 bpm, hen - 312 bpm, kalkun - 193 bpm.

Fakta 43. Jantung menghasilkan medan elektromagnetik yang kuat. Ketika medan elektromagnetik jantung diukur pada elektrokardiogram (EKG), ditemukan bahwa amplitude itu sekitar 60 kali lebih besar daripada gelombang otak yang tercatat dalam electroencephalogram (EEC).

Fakta 44. Medan elektromagnetik jantung sangat kuat sehingga bisa diukur beberapa meter dari tubuh individu.

Fakta 45. Mereka yang melakukan meditasi mengalami penurunan risiko penyakit janutung, stroke, dan kematian, hingga 50 persen dalam serangan jantung.

Fakta 46. ​​Jantung manusia memompa darah melalui jaringan kapal sepanjang 60.000 mil (arteri, arteriol, kapiler, venula, dan vena).

Fakta 47. Tahukah Anda bahwa adalah mungkin untuk hidup tanpa jantung yang nyata? Ya, seorang penduduk berusia 25 tahun Ypsilanti, Michigan, tinggal 555 hari yang kekalahan sebelum dia mendapat jantung yang nyata dari donor karena transplantasi jantungnya. Sayangnya dua puluh dua orang Amerika meninggal menunggu transplantasi jantung setiap hari.

Fakta 48. Beberapa penelitian juga menghubungkan kebotakan dengan risiko penyakit jantung koroner yang jauh lebih besar.

Fakta 49. Menariknya, detak jantung manusia berubah dan meniru musik yang Anda dengarkan.

Fakta 50. Menariknya, s3ks itu baik untuk kesehatan jantung. Dan penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan kemungkinan serangan jantung hingga lima puluh persen.

Fakta 51. Tekanan darah di ventrikel kiri jantung sudah cukup untuk menyemprotkan darah sampai ketinggian 30 kaki di udara terbuka.

Fakta 52. Ada suplai darah ke setiap bagian tubuh manusia kecuali kornea. Juga, perhatikan bahwa jantung memasok darah ke hampir 75 triliun sel dalam tubuh manusia. Mengagumkan, bukan!

Fakta 53. Stetoskop ditemukan karena tidak pantas bagi dokter untuk meletakkan telinganya di dada pasien wanita untuk mendengar suara jantung.

Fakta 54. Tahukah Anda bahwa jantung wanita berdetak kira-kira 8 kali lebih banyak dalam satu menit dibandingkan dengan pria?

Fakta 55. Anehnya, kebanyakan serangan jantung terjadi pada hari Senin pagi. Hal ini bisa jadi karena stres berkaitan dengan pekerjaan kita atau yang serupa.

Fakta 56. Latihan telah ditemukan berguna untuk kesehatan jantung dan juga menurunkan tingkat istirahat.

Fakta 57. Penyakit kardiovaskular bertanggung jawab atas 30% kematian di seluruh dunia. Dan penyakit ini mempengaruhi wanita lebih banyak daripada pria. Penyakit arteri koroner dan stroke adalah penyakit yang paling umum. Ahli jantung adalah orang khusus yang mempelajari penyakit jantung.

Fakta 58. Peristiwa yang terjadi di jantung antara denyut berturut-turut merupakan siklus jantung.

Fakta 59. Tahukah Anda bahwa jantung manusia berdetak lebih dari 2 setengah miliar kali selama masa hidup rata-rata? Dan ini dilakukannya tanpa pernah berhenti sebentar. Keren, yah

Fakta 60. Menariknya, jantung juga tumbuh bersama dengan tubuh. Hati bayi sama dengan ukuran tinjunya sementara pria dewasa sebanding dengan ukuran tinju mereka.


Foto : islamidia.com


Fakta 61. Mereka yang tidak tertawa harus menganggapnya serius dan mengetahui bahwa tawa yang hangat itu baik untuk jantung. Saat Anda tertawa, ada peningkatan 20% aliran darah.

Fakta 62. Darah melewati jantung 1000 kali sehari dan memberi makanan dan oksigen ke berbagai bagian tubuh. Darah sebenarnya adalah tisu.

Fakta 63. Kesehatan jantung dapat ditingkatkan melalui olahraga. Karena saat kita berolahraga, jantung berdetak kencang dan mengantarkan oksigen ekstra ke seluruh tubuh.

Fakta 64. ntungaJ seorang wanita lebih kecil dari pada kemampuan pria. Biasanya beratnya 8-10 ounces sementara berat jantung pria berkisar antara 10-12 ounces.

Fakta 65. Jantung normal berdetak lebih dari 100.000 kali sehari. Perhitungan sederhana bisa mengungkap fakta ini. Misalkan, jantung biasa berdetak 70 kali per menit, maka akan mengalahkan 4200 kali satu jam dan 100.800 kali sehari. Jumlah ini berbeda dari orang ke orang.

Fkata 66. Darah bergerak melalui jantung melalui pembuluh darah saat ia bergerak menjauh dari jantung melalui arteri.

Fakta 67. Karena jantung memiliki sistem impuls listrik sendiri, ia bahkan bisa berdetak saat dikeluarkan dari tubuh.

Fakta 68. Transplantasi jantung manusia-ke-manusia pertama yang berhasil dilakukan pada tahun 1967 pada tanggal 3 Desember oleh Christiaan Barnard. Pasien, bagaimanapun, ia mampu hidup hanya selama 18 hari setelah transplantasi.

Fakta 69. Curah jantung adalah istilah yang digunakan untuk mengukur jumlah darah yang dipompa oleh masing-masing ventrikel dalam satu menit. Curah jantung rata-rata adalah 5,5 liter per menit.

Fakta 70. Operasi jantung terbuka pertama dilakukan oleh Dr. Daniel Hall Williams pada tahun 1893.

Fakta 71. Jantung janin manusia berdetak sekitar 50 juta kali sebelum melahirkan, mengingat beratnya rata-rata 140 denyut / menit, dan bayi dikirim setelah masa kerja penuh 39 minggu.

Demikianlah Fakta Tentang Jantung. Semoga dapat menambah wawasan anda. Baca juga artikel sebelumnya : Fakta Sehat : Bisa Memperbesar Mr P Dengan Minum Teh Basi? Mitos Atau Fakta Sih?

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

4 Responses to "71 Fakta Menarik Tentang Jantung Manusia, Organ Tubuh Yang Tidak Pernah Henti Bekerja"

  1. Jadi mengingatkan saya untuk rajin berolah raga nih.

    ReplyDelete
  2. wowww... saya baru tahu klu jantung si janin yg masih dlm kandungan ternyata denyutnya lebih kuat.

    Jantung memang orang yg sangat penting buat manusia, sepertinya kita harus menjaganya dng baik. Betul ?

    ReplyDelete
  3. Jantung.
    Kita harus menjaganya sebelum ia berhenti bergerak.

    ReplyDelete
  4. wah Jantung kaya akan fakta ya, sampai ada 71

    ReplyDelete

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA

KOMENTAR TERBARU

loading...