loading...
loading...
27 Fakta Kedelai Untuk Menambah Wawasan

27 Fakta Kedelai Untuk Menambah Wawasan

27 Fakta Kedelai Untuk Menambah Wawasan - Kedelai juga dikenal sebagai kacang kedelai atau Glycine max adalah spesies kacang-kacangan. Kedelai asli dari Asia Timur, namun sekarang banyak dibudidayakan dan dikonsumsi di seluruh dunia. Berikut Fakta-Fakta Kedelai untuk menambah wawasan :

27 Fakta Kedelai Untuk Menambah Wawasan
27 Fakta Kedelai Untuk Menambah Wawasan

 
1. Kedelai adalah tanaman penting di Asia Timur jauh sebelum catatan tertulis dimulai.
 
2. Kedelai pertama kali diperkenalkan ke Amerika Utara dari China pada tahun 1765, oleh Samuel Bowen, seorang pelaut yang membawa nya dari China.
 
3. Negara-negara utama yang menanam kedelai adalah Amerika Serikat (32% dari total dunia pada tahun 2016), Brasil (31%) dan Argentina (18%).
 
4. Di A.S., kedelai tumbuh sebagian besar di Midwest. Negara penghasil teratas adalah Illinois, Iowa, Indiana, Minnesota, Nebraska, Missouri dan Ohio.
 
5. kondisi pertumbuhan rata-rata yang optimal Suhu 20 sampai 30 ° C (68 sampai 86 ° F).
 
6. Kedelai dikembangbiakkan dengan biji; Musim semi adalah waktu untuk menanam kedelai.
 
7. Sebagai tanaman tahunan, kedelai tumbuh dari biji, menghasilkan dan mati dalam satu musim tanam. Butuh 80-120 hari untuk bisa memanennya.
 
8. Ukuran kedelai tergantung varietasnya.
 
9. Tanaman kedelai dewasa lengkap umumnya antara 51 dan tingginya 127 cm (20 dan 50 inci)
 
10. Dalam 100 gram (3,5 ons) kedelai mentah memasok 446 kalori dan 9% air, 30% karbohidrat, 20% lemak total dan 36% protein (tabel).
 
11. Kedelai adalah satu dari sedikit tanaman yang menyediakan protein lengkap karena mengandung delapan asam amino Penting untuk kesehatan kita.
 
12. Ini mengandung 38% protein - 3x lebih banyak dari telur, dan 12x lebih banyak dari susu.
 
13. Kacang kedelai memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk memperbaiki metabolisme, membantu  menambah berat badan dengan cara yang sehat, melindungi kesehatan jantung, mempertahankan diri terhadap kanker, mengurangi efek menopause, memperbaiki kesehatan pencernaan, meningkatkan kesehatan tulang, melindungi dari kelahiran Cacat, meningkatkan Sirkulasi,  dan penurunan risiko diabetes.


14. Banyak manfaat kesehatan dari kedelai berasal dari kekayaan nutrisi, vitamin, senyawa organik, dan nutrisi lainnya, termasuk sejumlah besar serat makanan dan protein dalam jumlah sangat besar. Dari segi vitamin, kedelai mengandung vitamin B6 dan B12, vitamin K, vitamin C, riboflavin, folat dan thiamin. Sedangkan untuk mineral, kedelai mengandung sejumlah zat besi, mangan, fosfor, tembaga, potasium, magnesium, zinc, selenium, dan kalsium. Ini juga merupakan sumber senyawa organik dan antioksidan yang baik, yang selanjutnya meningkatkan dampak kedelai yang sehat.
 
15. Kedelai sebenarnya memiliki ratusan kegunaan dari produk industri seperti oli mesin atau kosmetik dan pakan ternak.
 
16. Produk makanan kedelai yang umum termasuk kecap, susu kedelai, tahu, tepung kedelai, tempe, bertekstur Protein nabati (TVP), lesitin kedelai dan minyak kedelai.
 
17. Sekitar 85% tanaman kedelai dunia diolah menjadi minyak kedelai dan bungkil kedelai, sisanya diproses dengan cara lain atau dimakan utuh.
 
18. Minyak kedelai adalah minyak nabati kedua yang paling penting (setelah minyak kelapa sawit).
 
19. Kira-kira 97% produksi bungkil kedelai secara global digunakan sebagai pakan ternak. Saat ini merupakan sumber protein pakan terbesar di dunia.
 
20. Kacang kedelai bisa diolah untuk menghasilkan tekstur dan penampilan yang mirip dengan makanan lainnya. Misalnya, kedelai adalah bahan utama pada banyak pengganti produk susu (misalnya, susu kedelai, margarin, es krim kedelai, yogurt kedelai, keju kedelai, dan keju krim kedelai) dan alternatif daging (misalnya burger veggie).
 
21. Kedelai juga digunakan untuk membuat produk yang disebut mentega kacang kedelai yang teksturnya mirip dengan kacang mentega.
 
22. Dipercaya bahwa lebih dari 2.000 tahun yang lalu, seorang juru masak Cina menemukan tahu dengan mengencerkan susu kedelai dengan menggunakan rumput laut nigari.
 
23. Kedelai sangat mirip dengan anggur. Semakin lama umurnya, semakin menarik dan kompleks rasanya.
 
24. Minyak kedelai merupakan sumber utama biodiesel di Amerika Serikat, terhitung 80% dari domestik
Produksi biodiesel
 
25. Kedelai adalah salah satu tanaman "makanan biotek" yang telah dimodifikasi secara genetik, dan kedelai hasil rekayasa genetika digunakan dalam peningkatan jumlah produk.
 
26. Kelompok lingkungan hidup, seperti Greenpeace dan WWF, telah melaporkan budidaya kedelai dan
Kemungkinan peningkatan budidaya kedelai di Brasil telah menghancurkan area hutan hujan Amazon yang luas, dan mendorong deforestasi lebih lanjut.
 
27. April adalah Bulan Soyfoods Nasional. Ini adalah pengingat untuk memasukkan makanan kedelai sebagai bagian dari diet seimbang.

Read More
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia - Anda beberapa saat lagi belajar tentang binatang paling berbahaya di dunia. Terkadang membedakan antara kelucuan berbulu dan kehancuran murni bukanlah tugas yang mudah. Sebenarnya, banyak binatang yang menjadi makhluk paling lucu juga merupakan pembunuh yang paling produktif. Anda pikir ikan kecil yang lucu itu menggemaskan? Mungkin anda akan terkejut jika ikan tersebut termasuk hewan yang paling berbahaya. Berikut 25 Hewan paling berbahaya di dunia :

Baca Juga artikel sebelumnya : 20 Fakta Menarik Tentang Perang Dunia 1

25. Deathstalker

 
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia :: Sumber Foto : w.yukepo.com

Kalajengking yang sangat berbisa ini yang berada terutama di Afrika Utara dan Timur Tengah bertanggung jawab atas lebih dari 75% kematian terkait kalajengking setiap tahun. Meskipun orang dewasa yang sehat biasanya hanya merasakan sakit yang tak tertahankan, anak-anak yang tersengat makhluk berbahaya ini menderita demam, koma, kejang, dan kelumpuhan sebelum paru-paru mereka terisi dan mereka tenggelam dalam cairan mereka sendiri.

24. Lebah madu Pembunuh

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia.. Sumber Foto : bbc.com


Sebuah eksperimen salah, pada tahun 1957 seorang penjaga lebah asal Brasil yang mencoba untuk mengkawin silangkan lebah madu Eropa dan Afrika secara tidak sengaja membiarkan beberapa "hewan peliharaannya" lolos. Jauh lebih agresif daripada rekan-rekan Eropa mereka, "lebah pembunuh" genetika ini telah menyebar di seluruh Amerika. Mereka ditakuti di beberapa daerah karena kecenderungan mereka untuk berkerumun tanpa henti dan secara agresif mengejar korban mereka sejauh bermil-mil.


23. Badak

 
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia... Sumber Foto : Bbc.com

Kematian terkait badak bukanlah kejadian yang jarang terjadi di banyak belahan dunia. Memiliki penglihatan yang mengerikan, mudah untuk mengejutkan dan begitu mereka memilikimu dalam pandangan mereka, akan sulit untuk kabur dari mereka (kecuali jika Anda dapat berlari lebih cepat dari 40 mph).

22 . Bekicot Kerucut

 
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia

Satu tetes racun dari Bekicot kecil ini sudah cukup untuk mengakhiri 20 nyawa manusia. Terkadang bahasa sehari-hari dikenal sebagai "bekicot rokok", telah dikatakan bahwa ketika Anda disengat oleh makhluk ini, Anda akan memiliki cukup waktu untuk merokok sebelum Anda berhenti bernapas.


21. Stonefish

 
25 Hewan Paling Berbahaya di
25 Hewan Paling Berbahaya di

Berbaring disamarkan di dasar laut, penghancur kecil yang jelek ini dengan tenang menunggu ikan lain berenang sebelum membuka rahangnya dengan kecepatan kilat dan memakan mangsanya ... semuanya dalam waktu kurang dari 0,015 detik. Juga dikenal sebagai "ikan yang paling berbisa di dunia", menginjak durinya akan membuat Anda kehilangan kaki dan yang paling buruk adalah hidup Anda.

20. Hiu putih Raksasa

 
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia

Predator legendaris ini memiliki waktu yang mengerikan membedakan antara yang dapat dimakan dan yang tidak dapat dimakan. Ada metode yang dipilih? Contoh. Contoh: pelampung, kapal, papan selancar, manusia, apapun yang mengapung. Bertentangan dengan kepercayaan populer, mereka sebenarnya bukan pemakan manusia. Manusia terlalu kurus, dan setelah gigitan awal, mereka biasanya membuat Anda kehabisan darah di air.


19. Mamba hitam

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia


Salah satu makhluk yang paling ditakuti di dunia, beberapa ahli bahkan menyebutnya "berjam-jam menjelma." Di Afrika, ini adalah sumber banyak mitos dan legenda dan dikenal luas karena sangat agresif, sangat cepat, dan menyerang tanpa provokasi.

18. Kerbau Afrika

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia


Setelah tidak pernah berhasil dijinakkan, makhluk yang sangat tidak terduga dan berbahaya ini tidak bermain baik dengan manusia. Di seluruh Afrika dikenal sebagai "janda" atau "kematian hitam" dan bertanggung jawab atas lebih banyak korban jiwa setiap tahun daripada hewan besar lainnya di benua ini.


17. Katak Beracun

 
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia

Hewan 2 inci berwarna ini, mempunyai cukup racun untuk membunuh sekitar 20.000 tikus. Ini berarti bahwa dengan sekitar 2 mikrogram, atau jumlah yang sesuai dengan kepala pinhead, Anda bisa berhasil menghentikan jantung hewan besar. Dan untuk memperburuk keadaan, racun itu sebenarnya terletak di permukaan kulit. Anda benar-benar tidak disarankan untuk menyentuh hewan ini.

16. Beruang kutub

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia :: Sumber Foto : http://www.nathab.com


Tidak seperti kebanyakan hewan lain dalam daftar ini, karnivora terbesar di dunia tidak takut pada Anda. Ia tidak memiliki predator alami dan akan makan apapun yang bahkan sedikit besar, termasuk beruang kutub lainnya. Meski pada umumnya tidak membunuh manusia, mungkin karena tidak banyak yang bisa mereka bunuh.


15. Ubur-Ubur Kotak

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia


Membunuh lebih banyak orang setiap tahun dari pada ikan hiu, buaya, dan batu karang, kotak kematian ini telah diberi label sebagai "hewan paling berbisa di dunia." Racunnya sangat manjur, sehingga dalam beberapa kasus pengobatan hanya terdiri dari CPR menit terakhir.

14. Singa Afrika

 
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia

Sementara manusia pada umumnya tidak berada dalam daftar buruan mereka, beberapa singa telah dikenal untuk secara aktif mencari mangsa manusia. Salah satu kasus terkenal adalah pemakan pria Tsavo pada tahun 1898 yang menganiaya dan membunuh 28 pekerja kereta api di Kenya selama periode 9 bulan.

13. Boomslang

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia


Meski mereka relatif pemalu dan umumnya tidak menyerang manusia, saat mereka melakukannya, keadaan bisa berantakan. Racun Boomslang adalah hemotoxin yang bisa mematikan penggumpalan darah. Dengan kata lain, korbannya perlahan-lahan mati saat mereka berdarah dari setiap pori-pori di tubuh mereka.


12. Ikan buntal

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia


Dianggap sebagai salah satu vertebrata paling beracun di dunia, Racun ikan ini akan melumpuhkan diafragma Anda dan menghentikan pernapasan Anda jika Anda gagal memasaknya dengan benar.


11. Hyena

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia


Sementara predator ini mungkin mewaspadai interaksi manusia di siang hari, setelah matahari terbenam, pergeseran paradigma. Meskipun hyena telah dikenal untuk memburu manusia sepanjang sejarah, perilaku tersebut cenderung meningkat selama masa perang dan wabah penyakit karena kedekatan mereka yang kuat dengan mayat manusia.

10. Komodo

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia


Samahalnya dengan beruang, Komodo tidak pilah-pilih makanan. Mereka akan memakan apapun dari burung ke kerbau ke manusia dan mereka bahkan telah diketahui menggali mayat dari kuburan dangkal. Mereka adalah pemburu yang luar biasa dan akan menunggu diam-diam sampai mangsanya mendekat sehingga mereka akan mengajukan tuntutan ke depan, merobek tenggorokannya, dan mundur saat darahnya habis. Sekali lagi, seperti beruang, satu-satunya alasan jumlah pembunuhan manusia mereka sangat rendah mungkin karena interaksi terbatas dan juga fakta bahwa mereka hanya perlu makan sekali sebulan.


9. Tse Tse

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia


Lalat pengisap darah besar ini adalah pembawa utama Penyakit Tidur Afrika dan oleh karena itu secara tidak langsung bertanggung jawab untuk membunuh hingga seperempat juta orang setiap tahunnya.

8. Macan tutul

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia :: Sumber Foto Daily Mail


Ketika kebanyakan hewan terluka, mereka melarikan diri dan bersembunyi. Tapi tidak dengan macan tutul, Bila makhluk berbahaya ini terluka, mereka menjadi lebih berbahaya. Tidak hanya itu, tapi juga kuat. Siapa pun yang telah menyaksikan Discovery Channel tahu bahwa mereka suka menyembunyikan mangsanya dari jangkauan.

7. Viper

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia


Bertanggung jawab atas mayoritas kematian terkait ular di dunia, viper ini menggunakan hemotoksin yang mirip dengan boomslang. Sayangnya sebagian besar gigitan terjadi di daerah yang kekurangan fasilitas medis modern sehingga korban perlahan-lahan mati kehabisan darah selama beberapa minggu.

6. Phoneutria fera

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia


Temui laba-laba paling berbisa di dunia, menurut Guinness Book of World Records. Yang membuat makhluk ini begitu berbahaya - kecenderungan mengembara. Mereka sering ditemukan bersembunyi di rumah dan mobil berpenduduk padat, terutama di siang hari. Bukan kombinasi yang bagus.

5. Gurita cincin biru

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia :: Sumber Foto : www.slate.com


Kira-kira seukuran bola golf, jangan biarkan perawakannya yang kecil membodohi Anda, hewan berbahaya ini menyimpan cukup banyak racun untuk membunuh 26 orang dewasa dan seperti yang mungkin Anda duga, tidak ada obat penawar

4. Kuda nil

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia


Meskipun mereka kebanyakan herbivora, mereka juga sangat agresif dan secara luas dianggap sebagai salah satu hewan paling berbahaya di Afrika. Mereka telah diketahui menyerang manusia tanpa provokasi bahkan sampai menghancurkan seluruh kendaraan.

3. Buaya air asin

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia


Duduk di bagian atas rantai makanannya, Buaya Air asin telah dikenal untuk memakan segala sesuatu mulai dari kerbau sampai hiu. Untuk membunuh makanannya, menggunakan teknik yang disebut "roll kematian" di mana tanpa henti membalikkan mangsanya berulang-ulang di air sampai tenggelam dan kemudian mati.

2. Gajah Afrika

 
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia

Hewan darat terbesar di dunia, gajah bisa sangat agresif dan diketahui menginjak-injak badak atau dua badak sampai mati. Mereka tampaknya memiliki kemampuan untuk menampilkan serangan kemarahan dan bahkan terlibat dalam kegiatan yang telah ditafsirkan sebagai pendendam, meruntuhkan seluruh desa dalam prosesnya.

1. Nyamuk

25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia
25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia



Beranjak dari salah satu hewan terbesar di dunia kita sekarang sampai pada salah satu yang terkecil. Sekecil itu, itu juga yang paling mematikan. Diperkirakan bahwa nyamuk menularkan penyakit ke hampir 700 juta orang setiap tahunnya sehingga menghasilkan 2 sampai 3 juta kematian setiap tahunnya.




Tag: 25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia, hewan paling berbahaya untuk manusia, binatang paling berbahaya di hutan amazon
ular paling mematikan no 1 di dunia
hewan paling mematikan sepanjang sejarah
sekolah paling berbahaya di dunia
hewan beracun berkaki banyak
hewan berbahaya di sekitar kita
hewan paling beracun sepanjang sejarah
kebun binatang paling berbahaya di dunia, 25 Hewan Paling Berbahaya di Dunia, hewan paling berbahaya untuk manusia, binatang paling berbahaya di hutan amazon

Read More