Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Kualitas penduduk indonesia atau mutu sumber daya manusia

Kualitas penduduk indonesia atau mutu sumber daya manusia - KualiItas penduduk atau mutu sumber daya manusia sangat berpengaruh terhadap tingkat kemajuan suatu negara. Hal ini terkait dengan kemampuan penduduk untuk mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kualitas penduduk suatu negara dapat diketahui dari faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu tingkat pendapatan penduduk, tingkat pendidikan, dan tingkat kesehatan.

Baca juga :

Kualitas penduduk indonesia atau mutu sumber daya manusia
Kualitas penduduk indonesia atau mutu sumber daya manusia


1. Tingkat pendapatan penduduk

Tingkat pendapatan penduduk diukur dari besarnya pendapatan per kapita. Pendapatan perkapita adalah pendapatan yang diperoleh rata-rata penduduk dalam waktu satu tahun. Pendapatan perkapita dapat mencerminkan tingkat kesejahteraan dan kemajuan perekonomian suatu negara. Semakin tinggi pendapatan perkapita, semakin tinggi kesejahteraan penduduknya karena dapat memenuhi kebutuhan pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan dan kebutuhan yang lain secara layak.
Pendapatan perkapita, dapat dihitung dengan menggunakan rumus : PCI = GNP Dibagi P
Keterangan :
PCI = Capita Income (pendapatan perkapita)
GNP = Gross national product (Pendapatan nasional penduduk)
P = Jumlah penduduk
Bank dunia (WORLD Bank) telah membuat klasifikasi negara-negara berdasarkan tinggi rendahnya pendapatan perkapita ke dalam lima kategori
a. Kelompok negara berpendapat rendah (LOW INCOME ECONOMIES), yaitu negara-negara yang memiliki PNB Per kapita US$520
b. Kelompok negara berpendapatan menengah ke bawah (Lower middle income economies), yaitu negara-negara yang mempunyai PNB per kapitara antara US$521 sampai US$1,740
c. Kelompok negara berpendapatan menengah (middle income economies), yaitu negara-negara yang mempunyai PNB perkapita antara US$2,991 sampai US$4,870
d. Kelompok negara berpendapatan tinggi (high income economies), yaitu negara-negara yang mempunyai PNB per kapita antara US$4,871 sampai US$25,480 bahkan lebih
Menurut BPS, pendapatan per kapita penduduk indonesia pada tahun 2005 adalah 1,308 dolar amerika serikat, mengalami kenaikan dari tahun 2004 yang berjumlah 1,066 dolar amerika serikat. Berdasarkan world bank, pendapatan per kapita indonesia masuk dalam kriteria lower middle economies atau keloompok negara berpendapatan menengah ke bawah.
Mengapa pendapatan penduduk di indonesia masih rendah? Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Sampai saat ini sumber daya alam tersebut belum sepenuhnya dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk. Sumber-sumber kekayaan negara masih banyak yang dikelola oleh pihak asing sehingga pendapatan negara masih rendah. Selai itu, jumlah penduduk yang besar dan pertambahan penduduk yang tinggi merupakan permasalah tersendiri bagi pemerataan pembangunan dan peningkatan pendapatan per kapita.
Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pendapatan per kapita, antara lain dengan meningkatkan keterampilan penduduk agar dapat membuka lapangan kerja sendiri, sehingga tidak bergantung pada orang lain. Selain itu, penyediaan lapangan kerja baru untuk mengurangi jumlah pengangguran, serta menekan laju pertumbuhan penduduk dengan pelaksanaan program keluarga berencana (KB). Dengan usaha-usaha tersebut diharapkan pendapatan nasional akan meningkat dan kesejahteraan juga akan meningkat.

2. Tingkat pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu kunci utama untuk mencapai kemajuan suatu negara. Cepat atau lambatnya suatu negara dalam meningkatkan kemajuan ekonominya sangat tergantung pada keberhasilan negara tersebut memberikan pendidikan kepada penduduknya. Semakin tinggi tingkat pendidikan penduduk, menunjukkan semakin tingginya kualitas penduduk di negara tersebut. Pendidikan akan meningkatkan kemampuan penduduk untuk mengolah sumber daya alam yang dimiliki sehingga akan meningkatkan kesejahteraan penduduk.

3. Tingkat kesehatan
Kualitas penduduk dalam hal kesehatan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kinerja dan produktivitas seseorang. Tinggi rendahnya tingkat kesehatan penduduk suatu negara dapat dilihat dari besarnya angka kematian bayi atau ibu pada saat melahirkan. Semakin rendah angka kematian bayi dan ibu pada saat melahirkan, berarti semakin baik tingkat kesehatan penduduk.
Menurut BPS, pada tahun 2005 tingkat kematian bayi di indonesia masih tergolong tinggi, yaitu 35 per 1000 kelahiran hidup. Angka tersbut telah mengalamipenurunan dari 51 per 1000 pada tahun 1990. Begitu pula angka kematian ibu saat melahirkan juga mengalami penurunan dari 450 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 1990 menjadi 307 pada tahun 2005. Angka kematian bayi dan ibu pada saat melahirkan tersebut menunjukkan tingkat kesehatan penduduk yang masih rendah.
Rendahnya tingkat kesehatan penduduk ini, antara lain disebabkan masih banyaknya lingkungan yang kurang sehat yang memudahkan penyebaran berbagai penyakit menular. Untuk itu diperlukan kesadaran penduduk untuk selalu menjaga kesehatan diri dan lingkungannya. Selain itu, rendahnya tingkat kesehatan penduduk juga disebabkan oleh terbatasnya layanan kesehatan oleh tenaga medis terutama di daerah-daerah pedesaan yang terpencil. Di indonesia penduduk yang mendapatkan pelayanan kesehatan baru sekitar 43% sedangkan sisanya belum mendapatkan pelayanan untuk kesehatan secara optimal.

Demikianlah Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk. Semoga bermanfaat untuk Anda :)


Tag : Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk , Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk, Komposisi penduduk dan Kriteria penyusun Komposisi penduduk

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Kualitas penduduk indonesia atau mutu sumber daya manusia"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA