Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

ANTROPOSFER DAN PENGERTIAN ANTROPOSFER

ANTROPOSFER DAN PENGERTIAN ANTROPOSFER - Penduduk dapat diibaratkan sebagai sebuah pisau bermata dua. Di satu sisi penduduk yang besar dan berkualitas akan menjadi aset yang sangat berharga untuk melaksanakan pembangunan. Tetapi sebaliknya penduduk yang besar tetapi rendah kualitasnya justru akan menjadi beban yang berat bagi pembangunan. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa kemajuan suatu bangsa sebagia besar ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia, bukan oleh jumlah penduduk dan sumber daya alamnya. Bagaimanakah kualitas sumber daya manusia di indonesia? Bagaimana pula komposisi penduduk di indonesia?

ANTROPOSFER DAN PENGERTIAN ANTROPOSFER
ANTROPOSFER DAN PENGERTIAN ANTROPOSFER


Kehidupan manusia dan segala aktivitasnya di permukaan bumi dipelajari dalam antroposfer. Manusia merupakan makhluk di bumi yang sangat dinamis dan cepat mengalami perubahan. Untuk mengetahui perubahan tersebut diperlukan berbagai data yang terkait dengan kependudukan. Selama ini kita mengenal aadnya tiga cara pengumpulan data kependudukan, yaitu sensus, survei dan registrasi penduduk. Data yang menyangkut penduduk dengan berbgaia karakteristiknya merupakan salah satu data pokok yang amat diperlukan untuk perencanaan pembangunan di segala bidang. Misalnya kebutuhan akan sandang, pangan, papan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Penyajian data kependudukan, selain dengan tabel juga digunakan piramida penduduk. Data yang diperoleh akan memberikan gambaran kuantitas dan kualitas penduduk di suatu wilayah.

Manusia terbukti sebagai aktor utama dalam panggung dunia. Hal ini bisa terlontar karena manusia dengan segala kelebihannya bisa lebih dinamis dibandingkan dengan makhluk hidup lain. Selain itu, manusia adalah penghuni biosfer terbanyak yang tersebar di berbagai tempat di belahan bumi kecuali antartika. Lingkungan hidup manusia iilah yang disebut antroposfer

Oleh karena dinamika juga, antroposfer turut beruha. Ketika manusia bertambah, mau tidak mau antrospofer berubah sesuai pola hidup manusia. Berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhannya membuat dinamika antroposfer semakinmelaju.  mari kita pelajar antroposfer dan fenomena yang ada di dalamnya.

Definisi Antroposfer
Secara antimologi Antroposfer terdiri atas dua kata, yaitu antropo yang berarti manusia dan sphere yang berarti lapisan. Jadi antroposfer dapat diartikan sebagai lapisan kehidupan manusia yang ada di permukaan bumi dengan segala aktivitasnya.

Antroposfer terkait dengan sumber daya manusia yang ada di permukaan bumi. Sumber daya manusia adalah seluruh kemampuan atau potensi penduduk yang berada di dalam suatu wilayah tertentu beserta karakteristik atau ciri demograpis, sosial maupun ekonominya yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembangunan. Pembahan antroposfer menyangkut potensi atau kemampuan penduduk serta permasalahan-permasalahan yang terkait dengan penduduk seperti jumlah penduduk, kepadatan penduduk, persebaran penduduk, migra dan kualitas penduduk. Untuk menjelaskan hal tersebut ditinjau dari dua aspek, yaitu aspek kuantitas, dan kualitas penduduk.

Untuk menjelaskan kedua aspek tesebut diperlukan data-data yang terkait dengan kependudukan. Data apakah yang diperlukan? Bagaimanakah cara memperoleh data-data tersebut?



Tag : ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,¸ ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,¸ ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,, ANTROPOSFER dan pengertian Antroposper,

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "ANTROPOSFER DAN PENGERTIAN ANTROPOSFER"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA