loading...
loading...

HINDARI STRESS UNTUK MENGHINDARI OTAK YANG MERADANG

HINDARI STRESS UNTUK MENGHINDARI OTAK YANG MERADANG - Stres tentu tidak bisa dihilangkan dari kehidupan Anda. Tuntutan hidup yang semakin tinggi rentan membuat Anda merasa stres. Walaupun demikian, tentu saja Anda tidak boleh untuk memanjakan perasaan tersebut. Sebab stres yang dibiarkan mampu menjadi depresi yang membahayakan. Tak hanya membahayakan kesehatan mental, nyatanya depresi mampu membuat otak Anda mengalami peradangan.

HINDARI STRESS UNTUK MENGHINDARI OTAK YANG MERADANG
HINDARI STRESS UNTUK MENGHINDARI OTAK YANG MERADANG

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk DAN merdeka.com, para peneliti menemukan tingginya kandungan protein dalam otak yang dikenal mampu menyebabkan peradangan pada mereka yang sedang depresi. "Kandungan protein yang disebut dengan protein translocator penyebab peradangan dalam otak mereka yang sedang depresi ternyata naik sebanyak 3 kali lipat. Selain menyebabkan Anda mengalami sakit kepala, pusing, dan gangguan kesehatan lainnya, peradangan ini mampu secara perlahan menurunkan sistem kekebalan tubuh," terang Dr Jeffrey Meyer, salah satu anggota tim peneliti dari Centre for Addiction and Mental Health di Toronto, Kanada.

"Kami menemukan bahwa peradangan yang paling parah terjadi di bagian otak yang disebut dengan anterior cingulate cortex. Peradangan ini mampu mengganggu kemampuan masing-masing neuron otak untuk berkomunikasi satu sama lain. Oleh sebab itulah kami menyarankan agar Anda belajar untuk mengelola stres Anda. Jangan sampai membiarkannya berkembang dan berubah menjadi depresi," lanjutnya.

Depresi saat ini menjadi salah satu bentuk yang paling umum dari penyakit mental yang menyerang masyarakat. Setidaknya 1 dari 5 orang dewasa pernah mengalami depresi.

Berikut cara agar terhindar dari stress

1. Olahraga
Cukup dengan berlajan - jalan atau jogging kurang lebih 15-25 menit 4 hari seminggu dapat membantu tubuh anda menghilangkan adrenalin dan menghasilkan endorfin  atau disebut obat penenang alami yang diproduksi tubuh.

2. Yoga
Banyak orang berkata bahwa cara ini dapat mengatasi stress. Latihan yoga berfokus pada teknik pernapasan, gerakang tubuh, dan pikiran.

3. Pijat
Setelah bekerja keras siang malam, tidak ada salahnya anda untuk mencoba opsi yang satu ini. Selain untuk mereganggkan otot yang kaku, pijat juga membuat kita rilek, bahkan sampai membuat kita tertidur.

4. Tertawa
Sewalah film komedi atau sempatkan menonton acara komedi di TV seperti OVJ, Facebooker, YKS, dll.

5. Mendengarkan Musik
Cari lagu favorit anda dan dengarkan sambil tiduran. Musik sangat bagus untuk merileksasi otak kita. Jika anda bisa bermain alat musik seperti gitar lebih baik lagi untuk mengatasi stress.

6. Bermain Game
Inilah yang saya lakukan jika saya sedang banyak pikiran. Lupakan semua masalah anda dan pokus pada game yang anda mainkan. Jangan pilih game yang memerlukan pikiran yang extra.

7. Positif Thinking
Semua orang pasti pernah mendapatkan ujian, tapi dibalik semua itu pasti ada jalan keluarnya dan kita dapat mengambil pelajaran darinya. (http://www.pastipinter.com)

Dengan Menghindari stress semoga otak yang meradang tidak menghampiri kita :)

Tag :  HINDARI STRESS UNTUK MENGHINDARI OTAK YANG MERADANG. HINDARI STRESS UNTUK MENGHINDARI OTAK YANG MERADANG. HINDARI STRESS UNTUK MENGHINDARI OTAK YANG MERADANG.,HINDARI STRESS UNTUK MENGHINDARI OTAK YANG MERADANG. HINDARI STRESS UNTUK MENGHINDARI OTAK YANG MERADANG HINDARI STRESS UNTUK MENGHINDARI OTAK YANG MERADANG

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya: