loading...
loading...

Cara membersihkan paru-paru

Cara membersihkan paru-paru - Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Prosesnya disebut "pernapasan eksternal" atau bernapas. Paru-paru juga mempunyai fungsi nonrespirasi. Istilah kedokteran yang berhubungan dengan paru-paru sering mulai di pulmo-, dari kata Latin pulmones untuk paru-paru. Ada Beberapa cara membersihkan paru-paru, sebelum membahas tentang cara membersihkan paru-paru lebih baik kita bahas terlebih dahulu akibat paru-paru kotor yuk, paru-paru kotor dapat menyebabkan kanker paru-paru, Walaupun pada awal tumbuhnya kanker tidak menimbulkan ciri-ciri kanker paru-paru stadium 1, namun ketika kondisi kita sedang tidak fit, maka akan ada ciri-ciri ataupun gejala yang terjadi, diantaranya adalah batuk yang tidak lekas sembuh, batuk menjadi kronis, nyeri pada dada saat batuk atau tertawa, nafas seperti orang terkena asma, dahak yang berubah warna dan berdarah, terjadi radang paru-paru ataupun bronkitis, suara serak, terasa sakit pada ujung jari dan membesar, berat badan menurun, terjadi pertumbuhan dada tidak normal (laki-laki), emosi yang tidak stabil, tulang nyeri, sering sakit kepala. Memang banyak sekali ciri-ciri kanker paru-paru pada awal pertumbuhan kanker.

Dari hal tersebut sebenarnya yang menyebabkan tumbuhnya resiko tersebut antara lain asap rokok yang paling berpengaruh, karena masuknya udara kotor yang langsung masuk pada paru-paru, namun bagi yang tidak terkena asap rokok juga berpotensi terkena kanker paru-paru, diantaranya adalah dari polusi udara seperti asap.

Asap menyebabkan terjadi kerusakan pada sel-sel yang ada di paru-paru, lama-kelamaan sel pada paru-paru ini tidak akan bekerja dengan semestinya dan dari inilah akan timbul kanker. Ada dua jenis kanker paru-paru, yaitu small cell lung cancer yang merupakan jenis kanker yang disebabkan oleh perokok berat, dan non-small cell lung cancer.

Adapun beberapa penelitian yang mengatakan bahwa bagi ibu rumah tangga yang suaminya merupakan perokok berat, maka akan beresiko 2 kali lebih besar beresiko kanker paru-paru. Sehingga lebih baik apabila anda sudah merasakan ada ciri-ciri kanker paru-paru untuk segera memeriksakannya, agar mendapatkan hasil yang lebih akurat. Pemeriksaan yang dapat menunjang antara lain foto paru-paru, bronkoskopi, sitologi dahak, biopsi paru, CT scan dan lain sebagainya. (http://sehatcenter.com)

Ok, kembali ke topik bahasan. Berikut beberapa cara membersihkan paru-paru :

Cara membersihkan paru-paru
Cara membersihkan paru-paru

  1. Berhenti merokok. Hal pertama yang harus anda lakukan untuk membersihkan paru-paru anda dari asap rokok adalah dengan berhenti merokok. karena tidak ada gunanya jika anda mengkonsumsi produk herbal ataupun mencoba berbagai macam cara untuk membersihkan paru-paru anda tapi anda tetap membiasakan kebiasaan buruk ini. 

  2. Cabai rawit. Merupakan makanan yang dapat meningkatkan fungsi paru-paru yang sehat karena mengandung gamma  tokoferol,  yang merupakan jenis vitamin E yang diyakini mampu mengurangi risiko kanker paru-paru yang disebabkan oleh asap rokok.

  3. Jus wortel. Segelas jus wortel sebelum mengkonsumsi makanan berat dapat menjadi cara yang efektif untuk membersihkan paru-paru dari. Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata, yang juga membantu untuk membersihkan sistem pernapasan . 

  4. Teh herbal. Minum secangkir teh pencahar herbal sebelum tidur dalam tiga hari pertama dapat membantu proses pembersihan tubuh dari racun asap rokok. Kegunaan teh ini juga dapat menghilangkan racun dari usus, yang dapat menyebabkan sembelit. Apa hubungan ini dengan paru-paru? racun yang di buang dari paru-paru akan menuju ke usus, disinilah peran teh untuk membantu usus untuk mendorong keluar racun tersebut. 

  5. Olahraga dengan teratur. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental anda. Manfaat olahraga sangat banyak sekali untuk kesehatan terutama untuk paru-paru anda, Olahraga juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok. Olahraga seperti renang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk kesehatan pernapasan anda. 

  6. Menggunakan obat herbal. Obat herbal dapat digunakan untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok. Anda dapat memilih berbagai macam produk herbal yang dapat membantu mengelurkan racun dan lendir pada paru-paru, selain itu produk herbal juga relatif lebih aman kerena memiliki efek samping yang lebih sedikit dan mungkin juga tidak memiliki efek samping sama sekali. 

  7. Mengkonsumsi sayuran. Mengkonsumsi makanan sehat terutama yang organik merupakan salah satu cara untuk memulai hidup sehat dan mencegah dari berbagai macam penyakit. Untuk itu salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengeluarkan racun dari paru-paru anda akibat asap rokok adalah dengan cara banyak mengkonsumsi sayuran segar. 

  8. Minum lebih banyak air putih. Air dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh termasuk juga nikotin yang berda di tubuh anda. Nikotin dapat dibersihkan dengan mudah dari tubuh jika anda minum setidaknya 2,3 liter air perhari. Jadi untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan juga paru-paru yang terbebas dari racun asap rokok anda dapat mengkonsumsi banyak air putih. (http://khasiatmanfaatsehat.blogspot.com)
 Cara lain membersihkan paru-paru
  • Mengurangi stres
Pikiran yang terus menerus stres bisa menciptakan ketidakseimbangan dalam tubuh dan melemahkan sistem kekebalan. Untuk itu cobalah membuat pikiran positif tentang hidup sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan mampu untuk detoksifikasi.
  • Mengonsumsi makanan tertentu
Beberapa makanan tertentu bisa membantu Membersihkan Paru-paru, salah satunya adalah cabai. Komponen alami dari cabai yang disebut capsaicin ini bisa membantu membuka kapiler sehingga racun keluar dari tubuh melalui keringat.

Selain itu cobalah membatasi konsumsi produk susu karena bisa menyebabkan produksi lendir, dan kurangi makanan olahan. Serta perbanyak minum air putih karena jika tubuh terhidrasi dengan baik maka bisa mengeluarkan racun lebih efisien.
  • Latihan pernapasan
University of Missouri merekomendasikan pernapasan dengan perut bisa memperkuat dan Membersihkan Paru-paru. Mulailah dengan berbaring terlentang dan tangan diletakkan di atas perut dengan telapak di bagian bawah tulang rusuk. Ambilah napas secara perlahan dan dalam sehingga memungkinkan diafragma memperluas.

Lalu setelah menahan napas sejenak, buanglah napas secara perlahan. Lakukan latihan ini selama 5 menit sambil berbaring santai dan mata tertutup. Hal ini dilakukan untuk menarik oksigen ke bagian bawah paru-paru.
  • Melakukan yoga
Yoga dirancang khusus untuk membantu tubuh dalam melepaskan racun dari otot dan organ. Melakukan yoga pernapasan selama 15-30 menit setiap hari bisa membantu menghilangkan racun dan Membersihkan Paru-paru.

Paru-paru Sehat adalah paru-paru yang diidamkan oleh semua orang. Sebab paru-paru sehat berarti paru-paru yang belum terkontaminasi oleh zat beracun atau oleh penyakit paru-paru. Buah-buahan adalah makanan yang bisa membuat paru-paru sehat.

Jika tenggorokan sering berlendir, batuk atau radang? Jangan keburu mencari obat dan panik. Ada cara gampang buat memelihara kesehatan alat pernafasan. Konsumsi buah segar tertentu bakal bikin pernafasan jadi lebih sehat dan kuat. Bagaimana bisa?

Gangguan pernapasan dengan gejalanya seperti batuk-batuk, sesak napas, atau sakit di daerah dada dapat sangat mengganggu aktivitas. Jangan keburu menelan obat, ada cara sederhana untuk mencegahnya.

Ternyata ada cara sederhana untuk mengurangi gangguan pernafasan. Dengan mengkonsumsi buah-buahan segar, paru-paru sehat lebih bisa terjaga dan gangguan fungsi pernafasan otomatis akan berkurang atau lenyap. Buah segar apa saja yang sebaiknya dikonsumsi agar Paru-paru Sehat?
  • Buah Jeruk
Vitamin C yang terdapat dalam buah ini dapat membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang memicu radang paru-paru. Buah-buahan seperti jeruk, lemon dan limau secara alami memiliki anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan jaringan paru-paru seperti asma. Vitamin C juga berperan baik untuk meningkatkan kesehatan paru-paru, dan dapat mengurangi resiko penyakit paru obstruktif kronik pada perokok.
  • Buah Berry
Jenis buah berry seperti blackcurrant, blueberry dan strawberry mengandung resveratrol fitokimia yang kuat, yang secara alami memiliki anti inflamasi, anti pembekuan darah, meningkatkan memori, meningkatkan metabolisme lemak dan dapat menghambat stress oksidatif yang menyebabkan penyakit kanker paru-paru. Menurut Paul Gross PhD, dalan bukunya “Super Fruits”, mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 20%. Berries juga tinggi anthocyanin yang dapat membantu mengurangi kanker paru-paru dan saluran pencernaan.
  • Tomat dan Apel
Mengkonsumsi 3 buah tomat atau 5 buah apel seminggu dapat meningkatkan fungsi paru-paru sehat. Hal ini disebabkan oleh adanya phytochemical yang terdapat pada kulit buah tersebut. Zat ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi saluran nafas dari iritasi eksternal. Seperti, polusi dan asap rokok. Selan itu tomat juga kaya akan beta karotein, vitamin A dan likopen, yang dapat memelihara kesehatan mata. 

Selain mengkonsumsi buah-buahan segar di atas, sebaiknya Anda membiasakan diri untuk melaksanakan pola hidup sehat agar Paru-paru Sehat tetap terjaga.

Kesehatan Paru-paru sangatlah penting untuk tubuh, sebab jika paru-paru tidak sehat maka kemungkinan untuk sesak nafas sehingga menyebabkan meninggal lebih besar. Karena itu kesehatan paru-paru haruslah dijaga dengan baik dan salah satu caranya adalah dengan tidak merokok.

Dengan lebih banyak mengonsumsi Vitamin D, akan membuat kita lebih mudah untuk bernafas. Dari penemuan yang telah dipublikasikan seperti dilaporkan oleh Reuters, tampaknya akan menjadi kabar gembira untuk para perokok, penderita asma dan orang-orang yang mempunyai masalah kesehatan paru-paru atau saluran pernapasan.

Para peneliti di Universitas Auckland Selandia Baru menemukan bahwa orang-orang dengan tingkat vitamin D yang lebih tinggi di dalam sistem tubuh mereka memperlihatkan fungsi paru-paru yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tingkat vitaminnya rendah. Penemuan mereka muncul pada jurnal American College of Chest Physician edisi Desember tahun lalu.

Selain dari sinar matahari pagi, vitamin D dapat juga ditemukan di dalam makanan tertentu seperti hidangan yang berlapis lemak dan ikan gemuk seperti ikan salmon dan tenggiri yang mengandung cukup banyak suplemen yang dibutuhkan tubuh.”Walaupun terdapat hubungan tertentu antara fungsi paru-paru dan vitamin D, belum diketahui dengan jelas fungsi vitamin D sebagai suplemen atau jumlah makan yang sebenarnya akan meningkatkan Kesehatan Paru-paru pada pasien yang menderita penyakit saluran pernafasan kronis,” demikian menurut Dr. Peter Black, yang memimpin suatu penelitian.

Black, adalah seorang profesor di Universitas Departemen Kesehatan, dan timnya menganalisa informasi dari U.S. National Health and Nutrition Examination Survey, yang mana mengumpulkan data pada 14.091 orang dari tahun 1988-1994.

Hasil penelitian terbaru mereka menemukan bahwa orang-orang yang mempunyai tingkat vitamin D yang lebih tinggi dapat menghirup dan menghembus udara lebih banyak. Hubungan itu terlihat pada orang negro dan orang kulit putih non-Hispanic dan lebih kuat pada orang-orang tua diatas 60 tahun serta perokok. Orang negro Non-Hispanic dan suku Amerika-Mesiko menunjukkan tingkat vitamin yang lebih rendah bila dibandingkan dengan orang kulit putih.

Dr Rosalind Wright, seorang profesor di Harvard Medical School’s Departement of Society, Human Development and Health, mengatakan vitamin bisa menjadi cara mudah untuk menambah kesehatan paru-paru. “Vitamin D akan menjadi sederhana, dengan harga murah sepertinya akan menjadi pemenuhan tinggi untuk mencegah atau memperlambat kehilangan fungsi paru-paru pada sub kelompok yang rentan,” kata Wright, yang menulis editorial penelitian tersebut.

Wright menambahkan bahwa pengamatan lebih lanjut diperlukan untuk melihat mana yang paling banyak manfaatnya. Penelitian yang lain telah menunjukan bahwa Vitamin D dapat membantu memperkuat tulang dan juga dapat mencegah beberapa jenis kanker serta multi sklerosa dan yang lebih penting dapat menambah Kesehatan Paru-paru.

10 Buah untuk Mencegah Kanker Paru-Paru
Kanker adalah salah satu penyakit yang diderita banyak orang di dunia. Penyakit ini adalah pembunuh kedua terbesar di negara adidaya Amerika Serikat. Para ilmuwan dan ahli kesehatan telah banyak menemukan cara untuk melawan penyakit mematikan ini. Ada berbagai macam operasi dan perawatan medis lain yang membantu mengobati kanker. 


Namun mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati. Mengontrol pola makan adalah salah satu cara menjauhkan Anda dari penyakit kanker. Berikut ini terdapat sepuluh makanan organik yang dapat membantu melindungi Anda dari kanker.

1. Kefir 
Kefir adalah minuman susu fermentasi yang berasal dari Kaukasus. Beberapa peternakan Amerika menawarkan minuman yang disebut "kefir" dengan rasa buah tanpa karbonisasi atau alkohol. Kefir penuh dengan probiotik yang membantu melindungi sistem kekebalan tubuh. Minuman yang mirip dengan yoghurt ini melindungi sistem kekebalan tubuh dengan menjaga sistem pencernaan yang sehat.

2. Delima
Buah delima penuh dengan zat ellagitannis yang dapat mengontrol pertumbuhan tumor dan sel melawan kanker. Hal ini sangat berguna untuk menghindari prostat dan kanker payudara.

3. Anggur
Buah anggur cukup lezat sehingga menjadi makanan favorit hampir setiap orang. Selain kelezatannya itu, ternyata anggur mengandung resveratrol yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker di tubuh Anda.

4. Teh Hijau
Teh hijau memiliki banyak keuntungan karena dapat mempertahankan kesehatan seseorang. Minuman ini membantu melawan kanker (terutama kanker paru-paru) dengan mencegah pertumbuhan tumor dan membunuh sel-sel kanker. Kehadiran antioksidan yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) membuatnya menjadi musuh alami kanker.

5. Biji Rami
Biji rami adalah tanaman berbunga biru yang tumbuh di padang rumput di Kanada Barat, yang sangat kaya akan minyak. Minyak biji rami adalah minyak alami yang sangat direkomendasikan sebagai sumber gizi yang diperlukan oleh tubuh dan dianggap sebagai minyak yang paling kaya dengan omega 3. Makanan ini kaya serat juga memiliki asam lemak dan asam linolenic alfa (ALA) yang membantu tubuh melawan kanker.

6. Tomat
Tomat adalah makanan yang cukup mudah didapat. Sayur ini memiliki antioksidan yang sangat berguna, seperti lycopene, yang membantu pengendalian kanker prostat. Tomat lebih baik dikonsumsi mentah atau dibuat jus. Tidak hanya membuat rasa sandwich semakin enak, tapi juga mengurangi kemungkinan kanker.

7. Bawang Putih
Bawang putih dalah ramuan antibiotik alami. Rempah yang cukup sering digunakan ini adalah obat untuk banyak penyakit, termasuk kanker. Dengan zat allicin (senyawa organik), bawang putih membantu mengontrol kolesterol dan tekanan darah seseorang. 

8. Buah Beri
Buah lezat ini merupakan sumber yang kaya vitamin C. Beri mengandung asam ellagic yang membunuh sel-sel kanker. Mereka memiliki jumlah antioksidan tertinggi di antara semua buah.

9. Brokoli
Brokoli adalah sumber sulforaphane. Brokoli dapat mengeluarkan zat-zat kimia penyebab kanker sehingga membuat tubuh Anda sehat dan bugar.

10. Ikan Salmon Alaska
Ikan salmon tidak hanya lezat, tapi juga sehat. Ikan salmon Alaska kaya akan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk tubuh. Makanan ini sangat mengurangi risiko kanker. (http://ayahalif.blogspot.com)


Itulah cara membersihkan paru-paru. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda semua :)

Tag : Cara membersihkan paru-paru, Cara membersihkan paru-paru, Cara membersihkan paru-paru, Cara membersihkan paru-paru, Cara membersihkan paru-paru Cara membersihkan paru-paru, Cara membersihkan paru-paru, Cara membersihkan paru-paru, Cara membersihkan paru-paru, Cara membersihkan paru-paru

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya: