Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

13 Fakta Menarik Kerajaan Ternate dan Tidore Menurut Sudut Pandang Sejarah


13 Fakta Menarik Kerajaan Ternate dan Tidore Menurut Sudut Pandang Sejarah – Hai sahabat segala fakta, kali ini kita akan membahas tentang Fakta Menarik Kerajaan Ternater dan Tidore menurut sudut pandang Sejarah. Yuk, langsung dibaca :

13 Fakta Menarik Kerajaan Ternate dan Tidore Menurut Sudut Pandang Sejarah
13 Fakta Menarik Kerajaan Ternate dan Tidore Menurut Sudut Pandang Sejarah. Sumber Foto : Suksinau.id



Fakta 1 : Di Maluku yang terletak diantara Sulawesi dan papua terdapat dua kerajaan, yakni Ternate dan Tidore. Kedua kerajaan ini terletak di sebalh barat Pulau Harlmahera di Maluku utara. Kedua kerajaan itu pusatnya masing-masing di pulau ternate dan tidore, tetapi wilayah kekuasannya mencakup sejumlah pulau di kepulauan Maluku dan papua.

Fakta 2 : Kerajaan ternate sebagai pemimpin Persekutuan Uli Lima, yaitu persekutuan lima bersaudara dengan wilayahnya mencakup ulau-pulau ternate, Obi, Bacan, Seram dan Ambon.

Fakta 3 : Kerajaan Tidore sebgai pemimpin perseketuan Uli Siswa (Persekutuan Sembilan saudara) wilayahnya meliputi pulau-pulau makyan, Jailolo atau Halmahera, dan pulau-pulau di daerah itu sampai dengan papua barat. Diantara keduanya saling terjadi persaingan dan makin tampak setelah datangnya bangsa barat.

Fakta 4 : Bangsa barat yang pertama kali datang di Maluku ialah Portugis (1512) yang bersekutu dengan kerajaan Ternate. Jejak ini diikuti oleh bangsa Spanyol yang berhasil mendarat di Maluku 1521 dan mengadakan persekutuan dengan kerajaan Tidore.

Fakta 5 : Untuk memperkuat kedudukannya di Maluku maka Portugis mendirikan Benteng Sao Paulo. Menurut portugis benteng ini dibangun untuk melindungi Ternate dari serangan Tidore. Tindakan Portugis di Maluku makin merajalela dengan memonopoli perdagangan dan terlalu ikut campur tangan dalam urusan dalam negeri ternate sehingga menimbulkan pertentangan.

Fakta 6 : Salah seorang Sultan Ternate bernama Sulta Hairun ditangkap dan dibunuh pada tangal 2 Februari karena ditipu oleh Portugis atas dasar perdamaian pada tanggal 27 Februari 1570.

Fakta 7 : Atas kematian Sultan Hairu, Rakyat ternate bangkit menentang bangsa portugis dipimpin oleh Sultan Baabulah yang merupakan putra dan pengganti Sultan Hairun. Setelah terkepung haampir lima tahun, Benteng Sao Paulo berhasil diduduki rakyat ternate (1575).

Fakta 8 : Sultan Babulah mendapat julukan tuan dari tujuh pulau dua pulau

Fakta 9  : Kehidupan rakyat Maluku yang utama adalah pertanian dan perdagangan

Fakta 10 : Tanah di kepulaun Maluku sangat subur dengan sumber utamanya cengkih dan pala.

Fakta 11 : Dengan hasil rempah-rempahnya maka aktivitas pertanian dan perdagangan rakyat Maluku maju dengan pesat.

Fakta 12 : Pada tahun 1534 Misionaris Ktolik, Fransicus Xaverius telah berhasil menebarkan agama katolik di Halmahera, Ternate dan Ambon.

Fakta 13 : Salah satu karya seni bangun yang terkenal ialah Istana Sultan Ternae dan Masjid Kuno di Ternate.

Demikianlah 13 Fakta Menarik Kerajaan Ternate dan Tidore Menurut Sudut Pandang Sejarah. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "13 Fakta Menarik Kerajaan Ternate dan Tidore Menurut Sudut Pandang Sejarah"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA