Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

19 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Sriwijaya Dalam Sudut Pandang Sejarah


19 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Sriwijaya Dalam Sudut Pandang Sejarah – Hai sahabat Segala Fakta, Kali ini kita akan membahas tentang Fakta Menarik Kerajaan Sriwijaya dalam Sudut pandang sejarah. Yuk, langsung dibaca:

19 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Sriwijaya Dalam Sudut Pandang Sejarah
19 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Sriwijaya Dalam Sudut Pandang Sejarah



Berikut Fakta-faktanya :

Fakta 1 : Sumber sejarah yang dapat digunakan untuk mengetahui kerajaan sriwijaya antara lain : Berita-berita dari cina, india, malaka, Ceylon, arab dan parsi serta Prasasti-prasasti (enam di Sumatera selatan dan satu di pulau Bangka).

Fakta 2 : Faktor-faktor yang mendorong kerajaan sriwijaya muncul menjadi kerajaan besar adalah : Letaknya yang sangat strategis di jalur perdagangan, kemajuan pelayaran dan perdangan antara cina dan india melalui asia tenggara, Runtuhnya kerajaan Funan di indocina. Dengan runtuhnya funan memberikan kesempatan kepada sriwijaya untuk berkembang sebagai Negara Maritim menggantikan funan. Sriwijaya mempunyai kemampuan untuk melindungi pelayaran dan perdagangan di perairan asi Tenggara dan memaksanya singgah di pelabuhan-pelabuhan.

Fakta 3 : Prasasti kedukan Bukit (605 S/ 683 M) di Palembang. Isinya Dapunta Hyang mengadakan perjalanan selama delapan hari dengan membawa 20.000 pasukan dan berhasil menguasai beberapa daerah. Dengan kemangan itu sriwijaya menjadi makmur.

Fakta 4 : Prasasti Talang Tuo (606 S/684 M di sebelah barat Palembang. Isinya tentang pembuatan Taman Sriksetra oleh Dapunta Hyang Sri Jayanaga untuk kemakmuran semua makhluk.

Fakta 5 : Prasati Kota kapur (608 S/686 M) di Bangka.

Fakta 6 : Prasasti Karang Birahi (608/686 M) Di Jambi. Prasasti kota kapur dan prasasti karang Birahi berisi permohonan kepada dewa untuk keselamatan rakyat dan kerajaan sriwijaya.

Fakta 7 : Prasasti Telaga batu (tidak berangka tahun) di Palembang. Isinya berupa kutukan terhadap mereka yang melakukan kejatan dan melanggar perintah raja.

Fakta 8 : Prasasti palas Pasemah di Pasemah, Lampung selatan. Isinya wilayah lampung selatan telah diduduki Sriwijaya.

Fakta 9 : Prasati Ligor (679 S/775 M) di tanah genting Kra. Isinya Sriwijaya diperintah oleh Darmaseta.

Fakta 10 : Menurut sumber berita Cina yang ditulis oleh I-Tsing dinyatakan bahwa kerajaan Sriwijaya berdiri pada abad ke 7 M.

Fakta 11 : Berdasarkan Prasati Ligor, pusat pemerintahan sriwijaya berada di muara takus, yang kemudian dipindahkan ke Palembang.

Fakta 12 : Kerajaan Sriwijaya kemudian muncul sebagai kerajaan besar di Asia Tenggara.

Fakta 13 : Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan yang berkuasa atas beberapa pulau sehingga Sriwijaya merupakan Negara nasional pertama di Indonesia.

Fakta 14 : Kerajaan Sriwijya mencapai puncak kejayaaanya pada masa Balaputra dewa.

Fakta 15 : Raja Balaputra Dewa mengadakan hubungan persahabatan dengan Raja Dewapala Dewa dari India.

Fakta 16: Dalam Prasati Nalanda disebutkan bahwa Raja Dewapala Dewa menghadiahkan sebidang tanah untuk mendirikan sebuah biara untuk para pendeta sriwijaya yyang belajar agama Buddha di india. Selain itu disebutkan juga adanya silsilah raja Balaputra dewa dan dengan tegas menunjukkan bahwa Raja Syailendra (Darrarindra) merupakan nenek moyangnya.

Fakta 17 : Sriwajaya berhasil menguasai Selat Malaka yang Merupakan Urat Nadi perdagangan di Asia Tenggara sehingga menguasai perdagangan nasional dan internasional.

Fakta 18 : Dalam bidang agama, kerajaan sriwijaya menjadi pusat agama Buddha yang penting di Asia tenggara dan Asia Timur. Agama Buddha yang berkembang di sriwijaya ialah aliran Mahayana dengan salah satu tokohnya yang terkenal ialah Dharmakirti.

Fakta 19 : Para peziarah agama Buddha sebelum ke india harus tinggal di Sriwijaya.

Demikianlah Fakta menarik tentang Kerajaan Sriwijaya. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "19 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Sriwijaya Dalam Sudut Pandang Sejarah"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA