loading...
loading...

Fakta - Fakta yang unik dan menarik tentang semut

Fakta - Fakta yang unik dan menarik tentang semut  - Semut adalah semua serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies), sebagian besar hidup di kawasan tropika. Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Dimungkinkan pula terdapat kelompok semut penjaga. Satu koloni dapat menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka. Koloni semut kadangkala disebut "superorganisme" karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

 Fakta - Fakta yang unik dan menarik tentang semut
 Fakta - Fakta yang unik dan menarik tentang semut 


Fakta - Fakta yang unik dan menarik tentang semut :

1. Hewan Terkuat

Fakta pertama, semut termasuk hewan terkuat : Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif kecil, semut termasuk hewan terkuat di dunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Semut hanya tersaingi oleh kumbang badak yang mampu menopang beban dengan berat 850 kali berat badannya sendiri.

2. asam pertahanan diri

Fakta kedua, semut mempunyai asam pertahan diri : Asam format disebut juga "asam semut" karena semut menghasilkan asam ini sebagai alat pertahanan diri.

3. Hewan yang mendunia.

Fakta ketiga, semut merupakan hewan yang telah mendunia. Semut telah menguasai hampir seluruh bagian tanah di Bumi. Hanya di beberapa tempat seperti di Islandia, Greenland, dan Hawaii, mereka tidak menguasai daerah tesebut. Di saat jumlah mereka bertambah, mereka dapat membnetuk sekitar 15 - 20% jumlah biomassa hewan-hewan besar.

4. Ada banyak jenis semut

Fakta keempat, ada banyak jenis semut. Beberapa jenis semut sangat dikenal oleh manusia karena hidup bersama-sama dengan manusia, seperti semut hitam, semut besar, semut merah, semut api, dan semut rangrang.
Rayap terkadang disebut semut putih namun sama sekali berbeda kelompok dari semut walaupun mereka memiliki struktur sosial yang sama.

5. Evolusi

Fakta kelima bahwa semut adalah evolusi dari tawon. Keluarga Formicidae adalah bagian dari ordo Hymenoptera, yang mencakup lebah dan tawon. Semut adalah keturunan dari generasi tawon Vespoidea. Analisis Filogenetik mengindikasikan bahwa semut telah berevolusi dari capung vespoid pada periode Kapur sekitar 120 juta sampai 170 juta tahun yang lalu. Setelah kemunculan tumbuhan Angiosperma sekitar 100 juta tahun yang lalu, mereka menganekaragamkan pengaruh ekolofi sekitar 60 juta tahun yang lalu. Pada tahun 1966, E. O. Wilson, dkk. menemukan fosil semut dalam getah pohon (Sphecomyrma freyi) dari periode Kapur. Fosil ini terjebak di sebuah getah pohon di New Jersey dan telah berumur lebih dari 80 juta tahun. Fosil ini memberikan bukti terjelas tentang hubungan semut modern dan tawon non-sosial. Semut periode Kapur berbagi karakteristik semut modern dan tawon

Selama periode Kapur, hanya sebagian kecil spesies yang berhasil menguasai daerah benua besar Laurasia (bagian utara). Mereka pun sangat langka dengan perbandingan jumlah sekitar 1% dari jenis serangga lainnya. Semut menjadi dominan setelah radiasi adaptif pada awal Periode Tertiari. Jumlah spesies yang tersisa pada periode Kapur dan periode Ecocene, hanya 1 dari 10 genera yang punah sampai saat ini. 56% dari genera semut yang terdapat di fosil getah kayu di daerah Baltik (sejak Oligocene awal), dan sekitar 96% dari genera semut yang terdapat di fosil getah kayu di Dominika (sejak awal Miocene) masih bertahan hingga sekarang.

6. ada dalam budaya

Fakta keenam semut masuk dalam beberapa budaya :

Islam

Umat muslim diperintahkan untuk tidak membunuh semut, berdasarkan hadits riwayat Abu Hurairah Muhammad bersabda bahwa, "Ada seekor semut pernah menggigit salah seorang nabi. Nabi tersebut lalu memerintahkan umatnya untuk mendatangi sarang semut kemudian membakarnya. Tetapi kemudian Allah menurunkan wahyu kepadanya, "Apakah hanya karena seekor semut menggigitmu lantas kamu membinasakan satu umat yang selalu bertasbih."[9]

Kristen

Dalam kitab suci Kristen (Alkitab) khususnya dalam bagian Perjanjian Lama yaitu Kitab Amsal 6:6-11, umat Kristen diajarkan untuk mencontohi teladan serangga kecil ini. Baik dalam etos kerjanya maupun dalam ketaatan kepada pemimpin, ketekunannya dalam menghadapi rintangan, kepekaan terhadap sekitarnya serta kebersamaan hidup dalam koloninya.Ini adalah hal yang baik bukan saja bagi pengentasan kemiskinan, tetapi juga dalam relasi dan budaya gotong royong yang mulai lenyap ditelan sikap individualis yang pesat merambah.

Kutipan Amsal 6:6-11,"Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makananannya pada waktu panen. Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu? Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring"- maka datanglah kemiskinan kepadamu seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang tak bersenjata."

7. Semua sama tuanya dengan dinosaurus.

Arkeolog memperkirakan bahwa Homo sapiens (manusia modern) telah di Bumi selama beberapa 200.000 tahun. Itu hanya sebagian kecil dari usia Bumi, yang berusia beberapa 4540000000 tahun. Manusia pertama berevolusi ("Homo") dari nenek moyang Australopithecus sekitar 2 juta tahun yang lalu. Kerangka waktu ini membuat semut jauh, jauh lebih tua dari manusia. Para ilmuwan memperkirakan bahwa semut muncul pada pertengahan-Cretaceous periode, yang menakjubkan 110-130000000 tahun yang lalu. Dengan demikian, manusia adalah bayi di planet bumi.

8. Semut terbesar di kenal dengan ANT WAS dengan panjang 2,4 inch.

Semut terbesar yang pernah ditemukan adalah (untungnya) tidak hidup hari ini. Sebaliknya, itu adalah spesimen fosil milik Titanomyrma giganteum, dan itu benar-benar binatang semut. apakah Anda pernah tidak sengaja berjalan melalui sebuah koloni semut dan melihat ke bawah untuk menemukan sejumlah semut menguntit sekitar kaki Anda? Nah, bayangkan memiliki sekelompok superlarge, semut mutan berjalan kaki Anda!

Oke, jadi semut di fosil yang tidak mutan, tapi mereka jenis tampak sedikit seperti itu. Fosil ini menunjukkan bahwa T. giganteum adalah sekitar 2,4 inci (6 cm) panjang, dan tampaknya itu memiliki lebar sayap hampir enam inci (!). Sebagai perbandingan, rata-rata ukuran spesies semut saat ini hanya 0,08-1 inci (0,2-2,5 cm).

9. SEMUT "Berkomunikasi" MENGGUNAKAN BAHAN KIMIA:

Semut dapat berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dengan menggunakan bahan kimia yang dikenal sebagai "feromon." Melalui bahan kimia ini, semut dapat mengirim pesan sederhana untuk rekan-rekan mereka, mengingatkan mereka untuk bahaya atau menunjukkan ketika makanan telah ditemukan. Para pekerja akan merilis feromon dengan pesan tertentu untuk mengatakan hal-hal seperti, "Aku akan menunjukkan di mana makanan!" Atau "Bahaya, Will Robinson!" (Oke, jadi yang terakhir akan benar-benar menjadi sedikit lebih seperti "Intruder peringatan. Attack!)

Dalam hal ini, anggota individu dari koloni semut mampu "berbicara" satu sama lain dalam rangka untuk mengkoordinasikan upaya mereka dengan menggunakan antena mereka untuk bau bahan kimia yang semut lain rilis. Ternyata, ini adalah bentuk yang agak cepat dan efektif komunikasi.

10. Semut tidak selalu berumur pendek

Dibandingkan dengan manusia, semut hanya di planet ini untuk waktu yang singkat. Banyak spesies hanya hidup selama beberapa minggu. Namun, beberapa semut dapat hidup selama bertahun-tahun. Bahkan, banyak semut queen bisa hidup selama beberapa dekade (tertua tercatat semut hidup untuk mengejutkan 30 tahun!).

Demikianlah  Fakta - Fakta yang unik dan menarik tentang semut, semoga menambah wawasan anda. Jangan lupa baca juga : 10 Dinosaurus yang Ukurannya imut dan menggemaskan

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to " Fakta - Fakta yang unik dan menarik tentang semut "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA