loading...
loading...

Lowongan Kerja Terbaru Cek Disini

Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk



Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk - Dinamika penduduk merupakan perubahan jumlah penduduk yang disebabkan oleh faktor kelahiran, kematian dan migrasi. Perubahan tersebut terjadi secara terus menerus dari tahun ke tahun, akibatnya jumlah penduduk mengalami perubahan secara dinamis. Untuk mengetahui perubahan jumlah penduduk dapat dilihat dari besarnya pertumbuhan penduduk. sedangkan untuk memperkirakan jumlah penduduk di masa yang akan datang dihitung dengan mengunakan proyeksi penduduk. Hal ini penting dilakukan untuk perencanaan pembangunan, khususnya di bidang kependudukan. Pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali menyebabkan terjadinya lendakan penduduk yang pada akhirnya menimbulkan berbagai masalah kependudukan.

Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk
Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk

 
A. Pertumbuhan penduduk

Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk
Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk


Pertumbuhan penduduk merupakan keseimbangan yang dinamis antara kekuatan-kekuatan yang menambah dan kekuatan-keuatan yang mengurangi jumlah penduduk. Pertumbuhan penduduk menunjukkan perkembangan jumlah penduduk di suatu wilayah selama periode waktu tertentu.

Angka kelahiran dan kematian merupakan faktor alami yang memengaruhi pertumbuhan penduduk di suatu wilayah. Selain faktor alami tersebut, ada juga faktor nonalami yang memengaruhi pertumbuhan penduduk seperti migrasi, baik migrasi loak maupun migrasi internasiona.

1. Kelahiran atau fertilitas
Fertilitas dalam pengertian demografi adalah kemampuan riil seorang wanita untuk melahirkan, yang dicerminkan dalam jumlah bayi yang dilahirkan. Kelahiran menyebabkan bertambahnya jumlah penduduk. Beberapa ukuran dasar fertilitas yang sering digunakan sebagai berikut

a. Angka kelahiran kasar (Crude birth rade/CBR)
Angka kelahiran kasar merupakan penentuan tingkat kelahiran bayi tanpa membeda-bedakan golongan dan umur dalam satu tahun dari setiap 1000 orang penduduk suatu wilayah. Angka kelahiran seperti ini dapat dihitung menggunakan rumus berikut
CBR = B bagi P Kali 1000
Keterangan
CBR = Angka kelahiran kaar
B = Jumlah kelahiran selama 1 tahun
P = Jumlah penduduk

b. Angka kelahiran menurut umur (Age Specific Fertility Rate / ASFR)
Perhitungan angka  kelahiran yang mempertimbangkan umur dan jenis kelamin disebut angka kelahiran menurut kelompok u mur Age Specific Fertility Rate (ASFR). ASFR menunjukkan jumlah kelahiran dari setiap seribu wanita pada kelompok umur tertentu selama setahun. Untuk menentukan angka kelahiran menurut kelompok umur tertentu digunakan rumus sebagai berikut
ASFR (X) = B (X) : P X 1000

B. Dampak dinamika penduduk

Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk
Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk


Ternyata aktivitas manusia sebagai unsur antroposfer sangat beragam. Aktivitas-aktivitas tersebut merupakan wujud dinamika manusia dalam menjalani proses kehidupannya. Tidak jarang aktivitas-aktivitas tersebut menimbulkan dampak yang tidak kecil bagi lingkungan, bahkan dampak tersebut dapat secara berkesinambungan merusak lingkungan yang ada. Nah, mari kita lihat dampak dinamika penduduk

1. Pertumbuhan penduduk yang tinggi

Pertumbuhan penduduk merupakan satu hal yang tidak bisa dipungkiri, karena hal tersebut akan terjadi secara terus-menerus. Yang menjadi permasalah, apabila pertambahan penduduk ini tidak terkendali hingga mencapai titik ledakan penduduk yang ditandai dengan peningkatan jumlah penduduk yang pesat dan tiba-tiba. Berbagai masalah timbul akibat adanya ledakan penduduk, dan pada umumnya permasalahan berawal dari tidak seimbangnya antara kebutuhan dan ketersediaan sumber daya. Pada akhirnya, permasalahan yang muncul akan menyangkut aspek fisik, sosia dan ekonomi masyarakat. Apa saja dampak yang bisa ditimbulkan dari lajunya pertumbuhan penduduk?

a. Peningkatan pengangguran
Peningkatan pengangguran yang pesat disebabkan adanya pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan lapangan pekerjaan yang mampu menampung jumlah pencari kerja yang meningkat. Pertumbuhan penduduk berarti juga peningkatan jumlah tenaga kerja. Apa jadinya jika peningkatan jumlah tenaga kerja tidak diimbangi dengan semakin luasnya kesempatan kerja?

b. Meningkatnya kemiskinan
Ketidak seimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan sumber daya menyebabkan terjadinya kelangkaan sumber daya. Akibatnya, dalam upaya pemenuhannya terjadi kompetisi hingga pada akhirnya terjadi kenaikan harga kebutuhan. Kondisi in mengakibatkan daya beli masyarakat berkurang.

c, Penurunan tingkat kesehatan
Jangankan unuk membiayai pemeliharaan kesehatan, untuk pemenuhan kebuuhan pokok saja mejadi sulit apabila terjadi ledakan penduduk.Akibatnya, akan terjadi penurunan tingkat kesehatan seperti gizi buruk, terjangkitnya penyakit busung lapar di masyarakat dan permasalah kesehatan lainnya.

d. Menurunnya tingkat pendidikan
Pesatnya peningkatan penduduk mengakibatkan tingginya jumlah anak usia sekolah. Peningkatan ini akan menimbulkan masalah seperti kesempatan memperoleh pendidikan yang makin sempit dan tingginya biaya pendidikan yang akan membebani masyarakat.

e. Penurunan kesejahteraan
Peningkatan penduduk diiringi dengan peningkatan kebutuhan hidup yang menuntut untuk terpenuhi.Banyaknya  kebutuhan tentunya akan mengurangi pendapatan, hingga pada akhirnya terjadi penurunan kesejahteraan secara umum.

f. Peningkatan kebutuhan pangan dan tempat tinggal
Untuk bertahan hidup manusia perlu makan dan tempat tinggal. Ledakan penduduk secara langsung memberikan dampak meningkatnya kebutuhan akan dua hal tersebut. Banyak dampak yang kita lihat akibat meningkatnya kebutuhan tersebut. Pembukaan lahan baru untuk pemukiman marak dilakukan. Ketersediaan tempat tinggal yang terbatas juga mengakibatkan banyaknya perumahan liar dan kumuh.

2. Mobilitas penduduk
Mobilitas penduduk dan atau penyebaran penduduk dapat berbentuk migrasi, baik melalui kebijakan pemerintah, seperti transmigrasi maupun atas keinginan sendiri, seperti urbanisasi. Hal tersebut tentunya akan memberikan dampak bagi daerah tujuan maupun daerah yang ditinggalkan.

a. Dampak bagi daerah yang ditinggalkan
Adanya migrasi lokas (Urbanisasi, transmigrasi) maupun internasional memberikan dampak positif dan negatif bagi daerah yang ditinggalkan maupun daerah tujuan.

1. Dampak positif
a. berkurangnya jumlah penduduk
Bagi wilayah yang cukup padat, adanya migrasi memberikan dampak berkurangnya kepadatan penduduk. Dampak ini memberikan akibat berkurangnya tekanan penduduk di wilayah padat.
b. Berkurangnya jumlah pengangguran
Migrasi biasanya dilakukan oleh penduduk antara lain dengan tujuan untuk pemenuhan kebutuhan dengan mencari pekerjaan. Pengangguran yang tadinya menumpuk di daerah asal migra, akan menjadi kurang. Akibatnya, kesejahteraan penduduk wilayah tersebut pun bisa terangkat.

2. dampak negatif
Meskipun memberi dampak positif yang cukup signifikanbagi daerah yang ditinggalkan, ternyata hal tersebut juga diikuti dengan munculnya dampak negatif.
a. Berkurangnya tenaga kerja muda dan penggerak pembangunan, karena pada umumnya sebagian besar penduduk yang melakukan migrasi adalah penduduk usia kerja
b. Stabilitas keamanan yang menurun, akibat banyaknya penduduk muda yang melakukan migrasi
c. Wilayah yang ditinggalkan pada umumnya merupakan wilayah agraris dimana setiap hari lahan pertaniannya belum tentu digarap. Jika menunggu musim panen tiba para penggarap pertanian tidak mempunyai pekerjaan (setengah menganggur). Kondisi inilah yang mendorong banyak penggarap pertanian bermigrasi. Tenaga penggarap pun akan ebrkurang.

b. Dampak bagi daerah tujuan
1. dampak positif, yaitu
a. Jumlah tenaga kerja meningkat
b. Terjadinya percampuran budaya antara penduduk pribumni dan pendatang yang pada akhirnya dapat membentuk budaya baru

2. Dampak negatif, yaituyu
a. Terjadinya peningkatan kepadatan penduduk
b. Kepadatan lalu lintas meningkat
c. Munculnya permukiman kumuh dan pedagang kaki lima
d. Berkurangnya lapangan pekerjaan

c. Penyajian data kependudukan
Banyak cara yang digunakan untuk menyajikan data kependudukan. Tetapi, secara umum data kependudukan dapat disajika dalam tiga bentuk yaitu tabel, grafik.digram dan peta.

Demikianlah  Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk. Semoga bermanfaat :)


Penelusuran yang terkait dengan DINAMIKA PENDUDUK

pengertian dinamika penduduk, makalah dinamika penduduk, pertumbuhan penduduk, dinamika penduduk dan permasalahannya, dinamika penduduk ips kelas 8, dinamika kependudukan, dinamika penduduk pdf, dinamika penduduk ppt. Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk.  pengertian dinamika penduduk, makalah dinamika penduduk, pertumbuhan penduduk, dinamika penduduk dan permasalahannya, dinamika penduduk ips kelas 8, dinamika kependudukan, dinamika penduduk pdf, dinamika penduduk ppt. Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk.  pengertian dinamika penduduk, makalah dinamika penduduk, pertumbuhan penduduk, dinamika penduduk dan permasalahannya, dinamika penduduk ips kelas 8, dinamika kependudukan, dinamika penduduk pdf, dinamika penduduk ppt. Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk. pengertian dinamika penduduk, makalah dinamika penduduk, pertumbuhan penduduk, dinamika penduduk dan permasalahannya, dinamika penduduk ips kelas 8, dinamika kependudukan, dinamika penduduk pdf, dinamika penduduk ppt. Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk. pengertian dinamika penduduk, makalah dinamika penduduk, pertumbuhan penduduk, dinamika penduduk dan permasalahannya, dinamika penduduk ips kelas 8, dinamika kependudukan, dinamika penduduk pdf, dinamika penduduk ppt. Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk



Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Pengertian Dinamika Penduduk, Pertumbuhan penduduk, Dampak dinamika penduduk"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA