loading...
loading...

Kurangi Depresi dengan Makanan berikut ini

Kurangi Depresi dengan Makanan berikut iniDepresi adalah suatu kondisi yang lebih dari suatu keadaan sedih, bila kondisi depresi seseorang sampai menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-harinya maka hal itu disebut sebagai suatu Gangguan Depresi. Beberapa gejala Gangguan Depresi adalah perasaan sedih, rasa lelah yang berlebihan setelah aktivitas rutin yang biasa, hilang minat dan semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur. Depresi merupakan salah satu penyebab utama kejadian bunuh diri.
Penyebab suatu kondisi depresi meliputi:
  • Faktor organobiologis karena ketidakseimbangan neurotransmiter di otak terutama serotonin
  • Faktor psikologis karena tekanan beban psikis, dampak pembelajaran perilaku terhadap suatu situasi sosial
  • Faktor sosio-lingkungan misalnya karena kehilangan pasangan hidup, kehilangan pekerjaan, paska bencana, dampak situasi kehidupan sehari-hari lainnya
Kurangi Depresi dengan Makanan berikut ini
Kurangi Depresi dengan Makanan berikut ini

 Depresi Dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya :
  1. Penyakit kulit.
  2. Gangguan saluran pencernaan.
  3. Migran.
  4. Denyut jantung dengan kecepatan yang tidak wajar.
  5. Rasa sakit pada dada.
  6. Tekanan darah tinggi.
  7. Ketidak seimbangan ginjal, menahan air.
  8. Gangguan pernapasan.
  9. Alergi.
  10. Sakit pada persendian, mulut dan tenggorokan kering.
  11. Serangan jantung.
  12. Melemahnya sistem kekebalan tubuh.
  13. Perasaan bersalah dan hilangnya percaya diri
  14. Bingung.
  15. Ketidak mampuan menganalisa secara benar.
  16. Kemampuan berfikir yang rendah.
  17. Daya ingat yang lemah.
  18. Rasa putus asa yang besar.
Untuk mengatasinya ada baiknya kita mengkonsumsi makanan-makanan pengurang rasa depresi berikut ini:

1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang juga dikenal akan khasiatnya sebagai pendetox alami. Tak hanya itu, brokoli juga merupakan sumber asam folat yang baik. Hanya satu cangkir brokoli sudah memberikan Anda sekitar 24 % dari kebutuhan harian, belum lagi ditambah lagi dengan berbagai macam nutrisi penting lainnya. Direkomendasikan agar makan brokoli mentah organik, atau yang dikukus setengah matang. Brokoli mengandung folat yang bermanfaat untuk mengurangi depresi.

2. Buah jeruk

Buah jeruk adalah golongan buah yang mengandung asam folat tertinggi. Satu buah jeruk memberikan sekitar 50 mcg asam folat, dan segelas besar jus jeruk mungkin akan memberikan lebih banyak. Buah-buahan lainnya yang termasuk adalah buah pepaya, anggur, pisang, melon dan stroberi. Mengkonsumsi buah jeruk juga dapat mengurangi depresi.

3. Kacang-Kacangan

Buncis dan kacang polong adalah kacang-kacangan adalah makanan dari jenis kacang-kacangan yang tinggi akan senyawa ini. Kacang lainnya termasuk kacang pinto, kacang lima, kacang hijau, dan kacang merah. Hanya Semangkuk kecil dari setiap jenis kacang sudah bisa memberikan sebagian besar jumlah asupan harian asam folat yang direkomendasikan dan dapat mengurangi depresi.

4. Alpukat

Salah satu buah yang dapat mengurangi depresi adalah buah alpukat. Buah alpukat yang lembut dan lezat ini mengandung hingga 90mcg folat per-cangkirnya, yaitu sudah menyumbang sekitar 22% dar kebutuhan harian. Tidak hanya itu, buah alpukat juga merupakan sumber yang baik lemak, vitamin K dan serat.

5. Kecambah

Kecambah mungkin bukan jenis sayuran favorit Anda. Namun ia adalah termasuk salah satu makanan yang Anda perlukan untuk memperoleh folat. Makan satu cangkir kecambah yang direbus akan memberikan sekitar 25% dari jumlah harian yang direkomendasikan. Selain itu kecambah juga tinggi vitamin C , vitamin E, vitamin K , vitamin A , mangan dan kalium.Karena kecambah mengandung folat ia juga mampu kurangi rasa depresi.

6. Biji-bijian

Semua biji-bijian, seperti biji labu, wijen, biji bunga matahari, biji rami, mengandung folat dengan jumlah yang sehat jadi mereka mampu kurangi rasa depresi dalam tubuh. Namun yang paling banyak adalah Biji bunga matahari dan biji rami, yaitu satu cangkirnya bisa memberikan hingga 300 mcg. 

7. Bungkul

Bungkul atau bunga kol dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang mengandung vitamin C, serta juga merupakan sumber asam folat yang mampu kurangi rasa depresi. Makan hanya satu cangkir bungkul akan memberikan sekitar 55 mcg folat, atau 14 % dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan.

8. Labu

Labu mungkin bukanlah sayuran yang  populer dalam keluarga Anda, tetapi tidak ada yang menyangkal akan manfaat gizi dari labu. Labu adalah sayuran yang akan menyumbang kebutuhan total folat harian Anda sekitar 14%. 1 cangkir labu mengandung sekitar 57 mcg sehingga bermanfaat untuk kurangi rasa depresi. Sementara itu, biji labu(kwaci) juga dikenal sebagai makanan terbaik sumber serat, omega 3, dan mineral penting lainnya. 

9. Jagung

Jagung juga telah populer mengandung vitamin ini. Hanya satu cangkir jagung dimasak sudah akan memberikan sekitar 76 mcg, atau hampir 20 % dari kebutuhan harian Anda. Disarankan memilih sayuran organik segar, untuk sumber terbaik nutrisi ini. Mengkonsumsi jagung efektif sekali mengurangi rasa depresi.

10. Wortel dan tomat

Wortel merupakan sayuran yang sangat populer akan kandungan vitamin A-nya. Selain itu wortel juga mengandung sekitar hampir 5 % dari kebutuhan harian asam folat Anda sehingga mampu kurangi rasa depresi. Makan wortel yang di jus, atau dicampur salad akan membantu untuk meningkatkan kebutuhan Anda. Tomat selain mengandung tinggi serat dan vitamin C, ia juga kaya akan asam folat. 1 cangkir jus tomat akan memberikan sekitar 49 mcg .

Itulah Makanan-Makanan yang mampu kurangi depresi, tidak ada salahnya jika anda sedang depresi mengkonsumsi makanan-makanan diatas.
 
Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang juga dikenal akan khasiatnya sebagai pendetox alami. Tak hanya itu, brokoli juga merupakan sumber asam folat yang baik. Hanya satu cangkir brokoli sudah memberikan Anda sekitar 24 % dari kebutuhan harian, belum lagi ditambah lagi dengan berbagai macam nutrisi penting lainnya. Direkomendasikan agar makan brokoli mentah organik, atau yang dikukus setengah matang. - See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/buah-dan-sayuran-yang-mengandung-asam-folat-tinggi.html#sthash.CfAuvYX3.dpuf

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Kurangi Depresi dengan Makanan berikut ini"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA