loading...
loading...

Fakta-Fakta Unik Kupu-Kupu

Fakta-Fakta Unik Kupu-Kupu - Kupu-Kupu bisa dibilang adalah hewan ajaib, bagaimana tidak, semua kupu-kupu yang cantik itu asalnya adalah dari ulat dimana banyak orang jijik akan keberadaanya. Kupu-kupu juga menjadi simbol kekuatan bagi kalangan bijak, dengan berfilosofi bahwa "Jika ingin tumbuh indah, kau harus siap menghadapi rintangan terlebih dahulu", Seperti kupu-kupu dalam fase metarmorfosisnya di dalam kepompong, kupu-kupu tidak makan, tidak minum.

Berikut Blogger Jemo Lintank Merangkum Fakta-Fakta Unik Kupu-Kupu, Silahkan dibaca.
Fakta-Fakta Unik Kupu-Kupu
Fakta-Fakta Unik Kupu-Kupu

Fakta-Fakta Unik Kupu-Kupu

1. Spesies yang Begitu Banyak

Faktanya, ada begitu banyak spesies kupu-kupu, Di pulau bali dan jawa saja tercatat lebih dari 600 spesies kupu-kupu.

2. Masa Hidup Yang Singkat

Banyak yang percaya bahwa kupu-kupu memiliki masa hidup yang singkat, faktanya kupu-kupu dewasa memang hanya mempunyai masa hidup yang singkat, dan hanya mampu hidup beberapa minggu lamanya.

3. Telur yang Unik

Telur kupu-kupu dilindungi oleh kulit berabung keras yang disebut khorion ditutupi dengan lapisan anti lilin yang melindungi telur dari terjemur sebelum larva sempat berkembang sepenuhnya., Setiap telur memiliki pori-pori berbentuk corong yang halus di satu ujungnya, yaitu mikropil  yang bertujuan memungkinkan masuknya sperma untuk bergabung dengan sel telur. Lain spesies lain ukuran telurnya, namun semua telur kupu-kupu berbentuk bola maupun ovat.

Telur kupu-kupu dilekatkan pada daun dengan bahan perekat khusus yang cepat mengeras. Bila mengeras, bahan itu berkontraksi dan membengkokkan bentuk telur. Perekat ini mudah dilihat membentuk bahan meniskus yang mengelilingi tapak setiap telur. Perekat ini jugalah yang diproduksi oleh pupa untuk mengikat seta-seta kremaster. Perekat ini sungguh keras sampai lapik sutra yang melekatkan seta-seta tidak bisa dipisahkan.

Telur kupu-kupu selalu diletakkan pada tumbuhan. Setiap spesies kupu-kupu memiliki rentang tumbuhan perumah yang sendiri, baik yang hanya satu spesies maupun berbagai spesies. Tingkat telur dilalui selama beberapa minggu untuk kebanyakan kupu-kupu, tetapi telur yang keluar tidak lama sebelum musim dingin, terutama di daerah beriklim sedang, harus melalui tingkat diapaus (istirahat) dan hanya menetas di musim semi. Ada spesies kupu-kupu yang lain yang bisa bertelur pada musim semi agar telur dapat menetas pada musim panas.

4. Kupu-Kupu yang paling Langka

Ada beberapa spesies kupu-kupu di dunia ini yang paling langka, salah satunya adalah Kupu-Kupu transparan. Kupu-Kupu  jenis ini seringnya memiliki habitat di amerika dan meksiko
Fakta-Fakta Unik Kupu-Kupu
Fakta-Fakta Unik Kupu-Kupu

5. Banyak disukai

Faktanya, kupu-kupu banyak disukai karena warnanya yang indah, berikut foto kupu-kupu yang indah.

Fakta-Fakta Unik Kupu-Kupu
Fakta-Fakta Unik Kupu-Kupu

6. Kupu-Kupu besar

Ada satu Jenis kupu-kupu besar, dimana bentuknya jauh lebih besar dari kupu-kupu pada umumnya, yang disebut sebagai kupu-kupu gajah.

Kupu-kupu gajah kerap dianggap sebagai ngengat yang terbesar di dunia, khususnya terkait luas permukaan sayap-sayapnya, yang mencapai 400 cm². Rentang sayapnya pun termasuk salah satu yang terlebar, hingga lebih dari 25 cm (10 in). Ngengat betina ukuran tubuhnya lebih besar dan lebih berat daripada yang jantan.

Itulah Fakta-Fakta Unik Kupu-Kupu, mari sama-sama kita jaga kupu-kupu dari kepunahan, agar anak cucu kita kelak dapat melihat keindahan dari hewan kecil bersayap yang satu ini.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Fakta-Fakta Unik Kupu-Kupu"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA