loading...
loading...

apa itu plankton ???


Plankton
didefinisikan sebagai organisme hanyut apapun yang hidup dalam zona pelagik (bagian atas) samudera, laut, dan badan air tawar. Secara luas plankton dianggap sebagai salah satu organisme terpenting di dunia, karena menjadi bekal makanan untuk kehidupan akuatik.
Bagi kebanyakan makhluk laut, plankton adalah makanan utama mereka. Plankton terdiri dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut. Ukurannya kecil saja. Walaupun termasuk sejenis benda hidup, plankton tidak mempunyai kekuatan untuk melawan arus, air pasang atau angin yang menghanyutkannya.
Plankton hidup di pesisir pantai di mana ia mendapat bekal garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi. Ini penting untuk memungkinkannya terus hidup. Mengingat plankton menjadi makanan ikan, tidak mengherankan bila ikan banyak terdapat di pesisir pantai. Itulah sebabnya kegiatan menangkap ikan aktif dijalankan di kawasan itu.
Selain sisa-sisa hewan, plankton juga tercipta dari tumbuhan. Jika dilihat menggunakan mikroskop, unsur tumbuhan alga dapat dilihat pada plankton. Beberapa makhluk laut yang memakan plankton adalah seperti batu karang, kerang, dan ikan paus.
Plankton dibagi menjadi : 1. fitoplankton 2. zooplankton


Fitoplankton

Diatom adalah salah satu jenis yang paling umum fitoplankton.

Fitoplankton adalah komponen autotrophic komunitas plankton. Nama berasal dari kata Yunani ????? (phyton), yang berarti "tanaman", dan ???????? (planktos), yang berarti "pengembara" atau "gelandangan".  Sebagian besar fitoplankton terlalu kecil untuk secara individual dilihat dengan mata telanjang. Namun, ketika hadir dalam jumlah cukup tinggi, mereka mungkin muncul sebagai warna hijau dari air karena keberadaan klorofil dalam sel mereka (walaupun warna sebenarnya dapat bervariasi dengan jenis fitoplankton hadir karena berbagai tingkat klorofil atau kehadiran pigmen aksesori seperti phycobiliproteins, xanthopil, dll).

Zooplankton Ini adalah hewan dan binatang plankton seperti. Mereka berbeda dalam ukuran, dengan ubur-ubur yang terbesar dari spesies. plankton Sebagian besar mikroskopis, tetapi mereka dapat tertangkap dengan menyeret plankton net melalui air. hari lebih lama menyebabkan peningkatan pesat dalam populasi plankton sehingga waktu terbaik untuk menangkap mereka adalah pada musim semi dan awal musim panas.

Ada dua kelompok zooplankton; The zooplankton sementara (juga disebut meroplankton) dan zooplankton permanen. Para zooplankton sementara adalah embrio ikan, kepiting, spons, kerang dan invertebrata lainnya. Jenis zooplankton menghabiskan bagian awal hidupnya mengambang dekat permukaan laut. Ketika mereka dewasa, mereka menetap ke bawah, di mana mereka berubah menjadi dewasa. Setelah dewasa theyre mereka tidak lagi dianggap sebagai bagian dari populasi plankton.


Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "apa itu plankton ???"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA