Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

13 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Mataram Islam Dalam Sudut Pandang Sejarah


13 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Mataram Islam Dalam Sudut Pandang Sejarah – Hai sahabat segala fakta, kali ini kita akan membahas tentang fakta menarik kerajaan mataram islam dalam sudut pandang Sejarah. Yuk langsung dibaca :

13 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Mataram Islam Dalam Sudut Pandang Sejarah
13 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Mataram Islam Dalam Sudut Pandang Sejarah 



Berikut Fakta-faktanya:

Fakta 1 : Sutawijoyo memindahkan pusat pemerintahan ke Kotagede dan berdirilah kerajaan mataram islam.

Fakta 2 : Sutawijoyo mengangkat dirinya sebgai raja Mataram pertama dengan gelar Panembahan Senopati (1586-1601) dengan kotagede sebagai ibukotanya.

Fakta  3 : Tindakan-tindakan Sutawijoyo yang penting antara lain :
- Meletakkan dasar-dasar kerajaan mataram
- Memperluas wilayah kekuasan dan menundukkan Surabaya, Madiun dan Ponorogo ke timur dan ke barat berhasil menundukkan Cirebon dan Galuh.

Fakta 4 : Raja terbesar kerajaam Mataram ialah Mas Rangsang dengan gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo (1613-1645).

Fakta 5 : Sultan agung bercita-cita menyatukan seluruh jawa dibawah kekuasan mataram dan mengusir kompeni (VOC) dari Batavia.

Fakta 6 : Masa pemerintahan sultan agung yang selama 32 tahun dibedakan atas dua periode, yaitu masa penyatuan kerajaan dan masa pembangunan.

Fakta 7 : Masa penyatuan kerajaan (1613-1629) merupakan masa peperangan untuk mewujudkan cita-cita menyatukan seluruh jawa.

Fakta 8 : Kerajaan Mataam yang teletak di Pedalam merupakan sebuah kerajan agraris dengan hasil utamanya beras. Pada masa Sultan agung, kehidupan masyarakat mataram mengalami perkembangan pesat. Pada masa ini hasil bumi mataram cukup melimpah.

Fakta 9 : Pada masa kebesaran mataram, kebduayaan juga berkembang, antara lain seni tari, seni pahat, seni sastra dan sebagainya.

Fakta 10 : Di samping itu, muncull juga kebudayaan kejawen yang merupakan akulturasi antara kebudayaan jawa, Hindu, Buddha dengan islam.

Fakta 11 : Upacara Garebeg yang bersumber pada pemujaan roh nenek moyang berupa kenduru gunungan yang merupakan tradisi sejak zaman majapahit dijatuhkan pada waktu perayaan hari besar islam sehingga muncul Garebeg Syawal pada hari raya idul Fitri dan garebeg maulud pada bulan Rabiulawal.

Fakta 12 : Adanya suasana yang aman, damai dan tentram pada kerajaan Mataram islam menyebabkan berkembangya kesusteraan jawa.

Fakta 13 : Sultan agung mengarang kitab sastra gending yang berupa filsafat. Demikian juga muncul Kitab Nitisruti, Nitisastra, dan Astabrata yang berisi ajaran tabiat baik yang bersumber pada kita Ramayana.

Demikianlah Fakta Menarik Tentang Kerajaan Mataram Islam Dalam Sudut Pandang Sejarah. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "13 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Mataram Islam Dalam Sudut Pandang Sejarah "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA