loading...

13 Fakta Menarik Tentang Sultan Hasanuddin Salah Satu Pahlawan Indonesia

13 Fakta Menarik Tentang Sultan Hasanuddin Salah Satu Pahlawan Indonesia – Hai sahabat Segala Fakta, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Fakta Menarik Sultan Hasanuddin yang merupakan salah satu pahlawan Indonesia. Yuk, langsung dibahas.

13 Fakta Menarik Tentang Sultan Hasanuddin Salah Satu Pahlawan Indonesia
13 Fakta Menarik Tentang Sultan Hasanuddin Salah Satu Pahlawan Indonesia 


Dilansir dari Biografipedia.com berikut ini fakta-fakta Menarik Sultan Hasanuddin :

Fakta 1 : Sultan Hasanuddin merupakan salah satu pahlawan Indonesia yang dikenal kental akan keberaniannya dalam membela bangsa indonesia.

Fakta 2 : Sultan Hasanuddin juga dikenal dengan sebutan “Ayam jantan dari Timur”.

Fakta 3 : Sultan Hasanuddin merupakan putra dari raja Gowa ke-15, I manutungu Daeng Mattola Karaeng Lakiyung Sultan Malikulsaid.

Fakta 4 : Nama pertama Sultan Hasanuddin adalah I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattang Karaeng Bonto Mangape.

Fakta 5 : Selama dalam asuhan ayahnya Sultan Hasanuddin yang saat itu masih menjabat sebagai raja Gowa. Sultan Hasanuddin Sering diajak Untuk datang ke dalam perundingan penting, dengan tujuan agar Sultan Hasanuddin belajar tentang Ilmu pemerintahan, diplomasi, dan strategi perang.

Fakta 6 : Sultan Hasanuddin saat berusia 22 tahun diangkat menjadi raja Gowa ke-16

Fakta 7 : Sultan Hasanuddin mempunyai sifat yang gagah berani dan memiliki pengetahuan tentang pemerintahan.

Fakta 8 : Setelah menjadi raja, Sultan Hasanuddin mendapat gelar tambahan yaitu Sultan Hasanuddin Tumenanga Ri Balla Oangkana,

Fakta 9 : Ketika Sultan Hasanuddin menjabat sebagai raja Gowa ke-16, pasukan belanda tengah berusaha untuk menguasai rempah-rempah di wilayah timur indonesia.

Fakta 10 : Sultan Hasanuddin mengikuti prinsip kakek dan ayahnya, yaitu : Tuhan menciptakan bumi dan lautan untuk dimiliki dan dipakai secara bersama-sama.

Fakta 11 : Sultan Hasanuddin memiliki strategi untuk melawan belanda yaitu dengan berusaha menggabungkan kekuatan kerajaan-kerajaan kecil di Indonesia bagian timur.

Fakta 12 : Kegigihan dan keberanian Sultan Hasanuddin dalam perang membuat beliau mendapat julukan “De Haantjes Van Het Oesten” yang artinya Ayam jantan dari timur.

Fakta 13 : Sultan Hasanuddin diangkat sebagai pahlawan nasional pada tanggal 6 November 1973 berdasarkan surat keputusan presiden no. 087/TK/1973.

Demikianlah 13 Fakta Menarik Tentang Sultan Hasanuddin Salah Satu Pahlawan Indonesia. Nantikan terus fakta-fakta keren dan menarik lainnya hanya di Blog Segala Fakta.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "13 Fakta Menarik Tentang Sultan Hasanuddin Salah Satu Pahlawan Indonesia "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA

KOMENTAR TERBARU

loading...