Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan

53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan – Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari. Namanya diambil dari dewa perang Romawi, Mars. Planet ini sering dijuluki sebagai "planet merah" karena tampak dari jauh berwarna kemerah-kemerahan. Ini disebabkan oleh keberadaan besi(III) oksida di permukaan planet Mars.Mars adalah planet bebatuan dengan atmosfer yang tipis. Di permukaan Mars terdapat kawah, gunung berapi, lembah, gurun, dan tudung es. Periode rotasi dan siklus musim Mars mirip dengan Bumi. Di Mars berdiri Olympus Mons, gunung tertinggi di Tata Surya, dan Valles Marineris, lembah terbesar di Tata Surya. Selain itu, di belahan utara terdapat cekungan Borealis yang meliputi 40% permukaan Mars.

Lingkungan Mars lebih bersahabat bagi kehidupan dibandingkan keadaan Planet Venus. Namun begitu, keadaannya tidak cukup ideal untuk manusia. Suhu udara yang cukup rendah dan tekanan udara yang rendah, ditambah dengan komposisi udara yang sebagian besar karbondioksida, menyebabkan manusia harus menggunakan alat bantu pernapasan jika ingin tinggal di sana. Misi-misi ke planet merah ini, sampai penghujung abad ke-20, belum menemukan jejak kehidupan di sana, meskipun yang amat sederhana. (Wikipedia)


53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan

Berikut 53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan :

1 : Bulan Maret dinamai Mars.

2 : Simbol untuk Mars terlihat seperti perisai dan tombak dari dewa perang Mars / Ares. Itu juga merupakan simbol untuk seks pria.

53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


3 : Orang Yunani kuno berpikir bahwa Bumi adalah pusat alam semesta dan Mars adalah salah satu dari lima bintang yang berputar di sekitar itu.

4 : Mesir disebut Mars yang "Pelancong mundur" karena Mars tampaknya bergerak mundur melalui zodiak setiap 25,7 bulan.

5 : Warna merah Mars 'adalah karena oksida besi, juga dikenal sebagai karat, dan memiliki konsistensi bedak. Secara harfiah, batu logam di Mars lah yang berkarat.

6 : Mesir memberi Mars nama pertama tercatat: Har dècher ( "Yang merah"). Orang Babilonia menyebutnya Nergal ( "bintang kematian"). Orang-orang Yunani dan Romawi memberi nama planet setelah dewa masing-masing perang, Ares dan Mars. Ibrani menyebutnya Ma'adim, atau "Satu yang tersipu." Banyak orang kuno percaya warna kemerahan berasal dari darah yang berasal dari planet ini.

7 : Atmosfer (sebagian besar terdiri dari karbon dioksida) di Mars sangat tipis sehingga air tidak bisa terbentuk dalam cairan -bisa ada hanya sebagai uap air atau es. air cair dianggap bagi banyak ilmuwan sebagai "cawan suci" dari Mars.

8 : Tidak ada manusia yang bisa bertahan hidup dalam tekanan rendah Mars. Jika Anda pergi ke Mars tanpa baju ruang angkasa yang tepat, oksigen dalam darah Anda secara harfiah akan berubah menjadi gelembung, menyebabkan kematian langsung.

9 : Mars tidak memiliki lapisan ozon; Oleh karena itu, permukaan Mars bermandikan dosis mematikan radiasi setiap kali matahari terbit.

10 : Hanya 1/3 dari wahana antariksa yang dikirim ke Mars telah berhasil, menyebabkan beberapa ilmuwan bertanya-tanya apakah ada Mars "segitiga bermuda" atau "Great Galactic Ghoul" yang suka makan pesawat ruang angkasa.


Baca Juga : Fakta Venus dan Merkurius

11 : Pada tahun 1976, pernah didapat penampilan wajah manusia di mars. Banyak individu dan organisasi yang tertarik pada kehidupan di luar bumi berpendapat bahwa makhluk cerdas menciptakan "wajah." Meskipun Mars Global Surveyor (1997-2006) mengungkapkan bahwa "wajah" itu kemungkinan ilusi optik, percaya pada "wajah" dibebankan NASA dengan stripping Data dari gambar baru sebelum dirilis ke publik.

53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


12 : Mars mengandung labirin terbesar berpotongan ngarai di tata surya disebut Noctis Labyrinthus ( "labirin malam").

13 : Mars memiliki ngarai yang sangat besar bernama Valles Marineris (Mariner Valley), dengan ukuran  yang mengejutkan yaitu 2.500 mil panjang dan empat mil kedalaman. Selama daratan Amerika Serikat, ngarai raksasa ini mungkin dibentuk oleh tektonik "retak" kerak Mars 'dan merupakan celah terpanjang dikenal di tata surya.

53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
14 : Selama Renaisans, Mars memainkan peran sentral dalam salah satu pertempuran intelektual yang paling penting dan paling sengit dalam sejarah peradaban Barat: apakah bumi adalah pusat alam semesta. Nicholas Copernicus (1473-1543) koheren menjelaskan bahwa Mars tampaknya bergerak mundur melintasi langit karena bumi menyusul Mars dalam orbitnya mengelilingi matahari.

15 : Mars terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu dan sekitar 4.000 mil lebar (setengah diameter Bumi). Karena begitu banyak dari bumi ditutupi oleh lautan, jumlah permukaan tanah dua planet hampir equal. Mars juga jauh lebih ringan dari bumi, dengan hanya 1/10 dari massa. Ini adalah planet keempat dari matahari dan yang terakhir terestrial (berbatu) planet (planet-planet luar semua gas).

16 : Lingkungan bumi paling dekat menyerupai  sebagian kondisi di Mars sama dengan gurun Antartika. Namun, bahkan lingkungan yang tidak bersahabat di Bumi jauh lebih cocok untuk kehidupan daripada permukaan Mars.

17 : kerak Mars 'lebih tebal dari Bumi dan terdiri dari satu potong, tidak seperti kerak bumi yang terdiri dari beberapa piring bergerak.

18 : Meskipun jauh lebih dingin di Mars dibanding di Bumi, kemiringan serupa Bumi dan sumbu Mars 'berarti mereka memiliki musim yang sama. Seperti Bumi, Mars 'utara dan kutub selatan menyusut di musim panas dan tumbuh di musim dingin. Selain itu, hari di Mars adalah 24 jam 37 menit-hampir sama dengan Bumi. Tidak ada karakteristik planet lainnya yang sama seperti dengan Bumi.

19 : musim Mars 'adalah dua kali lebih lama seperti di Bumi karena Mars butuh 687 hari untuk mengorbit matahari, dua kali lebih lama 365 hari perjalanan Bumi.

20 : Mars memiliki badai debu terbesar dan paling kejam dalam seluruh tata surya kita. badai ini sering memiliki angin topping 125 mph, bisa bertahan selama berminggu-minggu, dan bisa menutupi seluruh planet. Ini biasanya terjadi ketika Mars tengah dekat dengan matahari.

53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


21 : Dengan tanpa bulan besar seperti Bumi untuk menstabilkannya, Mars berkala miring lebih ke arah matahari, menciptakan sebagian musim panas yang lebih hangat dibanding bumi.

22 : Mars adalah rumah bagi Hellas, dataran yang luas dan tanpa sifat yang mencakup 1.300 mil (ukuran Laut Karibia). Buku itu diciptakan oleh asteroid menabrak permukaan planet Mars hampir empat miliar tahun yang lalu.

23 : Selama musim dingin Mars, hampir 20% dari udara membeku.

24 : Phobos bulan Mars terbit di barat dan terbenam di timur-dua kali sehari. Deimos , di sisi lain, membutuhkan 2,7 hari untuk terbit di timur dan terbenam di barat. Bulan-bulan yang dinamai dewa kembar yang disertai Ares (atau Mars) ke dalam pertempuran

25 : Phobos mengorbit sangat dekat dengan Mars dan secara bertahap tenggelam ke Planet Merah. Diperkirakan sekitar 50 juta tahun lagi itu akan menabrak Mars atau pecah dan membentuk sebuah cincin kecil di sekitar planet ini.

53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


26 : Mars tidak memiliki medan magnet, menunjukkan bahwa ia tidak memiliki inti logam cair, tidak seperti di bumi. Namun, ada bukti bahwa Mars pernah memiliki medan magnet dan bahwa bidang mengalami perputaran, seperti medan magnet bumi yang berputar setiap beberapa ribu tahun sekali.

27 : Mars memiliki 37,5% dari gravitasi yang bumi miliki. Ini berarti bahwa orang 100-pound (45 kilo) di Bumi akan berat hanya 38 pound (sekitar 17 kilo) di Mars dan bisa melompat tiga kali lebih tinggi.

28 : Jika Anda sedang berkendara 60 mph dalam mobil, itu akan membutuhkan 271 tahun dan 221 hari untuk sampai ke Mars

29 : Mars adalah rumah bagi puncak tertinggi di tata surya: Olympus Mons. tinggi puncak menjulang ini adalah 15 mil (tiga kali lebih tinggi dari Gunung Everest) dan memiliki diameter 375 mil (ukuran Arizona). Hal ini disebut gunung berapi perisai karena memiliki seperti basis yang luas dan naik sangat bertahap.

53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


30 : Suhu rata-rata di Mars adalah -81 ° dan dapat berkisar dari -205 ° di musim dingin untuk 72 ° Fahrenheit di musim panas.

31 : Sebagian besar peneliti percaya bahwa permukaan Mars dibentuk oleh bencana banjir miliaran tahun yang lalu. Para ilmuwan tidak yakin tentang apa yang membentuk air mungkin telah diambil awal dalam sejarah Mars '. Satu teori adalah bahwa awal Mars lebih hangat dan membual hujan dan lautan. Teori lain adalah bahwa Mars selalu sangat dingin, tapi air terperangkap di bawah tanah seperti es secara berkala dilepaskan ketika pemanasan menyebabkan es mencair dan membesut ke permukaan. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada air di Mars. Banyak ilmuwan berspekulasi bahwa air Mars 'mungkin telah hilang ke ruang jika atmosfer Mars menipis lebih banyak ribuan tahun. sejumlah besar air, baik dalam bentuk es atau cair, yang dianggap masih terjebak di bawah permukaanya.


32 : Bulan Bumi adalah 240.000 mil jauhnya. tetangga terdekat berikutnya bumi adalah Venus, yang datang sebagai dekat sebagai 24 juta mil. Setelah bulan dan Venus, Mars adalah berikutnya tetangga terdekat kita pada 34 juta mil jauhnya-meskipun ketika Mars dan Bumi yang di sisi berlawanan dari orbitnya mengelilingi matahari, mereka dipisahkan oleh 249 juta mil.

Baca Juga : Fakta Venus dan Merkurius

33 : Pada tahun 1965, pesawat ruang angkasa Amerika Serikat Mariner 4 , terbang pertama yang berhasil melintasi Mars. Butuh 228 hari untuk mencapai Mars dan mengirim 22 gambar ke Bumi. Banyak ilmuwan yang sangat kecewa bahwa gambar tidak menunjukkan tanda-tanda lautan atau vegetasi yang mereka pikir akan ditemukan. Pada tahun 2008, bagaimanapun, para ilmuwan percaya bahwa mereka menemukan bukti signifikan karbonat di daerah tertentu di Mars, yang menunjukkan bahwa air cair dan bahkan mungkin kehidupan pernah ada di sana.

34 : Pada tanggal 14 November 1971, Amerika Serikat Mariner 9 adalah pesawat ruang angkasa pertama yang mengorbiti Mars (atau planet lain). Setelah badai debu besar dibersihkan, Mariner 9 mulai mengirimkan hampir 73.000 gambar dan mengungkapkan gunung berapi yang sangat besar, ngarai besar, air bawah tanah beku dalam bentuk permafrost, dan apa yang tampaknya menyebabkan dasar sungai kering.

35 : Mars 2 adalah satelit yang dibangun oleh bekas Uni Soviet, memiliki perbedaan pahit menjadi yang pertama objek buatan manusia untuk mendarat di Mars pada November 1971. Sayangnya, menabrak permukaan disaat terjadinya badai debu besar.

53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


36 : 20 Juli 1976, adalah Hari yang bersejarah, karena Amerika Serikat 'Viking 1 adalah pesawat ruang angkasa manusia pertama yang mendarat utuh dan operasional di permukaan Mars. Diikuti Viking 2 mendarat dengan sukses pada tanggal 3 September 1976. Viking Landers disampaikan gambar warna pertama planet. Ketika Viking kedua memiliki saat-saat terakhirnya kontak pada tahun 1978, manajer proyek George Gianopoulos mengatakan "Ini seperti kehilangan seorang teman lama; bagaimana Anda mengungkapkannya? "

36 : film The Mars Di 2015, Matt Damon memainkan karakter bernama Mark. "Mark" adalah versi bahasa Inggris dari nama Latin Marcus, yang berarti Mars



37 : Selama misi Viking ke Mars, para ilmuwan khawatir tentang mencemari lingkungan Mars dengan mikroba dari Bumi.

38 : Pada tahun 1996, Amerika Serikat meluncurkan Pathfinder (juga disebut Sagan Lander setelah astronom terkenal dan penulis Carl Sagan) sehingga akan mendarat di Amerika Hari Kemerdekaan 4 Juli, 1997. Ini memantul untuk 92 detik pada airbag sebelum berhenti, sehingga yang pertama sukses udara bag-dimediasi pendaratan.

53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


39 : robot kecil Pathfinder, Sojourner, mengumpulkan dan mempelajari batuan Mars. Bergerak kurang dari 0,5 inci per detik sehingga jika mengalami kesulitan, ilmuwan memakai kacamata 3-D untuk mengukur kedalaman dan perspektif pada komputer 2-D mereka di Bumi bisa mengirimkannya arah yang tepat. Sojourner adalah robot pertama yang mengeksplorasi planet lain.

40 : Nama-nama tidak resmi dari banyak batu di permukaan Mars adalah nama yang ringan, seperti Barnacle Bill, Yogi, Pop-Tart, Shark, Half Dome, Moe, Stimpy, dan Cabbage Patch. Para ilmuwan memilih nama ini karena mereka mudah untuk diingat.

41 : Karena Mars memiliki hampir tidak ada atmosfer, Sunrise dan sunset muncul dengan warna biru.

53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


42 : Hanya 12 meteor Mars diketahui ada di bumi dan secara kolektif disebut Shergotty-Nakhla-Chassingy atau SNC ( "snick") meteorit. Yang paling terkenal disebut Allan Hills (ALH) 84001 dan diyakini telah meluncur Mars 16 juta tahun yang lalu, memukul bumi 13.000 tahun yang lalu di Antartika. Hal ini sangat luar biasa karena tampaknya memegang fosil mikroskopis bakteri Mars, memicu perdebatan tentang apakah kehidupan kuno pernah ada di Mars.

45 : Sampai saat ini, banyak yang berpikir kutub Mars terbuat dari karbon dioksida (es kering) dengan hanya sejumlah kecil air. Kemudian pengamatan lainnya menunjukkan bahwa kutub terjadi dari sebagian besar air beku dengan lapisan tipis karbon dioksida.

46 : Jika meleleh ke bentuk cair, jumlah air di tutup kutub selatan akan menutupi seluruh planet dengan kedalaman sekitar 36 kaki.

47 : Galileo Galilea adalah orang pertama yang mengamati Mars melalui teleskop, di 1609.

48 : Pada tanggal 27 Agustus 2003, Mars membuat pendekatan terdekat dengan Bumi dalam hampir 60.000 tahun. Waktu berikutnya akan menjadi yang dekat lagi akan di 2287.


49 : Pada tahun 1877, astronom Italia Giovanni Schiaparelli menemukan jaringan aneh garis di Mars dan memanggil mereka canali, Italia untuk "saluran" tapi yang salah menerjemahkan sebagai "kanal." Astronom Amerika Percival Lowell (salah) menduga bahwa kanal yang digunakan untuk memindahkan air dari topi es Mars ke padang gurun. Karyanya memicu daya tarik publik yang besar dengan Mars.

50 : H.G. Wells '1898 Novel War of the Worlds menggambarkan Mars sebagai penjajah berteknologi maju yang menghancurkan ribuan nyawa dalam usaha mereka untuk mengambil alih dunia. Its 1938 radio publik yang disiarkan oleh aktor Orson Wells menghasut kepanikan massal di seluruh Amerika Serikat.

51 : Lebih dari 100.000 orang telah diterapkan untuk satu perjalanan untuk menjajah Mars pada 2022.

52 : Mars 'belahan utara dan selatan begitu berbeda mereka bisa disebut planet yang berbeda. Belahan bumi selatan ini sangat banyak kawah dengan ketinggian tinggi. Sebaliknya, belahan bumi utara memiliki ketinggian yang lebih rendah dengan kawah yang lebih sedikit. Para ilmuwan percaya meteor ukuran Pluto  pernah sekali menabrak Mars, menciptakan wilayah utara lebih halus.

53 : NASA dan ESA (European Space Agency) berharap untuk berkolaborasi pada masa depan misi ke Mars, termasuk misi sampel-return serta akhirnya mendaratkan manusia di Mars pada 2035.

Demikianlah 53 Fakta tentang Mars Yang Menarik. Semoga menambah wawasan anda. Silahkan Dishare jika menyukai artikel di atas :)

Baca Juga : Fakta Venus dan Merkurius

VIDEO :





Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA