loading...
loading...

Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur

Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur - Hai sahabat Blogger Jemo lintank, setelah barusan admin memposting tentang Bisnis Online Itu SCAM ? Sekarang admin posting tentang Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur, Masakan tentunya tidak akan lengkap tanpa bumbu dapur, bumbu dapur yang alami terdiri dari berbagai macam diantaranya, jahe, kemiri, lengkuas, tomat, dsb.

Bumbu dapur Tidak hanya memberi efek penyedap rasa dan aroma, ternyata bumbu dapur mempunya khasiat yang dahsyat, mari kita bahas :

Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur
Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur
Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur

Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur Jahe :

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Sebagai tanaman herbal, jahe menyimpan macam-macam zat yang baik bagi tubuh. Berikut ini adalah diantaranya :'

1. Menghangatkan tubuh
Sifat jahe yang hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh. Sejenis minuman yang sering dinikmati yaitu wedang jahe ini, memang sudah menjadi konsumsi wajib bagi penduduk daerah pegunungan. Selain itu jahe, juga memiliki anti virus dan anti toksin dengan membantu mempromosikan keringat yang dapat 
 membantu mengobati batuk dan masuk angin.
 
2. Pencegahan Timbulnya Kanker Ekstrak jahe ternyata dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit,pankreas,kanker ginjal dan gejala kanker patu-paru.

3. Mengatasi Masalah Pernafasan
Masalah pernafasan yang paling umum diderita adalah batuk atau pilek. Jahe termasuk jenis ekspektoran alami yang berfungsi dalam melegakan sistem pernafasan, dengan yang memecah dan menghilangkan lendir (dahak) dapat dengan mudah keluar dan memulihkan sistem pernafasan seperti sedia kala.

4. Melancarkan Pencernaan
Mungkin pada awalnya kita berfikir hanya manfaat buah-buahan saja yang dapat berguna bagi masalah pencernaan. Saat ada acara-acara perayaan, mungkin kita memakan banyak makanan. Pilihlah minuman jahe yang dapat membantu kelancaran pembuangan sisa makanan. Jahe membantu penyerapan makanan dan mencegah kemungkinan sakit perut, karena sifatnya yang mengurangi peradangan.
 
5. Mengatasi Memar dan Rasa Nyeri
Ketika tubuh mengalami sebuah benturan benda tumpul, terkadang menyebabkan memar. Senyawa di dalam sari jahe merupakan anti inflamasi, dapat digunakan untuk meredakan nyeri secara alami akibat benturan tersebut. Manfaat jahe dengan kandungan anti inflamasi juga dapat mengurangi nyeri pada gejala penyakit rematik.

Manfaat Jahe Perawatan Kecantikan

Jahe ternyata juga mampu memberikan manfaatnya untuk kecantikan. Beberapa tipsnya, dapat kita simak dibawah ini :
 
6. Mengatasi Kulit Berminyak
Bahan mineral alami pada jahe dapat dipercaya ampuh mengurangi kulit yang cenderung berminyak. Berikut ini cara-caranya :
  • Campur bahan-bahan yaitu jahe parut, garam laut, bubuk kayu manis dan pala bubuk
  • Haluskan dengan ditambah air, hingga wujudnya seperti pasta
  • Kemudian oleskan pada titik-titik wajah yang banyak menghasilkan minyak
  • Lalu diamkan selama 10 menit
  • Bilas kulit dengan air dingin
7. Menghilangkan ketombe
Sari jahe dapat digunakan sebagai bahan pencuci rambut yang dengan alami membantu mengurangi ketombe, seperti yang ditemui manfaat jeruk nipis. Ekstrak jahe ini juga dapat mencegah timbulnya masalah kerontokan pada rambut.
Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur :
Adapun khasiat dan manfaat lengkuas bagi kesehatan antara lain:

  1. Lengkuas mampu mencegah dan mengobati tumor. Senyawa transkoniferil disasetat di dalam lengkuas diketahui mampu menghambat kerja enzim xanthin yang merupakan salah satu pemicu tumor.
  2. Lengkuas bersifat anti-inflamasi, dengan demikian ia ampuh meredakan radang. Manfaat lengkuas ini terkait kandungan galangin, dan karioferidanya.
  3. Lengkuas ampuh mengobati penyakit rheumatoid arthritis.
  4. Lengkuas bisa meredakan gelaja kurang nyaman akibat luka yang terdapat di dalam perut.
  5. Jika Anda mabuk laut, kunyahlah lengkuas dan permasalahan Anda tersebut akan teratasi.
  6. Dengan menggunakan lengkuas di dalam masakan Anda, secara tidak langsung Anda telah mengkonsumsi obat alami untuk melancarkan peredaran darah serta menangkal radikal bebas dari dalam.
  7. Manfaat lengkuas lainnya adalah meredakan diare. Cukup dengan beberapa kunyahan lengkuas, diare akan hilang dalam beberapa waktu.
  8. Lengkuas bisa menyembuhkan rematik dan juga sakit limfa.
  9. Jika Anda cermat, terkadang dalam produk penambah nafsu makan selalu dicantumkan lengkuas atau Alpinna Galanga sebagai salah satu bahan baku. Memang, salah satu manfaat lengkuas adalah untuk membantu merangsang nafsu makan. Jadi jika anak atau anggota keluarga Anda lainnya mengalami kondisi kurang nafsu makan, tak ada salahnya meracik lengkuas menjadi minuman hangat untuk mereka.
Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur  Daun Salam
Manfaat daun salam :
 
Untuk mencegah penyakit jantung

Daun salam ternyata kaya akan nutrisi serta berbagai senyawa salah satunya ialah salisilat yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung anda. Bagi anda yang gemar memasukkan daun salam ke dalam masakan anda sebagai penyedap masakan maka akan mempunyai resiko yang sangat rendah mengidap penyakit jantung. Nah, karena hal tersebutlah sebaiknya anda perbanyak mengkonsumsi masakan yang mengandung daun salam ini agar anda terhindar dari terserang nya penyakit yang sangat mematikan ini.

Sebagai obat maag

Daun salam bisa menjadi obat untuk sakit maag. Bagi anda yang sekarang tengah mengidap maag, maka ada baiknya anda mengobati maag tersebut dengan pengobatan alamiah. Pengobatan yang menggunakan daun salam tentunya.

Caranya ialah ambil daun salam sebanyak 18 lembar lalu cucilah daun salam tersebut sampai bersih lalu rebus lah daun salam tersebut ke dalam air mendidih 15 menit lamanya. Kemudian berilah sedikit gula aren untuk pemanis nya dan dinginkan air tersebut lalu setelah dingin anda bisa langsung meminumnya. Lakukan hal seperti ini secara rutin sampai rasa perih di lambung anda tersebut menghilang.

Mengobati radang tenggorokan

Jika anda salah satu orang yang mengetahui daun salam memiliki berbagai manfaat yang sangat kuar biasa, maka anda termasuk orang-orang yang bisa dikatakan sangat beruntung. Bagaimana tidak? Ternyata daun salam ini sangat efektif untuk mencegah serta mengobati beragam penyakit. Salah satunya ialah penyakit radang tenggorokan atau orang awam menyebutnya sebagai sakit tenggorokan.

Jika anda menginginkan manfaat yang seperti ini, anda bisa merebus 10 sampai 15 daun salam kemudian rebus lah daun salam tersebut dengan sedikit air maksimal 3 gelas. Lalu minumlah air rebusan tersebut secara rutin, agar radang anda segera sembuh.

Atasi hipertensi
Tahukah anda bahwa daun salam juga memiliki zat senyawa yang bisa menjadi obat hipertensi. Zat senyawa tersebut ialah zat tanin dan flavonoida yang memungkinkan bisa menjadi obat untuk anda yang memiliki hipertensi atau yang biasa disebut dengan tekanan darah tinggi tentunya. Dengan cara membuat teh alami dari daun salam.

Cara untuk membuat obat tersebut ialah sebagai berikut:
Ambil kurang lebih 15 daun salam
Kemudian cucilah daun salam tersebut hingga bersih
Lalu rebus daun tersebut ke dalam air, maksimal 3 gelas air putih yang disediakan
Setelah itu, jika sekiranya air tersebut mendidih dan menguap sehingga tinggal sedikit airnya, maka langsung diminum saja tentunya biarkan air tersebut hangat atau tunggu hingga menjadi dingin terlebih dahulu.
Dan yang terakhir ialah lakukan hal semacam ini secara rutin dan continue.

Obat diare
Selain hal di atas, ternyata daun salam pun dapat juga dimanfaatkan sebagai obat diare secara alami. Anda tahu bukan memang di jaman sekarang yang serba canggih ini sudah begitu banyak obat yang beredar di pasaran yang dapat anda beli dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, sayangnya obat tersebut pastinya ada efek samping yang mau tak mau anda akan merasakannya setelah meminum obat tersebut. Nah, karena hal yang seperti itulah maka lebih baik anda menggunakan obat herbal yang dapat anda gunakan. Salah satunya menggunakan daun salam.

Caranya: ambillah kurang lebih 15 daun salam yang masih segar. Lalu rebus lah daun tersebut ke dalam air yang mendidih maksimal 2 gelas banyaknya air. Kemudian beri garam secukupnya setelah melakukan semua cara di atas, tunggu air tersebut sampai dingin, setelah dingin minum air tersebut secara teratur untuk diare anda.

Sebagai obat untuk kencing manis

Manfaat daun salam yang lainnya adalah untuk mengobati gejala kencing manis alias diabetes. Jika anda memiliki penyakit yang satu ini, ada baiknya anda mencoba pengobatan secara tradisional atau herbal dengan hanya memanfaatkan daun salam. Caranya adalah:
Ambil kurang lebih 15 lembar salam dan cucilah sampai bersih.
Kemudian rebus lah daun tersebut dengan menggunakan air sebanyak maksimal 3 gelas dan tunggulah sampai mendidih, ketika air tersebut mendidih secara otomatis air tersebut akan berkurang.
Lalu tunggulah rebusan air tadi sampai dingin, setelah dingin minumlah air rebusan tersebut.

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat yang maksimal, buat dan minumlah air tersebut secara teratur dan rutin.

Memutihkan gigi
Selain dapat digunakan sebagai obat herbal, daun salam juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Untuk memperoleh kegunaan dan manfaat dari daun salam ini, anda harus melakukan hal berikut:

Sediakan bahan-bahan yang di perlukan, seperti kulit jeruk dan daun salam.
Setelah itu jemurlah kedua bahan di atas sampai layu dan kering.
Kemudian setelah semua bahan tersebut kering tumbuk lah campuran bahan di atas lalu beri air secukupnya. Aduk sampai rata hingga membentuk pasta.
Langkah yang terakhir ialah gosok lah gigi anda dengan pasta tersebut. Lakukan hal ini secara teratur setiap hari untuk mendapatkan gigi yang putih dan berkilau.

Bagaimana? Cukup banyak bukan khasiat atau manfaat yang dapat anda peroleh dari daun salam tentunya. Bagi anda yang sekarang tengah mengidap berbagai penyakit seperti penyakit yang sudah di sebutkan di atas, ada baiknya anda mencoba ramuan herbal dari penggunaan daun salam tersebut, karena dengan anda mengobati penyakit anda secara alami, maka akan terhindar dari segala resiko yang ditimbulkan oleh obat yang dijual di apotek.
Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur Tomat
7 manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh anda : 
  1. Melancarkan dan Menyehatkan Sistem Pencernaan. Salah satu kelebihan tomat yaitu merupakan sumber serat yang diperlukan oleh tubuh anda. Sehingga, bagi siapapun yang menginginkan sistem pencernaan tetap sehat dan lancar, mulailah dengan mengkonsumsi buah merah tersebut. 
  2. Melindungi kulit wajah dan Kulit Tubuh. Ini dikarenakan, tomat merupakan sumber likopen. Kandungan likopen dalam tomat berfungsi untuk mencegah kerusakanan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dari matahari. 
  3. Memperkuat Tulang Pada Tubuh. Ini dikarenakan, buah tersebut merupakan sumber vitamin K yang mampu mencegah mengeroposnya tulang atau lebih dikenal dengan istilah osteoporosis. 
  4. Pencegah Kanker Yang Lebih Efektif. Bagi anda yang ingin terhindar dari berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, mulut, tenggorokan, lambung, usus besar, dan kanker ovarium, mulailah rutin untuk mengkonsumsi buah tomat tersebut.Karena kandungan likopen dalam tomat sangat ampuh mencegah berbagai kanker tersebut. 
  5. Pencegah Diabetes Secara Alami. Kandungan kromium dalam buah tomat mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh anda. Sehingga lebih stabil dan tidak membahayakan kesehatan tubuh anda. 
  6. Menajamkan Penglihatan Anda. Sumber vitamin A dalam tomat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta mampu menajamkan daya lihat organ mata seseorang terhadap berbagai benda di sekitarnya. 
  7. Memperkuat dan Memperindah Mahkota Kepala Anda. Sumber vitamin A dalam tomat mampu menyehatkan rambut serta memperkuat rambut dari ujung hingga akarnya. 
Manfaat serai :

  • Serai mencegah penyakit kanker
    Ada penelitian yang menjelaskan bahwa setiap 100 gram Serai mengandung zat antioksidan yang kita tahu bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Kemudian, penelitian yang dilakukan oleh tim dari University Gurion di Israel telah menemukan bahwa dalam Serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.
  • Mengobati gangguan pencernaan
    Serai sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, dan juga diare.
  • Menurunkan tekanan darah
    Serai juga banyak dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah dan merangsang sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung Serai setiap harinya maka akan sangat membantu dalam menurunkan hipertensi.
  • Detoksifikasi
    Serai juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dengan cara meningkatkan jumlah buang air kecil. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk membuat seluruh organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, dan juga kandung kemih bersih dan sehat karena beragam racun akan tersingkir.
  • Manfaat pada sistem saraf
    Minyak esensial yang mengandung Serai juga dapat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal itu disebabkan minyak Serai tersebut akan memberikan efek yang menghangatkan, melemaskan otot, dan meredakan kejang-kejang.
  • Berfungsi sebagai analgesik
    Serai juga dapat meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang Anda derita yang berhubungan dengan rasa sakit dan nyeri seperti nyeri sendi, nyeri otot, sakit gigi, dan lainnya.
  • Memperindah kulit
    Penggunaan daun Serai juga sudah terjadi dalam bidang kosmetik yang digunakan untuk memperindah kulit. Efek dari penggunaan kosmetik yang mengandung daun Serai adalah dapat menghilangkan jerawat dan berfungsi juga sebagai penyegar.
  • Kesehatan wanita
    Serai juga biasanya dimanfaatkan oleh wanita untuk meredakan rasa nyeri ketika haid dan meredakan timbulnya rasa mual.
Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur Kemiri
Dan berikut ini adalah beberapa manfaat kemiri cara pemakaiannya :

Khasiat buah kemiri untuk menyuburkan rambut
  1. Siapkan enam butir biji kemiri
  2. Tumbuk halus buah kemiri yang sudah kita siapkan tersebut
  3. Tambah dengan air bersih secukupnya
  4. Rebus sampai mengeluarkan minyak dan ambil minyaknya
  5. Gosokkan minyak buah kemiri tersebut pada kulit kepala
  6. Lakukan tiga kali seminggu
Mengatasi sariawan
  1. Ambil getah dari kulit batang kemiri secukupnya
  2. Tambahkan dengan sedikit santan kelapa
  3. Tempelkan/oleskan pada bagian yang sakit karena sariawan
Mengobati sakit gigi
  1. Ambil beberapa tetes getah kulit batang kemiri
  2. Oleh/lumaskan pada bagian gigi yang sedang sakit.
  3. Obat buang air besar yang berdarah
  4. Ambil 20 gram kulit batang kemiri
  5. Rebus diair 400cc sampai airnya berkurang menjadi 200cc
  6. Saring dan ambil airnya
  7. Minum selagi hangat, dua kali sehari
Mengatasi diare
  1. Siapkan 20 gram kulit batang kemiri yang masih segar
  2. Tumbuk hingga halus
  3. Rebus dengan air 600 cc sampai airnya berkurang menjadi 300cc
  4. Saring dan ambil airnya
  5. Minum ramuan tersebut dua kali sehari, sekali minum 150cc
 
Apalah Artinya masakan tanpa bumbu dapur? benar kan, nah itulah penjelasan tentang Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur. Semoga semakin semangat untuk memasak , hehe.
Ilmu pengetahuan tentang kesehatan Bisa di baca disini

Tag : Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur, Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur, Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur, Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur, Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur, Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur, Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur, Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur, Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur, Dahsyatnya khasiat dari bumbu dapur

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya: