Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

8 Fakta Menarik Taman Siswa Dalam Sudut Pandang Sejarah

8 Fakta Menarik Taman Siswa Dalam Sudut Pandang Sejarah – Hai sahabat Segala Fakta, Kali ini kita akan membahas tentang Fakta Menarik Taman Siswa dalam sudut pandang sejarah. Yuk, langsung dibaca :

8 Fakta Menarik Taman Siswa Dalam Sudut Pandang Sejarah
8 Fakta Menarik Taman Siswa Dalam Sudut Pandang Sejarah 


Fakta 1 : Sekembalinya dari tanah pengasingannya di Negeri Belanda (1919), Suwardi Suryaningrat memfokuskan perjuangannya dalam bidang pendidikan.

Fakta 2 : Pada tanggal 3 Juli 1922 Suwardi suryaningrat (Lebih dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara) berhasil mendirikan perguruan Taman Siswa di Yogyakarta.

Fakta 3 : Dengan berdirinya Taman Siswa, Suwardi Suryaningrat memulai gerakan baru bukan lagi dalam bidang politik melainkan bidang pendidikan, yakni mendidik angkatan muda dengan jiwa kebangsaan Indonesia berdasarkan akar budaya bangsa.

Fakta 4 : Sekolah Taman Siswa dijadikan sarana untuk menyampaikan ideology nasionalisme kebudayaan, perkembangan politik, dan juga digunakan untuk mendidik calon-calon pemimpin bangsa yang akan datang.

Fakta 5 : Selain pengajaran bahasa (Baik bahasa asing maupun bahasa indonesia), pendidikan Taman Siswa juga memberikan pelarjaran sejarah, seni, sastra (Terutama sastra jawa dan wayang), agama, pendidikan jasmani, dan keterampilan (Pekerjaan tangan) merupakan kegiatan utama perguruan taman siswa.

Fakta 6 : Pendidikan Taman Siswaw dilakukan dengan istilah “Among” dengan pola belajar “Asah, asih dan asuh”.

Fakta 7 : Dalam ini diwajibkan bagi para guru untuk bersikpa dan berlaku “Sebagai pemimpin” yakni di depan memberi contoh, di tengah dapat memberikan motivasi, dan di belakang dapat memberikan pengawasan yang berpengaruh. Prinsip belajar inilah yang kemudian dikenal dengan pola kepemimpinan “Ing Ngarsa sung tulodho, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.” Pola kepemimpinan ini sampai sekarang masih menjadi ciri kepemimpinan nasional.

Fakta 8 : Berkat jasa dan perjuangannya yakni mencerdaskan kehidupan menuju Indonesia merdeka maka tanggal 2 Mei (Hari kelahiran Ki Hajar Dewantara) ditetapkan sebagai hari pendidikan nasional. Di Samping itu, “Tut wuri handayani” sebagai semboyan terpatri dalam lambang Departmen pendidikan Nasional.


Demikianlah 8 Fakta Menarik Taman Siswa Dalam Sudut Pandang Sejarah Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "8 Fakta Menarik Taman Siswa Dalam Sudut Pandang Sejarah "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA