loading...

Fakta-Fakta Menarik Tentang R.A. Kartini Seorang Pahlawan Indonesia

Fakta-Fakta Menarik Tentang R.A. Kartini Seorang Pahlawan Indonesia – Hai sahabat Segala Fakta, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang fakta-fakta menarik R.A. Kartini seorang pahlawan Indonesia. Yuk, langsung dibahas :

Fakta-Fakta Menarik Tentang R.A. Kartini Seorang Pahlawan Indonesia
Fakta-Fakta Menarik Tentang R.A. Kartini Seorang Pahlawan Indonesia 


Dilansir dari Biografipedia.com berikut ini fakta-fakta menarik tentang R.A. Kartini :

Fakta 1 : R.A Kartini bernama asli Raden Ayu Kartini.

Fakta 2 : R.A Kartini menjadi salah satu pahlawan Indonesia yang wajib sekali dijadikan Inspirasi bagi kaum wanita.

Fakta 3 : R.A dari nama Kartini merupakan gelar kebangsawanan. R.A artinya Raden Ajeng.

Fakta 4 : Ayah dari R.A Kartini merupakan seorang yang juga sangat menginspirasi. Beliau pernah menjadi bupati saat berusia 25 tahun. Dan dikenal sebagai salah satu bupati pertama yang memberikan pendidikan barat kepada anak-anaknya.

Fakta 5 : R.A kartini merupakan anak ke-5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri. Dari semua saudara kandungnya Kartini adalah anak perempuan tertua.

Fakta 6 : R.A Kartini berprinsip bahwa belajar bisa dimana saja, meskipun pada era itu anak-anak perempuan harus berkurung di dalam rumah, R.A kartini tetap melanjutkan belajar di rumah, R.A kartini akhirnya bisa berbahasa belanda, dan beliau belajar dan menulis surat kepada teman-teman korespondensi yang berasal dari belanda.

Fakta 7 : Karena sering menulis surat dan rajin membaca banyak hal, pola pikir R.A kartini meluas dan menjadi tertarik pada kemajuan akan pola pikir perempuan eropa.

Fakta 8 : R.A kartini pernah beberapa kali mengirimkan tulisannya dan dimuat di De Hollandsche lelie.

Fakta 9 : Perhatian R.A kartini tidak hanya berfokus pada emansipasi wanita, melainkan dalam masalah sosial secara umum.

Fakta 10 : R.A Kartini menginginkan bahwa wanita memperoleh persamaan hukum dan kebebasan.

Fakta 11 : Sebagian besar surat-surat yang ditulis oleh R.A Kartini adalah keluhan dan gugatan khususnya menyangkut budaya di jawa yang dapat mejadi penghambat kemajuan wanita.

Fakta 12 : Setelah R.A Kartini meninggal, Seorang yang bernama J.H Abendanon mengumpulkan dan membukukan surat-surat yang dikirimkan oleh Kartini.

Fakta 13 : Buku-buku yang diterbitkan melalui surat R.A Kartini adalah : Habis gelap terbitlah terang, Surat-surat kartini (renungan tentang dan untuk bangsanya), Panggil aku kartini saja.

Fakta 14 : Surat-surat yang ditulis oleh Kartini menarik perhatian masyarakat Belanda dan membuat pemikiran masyarakat Belanda berubah terhadap wanita pribumi.

Fakta 15 : Surat-surat yang ditulis oleh R.A Kartini juga menjadi inspirasi bagi tokoh-tokoh nasional seperti : W.R. Soepratman yang berhasil menciptakan lagu dengan judul : Ibu kita kartini.

Fakta 16 : Presiden Soekarno mengeluarkan keputusan Presiden Indonesia No.108 Tahun 1864, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai pahlawan Kemerdekaan Nasional, sekaligus menetapkan hari lahir kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun yang kemudian dikenal dengan Hari Kartini.

Fakta 17 : Nama-Nama kartini juga diabadikan di beberapa nama jalan Kota di Belanda.

Demikianlah Fakta-Fakta Menarik Tentang R.A. Kartini Seorang Pahlawan Indonesia. Nantikan terus fakta-fakta keren lainnya hanya di Blog Segala fakta.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Fakta-Fakta Menarik Tentang R.A. Kartini Seorang Pahlawan Indonesia "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA

KOMENTAR TERBARU

loading...