Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

Fakta menarik tentang kunang-kunang berikut Membuat Kita Berkata “WOW”!

Kunang-kunang yang juga disebut serangga petir adalah anggota Lampyridae, keluarga serangga dalam kumbang Coleoptera, atau kumbang bersayap, Berikut Fakta Menarik kunang-kunang :

Baca Juga artikel Sebelumnya : 25 Museum Teraneh di Dunia, Apakah Anda Tertarik datang Kesini?

Fakta menarik tentang kunang-kunang berikut Membuat Kita Berkata “WOW”!
Fakta menarik tentang kunang-kunang berikut Membuat Kita Berkata “WOW”!


1. Ada sekitar 2.000 spesies kunang-kunang.

2. kunang-kunang ditemukan di setiap benua kecuali Antartika.

3. Serangga ini hidup di berbagai lingkungan yang hangat, dan juga daerah yang lebih beriklim sedang, dan merupakan pemandangan yang familier pada malam musim panas.

4. kunang-kunang berkembang di hutan, ladang dan rawa dekat danau, sungai, kolam, sungai dan kolam vernal. Mereka membutuhkan lingkungan yang lembab untuk bertahan.

5. kunang-kunang  adalah kumbang yang berkisar antara 5 sampai 25 milometer (0,2 sampai 1 inci) panjangnya.

6. kunang-kunang cenderung berwarna coklat atau hitam dan bertubuh lunak, seringkali dengan sayap elytra, atau sayap depan, lebih kasar daripada kumbang lainnya. Meskipun betina dari beberapa spesies serupa dengan jantan, larviform betina ditemukan di banyak spesies kunang-kunang lainnya. Betina ini sering bisa dibedakan dari larva hanya karena mereka memiliki mata majemuk.

7. Sebagian besar spesies kunang-kunang bersifat nokturnal, meskipun beberapa spesies diurnal (aktif di siang hari). Sebagian besar spesies diurnal tidak bercahaya; Namun, beberapa spesies yang tertinggal di daerah gelap bisa menghasilkan cahaya.

8. kunang-kunang menghasilkan reaksi kimia di dalam tubuh mereka yang memungkinkan mereka menyala. Jenis produksi cahaya ini disebut bioluminescence. Metode di mana kuningan menghasilkan cahaya, mungkin adalah contoh bioluminescence yang paling terkenal.

9. kunang-kunang mengandung zat kimia di perutnya yang disebut luciferin. Saat kimia itu bergabung dengan Oksigen dan dengan enzim yang disebut luciferase, reaksi kimia selanjutnya menyebabkan perut mereka menyala.

10. Tidak seperti bola lampu, yang menghasilkan banyak panas selain cahaya, cahaya kunang-kunang adalah cahaya dingin, tanpa banyak energi hilang seperti panas. Hal ini diperlukan karena jika organ penghasil cahaya kuningan menjadi panas seperti bola lampu, kunang-kunang tidak akan mampu bertahan.

Baca Fakta Hewan Lainnya DISINI
Fakta menarik tentang kunang-kunang berikut Membuat Kita Berkata “WOW”!
Fakta menarik tentang kunang-kunang berikut Membuat Kita Berkata “WOW”!


11. Meskipun warna yang paling khas untuk cahaya kunang-kunang adalah hijau kuning bercahaya, berbagai spesies kunang-kunang juga bisa menghasilkan cahaya hijau, kuning, oranye, dan merah.

12. Lampu kunang-kunang adalah lampu paling efisien di dunia - hampir 100% energi dalam reaksi kimia dipancarkan sebagai cahaya. Bandingkan dengan rata-rata bohlam ringan Anda, yang menghasilkan 90% nya energi sebagai panas, dan hanya 10 persen sebagai cahaya.

13. Hanya cahaya dalam spektrum yang terlihat yang dipancarkan - tidak ada frekuensi inframerah atau ultraviolet.

14. Seperti semua kumbang, kunang-kunang menjalani metamorfosis lengkap dengan empat tahap dalam siklus hidup mereka: telur, larva, pupa, dan dewasa.

15. Beberapa hari setelah kawin, kunang-kunang  betina meletakkan telurnya yang dibuahi atau di bawah permukaan tanah. Telur menetas tiga sampai empat minggu kemudian, dan larva pakannya sampai akhir musim panas. Kunang-kunang Hibernasi selama musim dingin selama tahap larva. Beberapa melakukan ini dengan menggali di bawah tanah, sementara yang lain Temukan tempat di atau di bawah kulit pohon.

16. Umur rata-rata kunang-kunang dewasa kira-kira 2 bulan.

17. Pola makan kunang-kunang dewasa bervariasi: ada yang predator dan memakan serangga, sementara yang lain memakan serbuk sari tanaman Atau nektar, beberapa seperti kumbang Glowworm Eropa, tidak memiliki mulut karena mereka tidak perlu makan selama tahap kehidupan dewasa mereka.

Fakta menarik tentang kunang-kunang berikut Membuat Kita Berkata “WOW”!
Fakta menarik tentang kunang-kunang berikut Membuat Kita Berkata “WOW”!


Baca Fakta Hewan Lainnya DISINI

18. Bioluminesen memiliki fungsi berbeda pada larva daripada pada kunang-kunang dewasa.

19. Tampaknya menjadi sinyal peringatan bagi pemangsa, karena banyak larva kunang-kunang mengandung bahan kimia yang Tidak enak atau beracun Sebagian besar kunang-kunang sangat  tidak disukai predator dan terkadang beracun.

20. Cahaya pada kumbang dewasa pada awalnya dianggap digunakan untuk keperluan peringatan serupa, tapi sekarang Tujuan utama dipikirkan untuk digunakan dalam seleksi pasangan.

21. Cahaya kunang-kunang  biasanya berselang, dan berkedip dalam pola yang unik untuk setiap spesies. Setiap pola berkedip adalah sinyal optik yang membantu kunang-kunang menemukan calon pasangan.

22. Kedua kunang-kunang jantan dan betina menyalakan lampu saat memilih pasangan, dan menggunakan lampu berkedipnya sebagai sarana untuk berkomunikasi selama pendekatan.

23. Biasanya, betina duduk tidak bergerak, dan hanya berkedip saat melihat pria dengan tampilan yang sangat mengesankan.

Fakta menarik tentang kunang-kunang berikut Membuat Kita Berkata “WOW”!
Fakta menarik tentang kunang-kunang berikut Membuat Kita Berkata “WOW”!


24. kunang-kunang juga menggunakan cahaya untuk menarik mangsa.

25. genus Photuris menggunakan teknik yang disebut "mimikri agresif" untuk memancing dan kemudian memakan kunang-kunang lainnya.

26.Disebut "bioluminescence simultan" oleh para ilmuwan, fenomena kunang-kunang berkedip serentak hanya terjadi di dua tempat di dunia: Asia Tenggara dan Taman Nasional Pegunungan Great Smoky di Tennessee.

Fakta menarik tentang kunang-kunang berikut Membuat Kita Berkata “WOW”!
Fakta menarik tentang kunang-kunang berikut Membuat Kita Berkata “WOW”!


27. kunang-kunang  Sebenarnya bisa membunuh. Saat predator menyerang, kunang-kunang menendang ke Sebuah proses yang disebut "pendarahan refleks." Mereka menumpahkan tetesan darah yang mengandung bahan kimia rasa pahit Yang beracun untuk vertebrata.


28. Ketika ilmuwan Marc Branham bersama Museum Sejarah Alam Amerika dengan lembut memasukkan kunang-kunang yang dimilikinya, tiba-tiba ada kunang-kunang Tertangkap basah di antara bibirnya (tangannya penuh dengan toples), "Kedua bibirku mati rasa. Lalu tenggorokanku menyempit. Mereka benar-benar merasakan semacam astringent. Dengan cepat aku memasukkannya ke toplesku dan aku belum pernah melakukannya sejak itu. "

29. Kelelawar akan muntah jika mereka sengaja menelan kunang-kunang. Setidaknya satu spesies kadal mati setelah makan kunang-kunang. Mamalia dan burung juga muntah jika menelan kunang-kunang.


30. Tapi kunang-kunang tidak selamanya bebas. Kodok dan katak tampaknya tidak terpengaruh oleh rasanya, dan tetap akan melahapnya. Dan laba-laba yang berputar di sarangnya akan dengan senang hati mengakhiri riwayat kunang-kunang.


Baca Fakta Hewan Lainnya DISINI

Tag: Fakta menarik tentang kunang-kunang, Fakta menarik tentang kunang-kunang, Fakta menarik tentang kunang-ku, Fakta menarik tentang kunang-kunang, Fakta menarik tentang kunang-kunang, Fakta menarik tentang kunang-kunang, Fakta menarik tentang kunang-kunang, Fakta menarik tentang kunang-kunang, Fakta menarik tentang kunang-kunang nang, Fakta menarik tentang kunang-kunang

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

3 Responses to "Fakta menarik tentang kunang-kunang berikut Membuat Kita Berkata “WOW”!"

  1. wow wow!! etapi katanya kunang2 hasil jadi2an dari kuku orang yang udah meinggal.

    Btw, di kamar mandi rumahku sering banget ada kunang2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuku hantu ya mbak.. Hehe, jadi penasaran juga sih asal usul dari cerita tsb..

      Delete
  2. Baru tahu juga kalau kunang-kunang ada yang cahayanya berwarna merah.. belum pernah lihat sih yg warna merah.. pasti bagus..

    ReplyDelete

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA