Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

arti dari bhineka dan tunggal ika di indonesia



sahabat BLOGGER JEMO LINTANK . Setelah pengetahuan tentang peraturan perundang-undangan di indonesia . yuk kita update lagi pengetahuan tentang indonesia. kali ini kita membahas arti dari bhineka dan tunggal ika di indonesia . apa arti dari bhineka dan tunggal ika di indonesia ? yuk langsung kita baca :

arti dari bhineka dan tunggal ika di indonesia
arti dari bhineka dan tunggal ika di indonesia



Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan Indonesia. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuna dan seringkali diterjemahkan dengan kalimat “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.
Diterjemahkan per patah kata, kata bhinneka berarti "beraneka ragam" atau berbeda-beda. Kata neka dalam bahasa Sanskerta berarti "macam" dan menjadi pembentuk kata "aneka" dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti "satu". Kata ika berarti "itu". Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan "Beraneka Satu Itu", yang bermakna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.
Kalimat ini merupakan kutipan dari sebuah kakawin Jawa Kuna yaitu kakawin Sutasoma, karangan Mpu Tantular semasa kerajaan Majapahit sekitar abad ke-14.


masyarakat indonesia berbeda-beda tetapi satu juga, yaitu masyarakat negara yang berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945 yang menyatukan masyarakat-masyarakat, suku bangsa dan golongan-golongan etnik ke dalam satu masyarakat
berikut penjelasan apa arti bhineka dan arti tunggal ika
1. arti bhineka
arti masyarakat indonesia yang bercorak “ bhineka”. yaitu terdiri atas berbagai suku bangsa, masing-masing memiliki perbedaan-perbedaan dalam hal : bahasa daerah, adat istiadat, kesenian, pakaian daerah, agama, dan kepercayaan, tata susuan masyarakat dan kebudayaan. di indonesia , terdapat 19 lingkaran hukum adat yang  berbeda-beda dan didalamnya terdapat beberapa suku bangsa lagi.
adanya perbedaan tersebut karena :
a. wilayah indonesia terdiri atas ribuan pulau. sehingga masyarakat yang berada di pulau terpencil akan memiliki corak budaya yang spesifik
b. keadaan dan letak geografis daerah di indonesia tidak sama. ada yang di tepi pantai, di pedalaman, di lereng gunung, ditengah hutan. daerah-daerah yang strategis dengan transportasi yang lancar banyak menerima pengaruh dari luar . sehingga unsur-unsur budayanya semakin kompleks.
c. latar belakang sejarah dan perkembangan daerah yang tidak sama. perbedaan corak masyarakat dan budaya aceh , ambon, irian, jawa tengah, dan bali karena latar belakang sejarahnya berbeda.
d. terdapat perbedaan sistem religi, masyarakat yang berbeda agama atau kepercayaan akan menghasilkan perbedaan yang tajam dalam corak kehidupan bidang kemasyarakatan dan kebudayaan. contoh : masyarakat batak, masyarakat aceh, masyarakat jawa, dan masyarakat bali.

2. arti tunggal ika
selain adanya perbedaan karena sifatnya yang bhineka tersebut pada dasarnya masyarakat indonesia adalah satu yaitu masyarakat negara indonesia yang berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945. adapun yang menyatukan masyarakat-masyarakat suku bangsa dan golongan-golongan etnik kedalam saru masyarakat yaitu pancasila. seluruh masyarakat suku bangsa dan golongan-golongan etnik di wilayah kepulauan indonesia ternyata memiliki sikap dan kehendak yang kuat untuk menyatu ( tunggal ika ) . karena kita memiliki persamaan-persamaan yang berfungsi sebagai landasan dan pendorong untuk bersatu misalnya :
a. menggunakan bahasa persatuan yang sama, yaitu bahasa indonesia
b. memiliki semangat persatuan dan kesatuan yang sama, yaitu semuanya merasa satu bangsa, satu bahasa , satu persatuan dan memiliki satu tanah air yaitu pancasila
c. memiliki jiwa dan semangat gotong royong, rasa solidaritas dan toleransi keagamaan yang tinggi , sehingga mudah mewujudkan kerukunan nasional dan kerukunan hidup umat manusia.
d. memiliki latar belakang sejarah perjuangan yang sama, yaitu masing-masing suku bangsa pernah dijajah dan ditindas oleh bangsa asing. sehingga mereka merasa senasib, seperjuangan, dan sepenanggungan, kemudian bersama-sama membangun daerahnya untuk mencapai masyarakat adil dan makmur yang merata materil dan spirituil berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945
e. memiliki ideologi politik, asas perjuangan hidup dan kepribadian yang sama, yaitu pancasila. nilai-nilai sila-sila pancasila itu sebenarnya telah ada dan hidup subur di seluruh wilayah dan masyarakat indonesia jauh sebelum kira merdeka.
f. memiliki dasar kehidupan religius yang kuat menurut agama dan kepercayaanya masing-masing. sehingga dalam kehidupan sehari-hari selalu diwarnai oleh pengalaman nyata dari ajaran agam dan kepercayaan masing-masing,

itulah pengetahuan tentang arti dari bhineka dan tunggal ika di indonesia . semoga bermanfaat dan menambah wawasan :)

tag : arti dari bhineka dan tunggal ika di indonesia, arti dari bhineka dan tunggal ika di indonesia, arti dari bhineka dan tunggal ika di indonesia, arti dari bhineka dan tunggal ika di indonesia, arti dari bhineka dan tunggal ika di indonesia, arti dari bhineka dan tunggal ika di indonesia

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "arti dari bhineka dan tunggal ika di indonesia"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA