loading...
loading...

Informasi dan Fakta unik tentang Jamur

Jamur termasuk dalam kelompok eukariota.
pengertian eukariota klik disini
Jamur tidak memiliki klorofil dan bergantung pada makhluk hidup lain untuk memperoleh makanan.

Dalam klasifikasi makhluk hidup, jamur ditempatkan dalam kelompok yang terpisah dari bakteri, hewan, dan tumbuhan.
Terdapat sekitar 70.000 spesies jamur yang telah diklasifikasi hingga sekarang dari sekitar 1,5 juta keseluruhan spesies jamur.

Fakta tentang Jamur

Berikut adalah fakta dan informasi tentang jamur.

1. Jamur pada awalnya diklasifikasikan sebagai tumbuhan karena memiliki kesamaan morfologi dengan tumbuhan. Namun setelah dilakukan analisis filogenetik, jamur segera dimasukkan dalam kelompok yang berbeda.

2. Jamur tidak memiliki klorofil dan karenanya memperoleh makanan dari inang dengan bertindak sebagai parasit. Banyak spesies jamur merupakan saprofit yang berarti memperoleh makanan dari organisme yang sudah mati.

3. Jamur bisa berukuran mikroskopis dan makroskopis. Bentuk struktural paling umum dari jamur mikroskopis adalah hifa. Diameter hifa berkisar antara 2-10 mikrometer, dengan panjang bisa mencapai beberapa sentimeter. Struktur yang terbentuk dari jalinan hifa disebut miselium.

4. Jamur makroskopik bisa langsung dilihat tanpa mikroskop karena berukuran besar.

5. Feromon, bahan kimia yang diproduksi oleh jamur, memiliki peran penting dalam reproduksi seksual. Jamur jantan dan betina berkomunikasi satu sama lain melalui feromon.

6. Pada kebanyakan jamur, reproduksi aseksual terjadi melalui spora vegetatif yang dikenal sebagai konidia. Fragmentasi miselium juga merupakan bentuk reproduksi aseksual.

7. Jamur yang ditemukan di lingkungan nitrogen rendah memiliki bagian tubuh yang lengket. Adaptasi ini membantu jamur menjebak hewan kecil seperti nematoda. Hewan-hewan kecil tersebut kemudian dicerna sebagai makanan jamur.

8. Beberapa jenis jamur hidup dalam hubungan simbiosis dengan makhluk hidup lainnya. Misalnya, jamur, lumut, dan ganggang hijau hidup bersama membentuk hubungan simbiotik.

9. Jamur diketahui menyebabkan berbagai penyakit pada tumbuhan, hewan dan manusia. Panu dan kurap adalah masalah umum yang disebabkan oleh jamur pada manusia. Penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur termasuk busuk batang, busuk daun, jamur api, karat, dll.



10. Tupai merah diketahui mengumpulkan dan menyimpan jamur kering dan memakannya di musim dingin.

11. Terdapat lebih dari 60 jenis jamur yang memperlihatkan fenomena bioluminescence atau berpendarnya cahaya dari tubuh jamur.

12. Dalam kondisi lingkungan yang tepat, jamur bisa berada dalam kondisi dorman (tidak aktif) selama berabad-abad

courtesy : ilmu pengetahuan (fb)

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to " Informasi dan Fakta unik tentang Jamur"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA