Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

fungsi kuku

Kita semua memiliki kuku tapi sering kali bertanya-tanya, apa sih kegunaannya?

Kuku kita terbentuk dari materi protein yang bernama keratin. Seperti yang kita tahu, kuku tidak hanya dimiliki oleh manusia. Sebagian besar primata dan beberapa jenis mamalia juga diketahui memiliki kuku dengan berbagai fungsi.

Nah untuk manusia sendiri, kuku berfungsi melindungi ujung-ujung jari dan segala bagian yang sangat sensitif di dalamnya seperti ruas tulang jari paling luar (distal phalanx) dan juga jaringan-jaringan yang lunak dan lentur di sekitarnya. Selain itu, cobalah memegang sesuatu dengan ujung jari telunjuk dan jempol kamu dengan agak keras. Pasti dari situ kamu akan semakin mengerti fungsi kuku yang lain. Yap, dalam hal ini kuku berfungsi memperkuat ujung jari.

Nah untuk mendukung semua penjelasan di atas, ada baiknya kita pelajari anatomi kuku. Ayo simak gambar dan penjelasan berikut ini:
Anatomi kuku jari kita. 


A. Batang kuku (nail plate).
Bagian ini adalah bagian kuku yang paling mudah kita kenali sebab terlihat jelas dengan mata telanjang. Nail plate adalah bagian kuku yang keras dan nyaris transparan, sehingga pembuluhan darah di bawahnya bisa terlihat. Hal itulah yang membuat kuku terlihat kemerahan. Batang kuku ini tersusun dari protein yang bernama keratin.

B. Lunula.
Coba amati bagian pangkal kuku jempol tanganmu. Ada bagian berwarna putih dan melengkung bukan? Nah itulah yang dinamakan lunula. Lunula menandakan bahwa dibawahnya terdapat bagian yang bernama matrix, yang berfungsi memproduksi sel kuku secara terus menerus.

C. Akar kuku (root).
Disinilah bagian yang menjamin kuku kamu tetap berada di tempatnya dan menempel kuat disana.

D. Sinus.

Sinus adalah lokasi dimana terdapat akar kuku. Bagian ini adalah pertemuan antara akar kuku dengan kulit kita.

E. Matrix.

Bisa dikatakan bahwa matrix adalah bagian paling penting dari kuku kita. Pada bagian ini terdapat banyak sekali pembuluh darah, saraf dan kelenjar yang penting. Matrix bertanggung jawab memproduksi sel yang akan menjadi batang kuku (nail plate). Jadi setiap matrix mempriduksi sel yang baru, sel-sel yang lama akan terdesak dan semakin maju dan akan terus berproduksi selama kita hidup. Jadi tau kan alasannya, mengapa kuku kita tidak berhenti tumbuh?

F. Bantalan kuku.
Ini sebenarnya adalah bagian dari kulit yang tepat berada di bawah batang kuku. Di bagian terluar bantalan kuku juga terdapat pembuluh darah dan sering sedikit terlihat dari luar karena batang kuku yang menutupinya bersifat agak transparan.

G. Hyponychium.
Bagian yang agak sulit diucapkan ini adalah perbatasan antara kuku dengan bantalan kuku. Bagian ini membentuk lapisan pelindung seperti lem sehingga kuku kita tetap menempel di bantalannya. Dan akan terasa perih bila secara tidak sengaja kita memotong kuku terlalu pendek.

H. Bagian bebas (Free margin)
Nah ini adalah bagian kuku yang terlalu panjang dan melebihi ujung jari, dan biasanya akan segera kita potong karena beberapa orang akan merasa sangat tidak nyaman dengan kuku yang terlalu panjang.


courtesy : ilmu pengetahuan (fb)

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "fungsi kuku"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA