loading...
loading...

50 Tahun Punah, Spesies Kadal 'Pinokio' Ditemukan Kembali


Spesies kadal "Pinokio" yang diyakini telah punah ditemukan kembali. Para peneliti Tropical Herping menemukan spesies tersebut di hutan hujan Ekuador.

"Setelah proses pencarian keras selama 3 tahun, akhirnya kami berhasil menemukan spesies ini," ungkap Alejandro Arteaga, salah seorang anggota tim. "Timku harus bergelut dengan dingin dan gelap malam demi spesies ini. Karena ketika siang hari, dia (Anolis proboscis) akan menyembunyikan dirinya dengan kamuflase yang apik."

Anolis proboscis pertama kali ditemukan tahun 1953. Namun, tak selang lama hewan kecil itu dipercaya telah punah dimakan jaman. Meski sempat terlihat kembali pada 2005, kemunculan spesies ini sangat langka terjadi.

Seperti julukannya, Anolis proboscis memiliki tanduk panjang bak hidung pinokio. Namun, tanduk tersebut hanya ada pada spesies jantan.

"Pada sebuah penelitian, tanduk pada Anolis proboscis nampak digunakan saat proses perkawinan," terang ahli hewan melata asal Universitas Harvard, Jonathan Losos. "Namun anehnya, tanduk tersebut dilepas ketika mereka makan. Jadi fungsi tanduk ini sendiri masih misterius."

Sementara itu, tanduk yang menempel di bagian moncong kadal ini diyakini memiliki fungsi lebih. Oleh karena itu, para peneliti Ekuador sendiri masih terus mengumpulkan data tentang spesies langka ini, termasuk cara mengembangbiakkan mereka. (wk/nn)

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "50 Tahun Punah, Spesies Kadal 'Pinokio' Ditemukan Kembali"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA