loading...
loading...

INDAHNYA KEJUJURAN

INDAHNYA KEJUJURAN Berikut saya terapkan Contoh indahnya kejujuran. Cerita ini hanya saya buat sederhana saja, agar dapat di pahami lebih mendalam. Silahkan dibaca :

Indra Saputra Potret penulis
Indra Saputra : Potret Penulis

            Seorang anak kecil ingin membeli gula ke warung, disuruh oleh ibunya. Sebut saja namanya adalah Edi, umurnya baru 5 tahun. Masih polos. Edi pun bergegas pergi ke warung, memberikan uangnya sebesar 50.000 ke tukang warung. Tukang warung pun membelikan kembalian kepada Edi. Edi pun kembali ke rumahnya.           

Di depan rumahnya Edi menghitung lagi uang kembalian yang diberikan pemilik warung. “Astaga” Edi kaget, ternyata uang kembaliannya sebanyak 94.000. Terbesit dalam hati Edi untuk mengambil uang itu. “Jangan Edi, kau harus bilang dulu kepada ibumu” Hati kecil Edi menasehati. Edi mengangguk. Masuk ke dalam Rumah, memberitahu kepada ibunya.           

“Kembalikan Edi” Kata Mamak “Gula ini harganya cuma 6000 dan tadi kau membawa 50.000 berarti tukang warungnya seharusnya mengembalikan 44.000. Kembalikan 50.000 itu kepada pemilik warung Edi.”           

“Tapi bu, bukankah ini rejeki kita? Lagipula pemilik warung kan tidak tahu, lebih baik kita ambil aja uang ini bu” Edi ngotot, sayang sekali kalau uangnya dikembalikan.            “Itu bukan rejeki Edi, ini cobaan. Cobaan dari tuhan apakah kita jujur atau tidak” Kata mamak. Mamak memberi contoh agar Edi mengerti dan mau berbuat jujur. “Seandainya tukang warung itu adalah kau, dan kau melakukan hal yang sama, tidak sadar kalau kau memberi kembalian lebih kepada pembeli, apakah kau merasa rugi Edi?” Edi Mengangguk. “Nah begitu pula dengan Pemilik warung itu. Ia pasti akan merasa rugi. Nah sekarang kau kembalikan uang ini ke pemilik warungnya” Mamak tersenyum, mengelus rambut Edi. Edi mengangguk, menurut, bergegas mengembalikan uangnya ke pemilik warung.           

5 tahun kemudian, Edi menemani ibunya pergi ke pasar. Saat hendak membayar belanjaan, betapa kagetnya ibu Edi saat melihat dompetnya hilang. Wajah panik bercampur sedih tampak diwajah sang ibu.           

Tiba-tiba Anak perempuan seumuran dengan Edi memberikan dompetnya, seraya tersenyum anak itu bilang “Bu. Ini dompet ibu ketinggalan di jalan”. Betapa senangnya Edi dan ibunya, Mereka berterima kasih kepada anak itu, memberikan uang kepada anak perempuan itu. Anak perempuan itu menolak, kembali tersenyum “Tidak usah bu. Kejujuran itu indah, dengan kejujuran ini semoga kelak orang-orang juga melakukan kejujuran kepadaku juga” Anak perempuan itu pun berlari, ke tempat ibunya yang tersenyum bangga melihatnya.


Kata-kata Mutiara tentang kejujuran :
Jujur itu indah, saat melakukan kejujuran hari ini, itu berarti kita telah menginvestasi keberuntungan untuk esok hari. 

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "INDAHNYA KEJUJURAN"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA