loading...
Seisme atau gempa bumi

Seisme atau gempa bumi

Seisme atau gempa bumi -  Hai sahabat Blogger jemo lintank, sudah siap belajarnya? Kali ini admin membahas tentang Seisme atau gempa bumi. Mau tahu? Yuk dibaca.

Gempa bumi (Seisme) merupakan getaran-gataran permukaan bumi yang disebabkan oleh energi gerak dari salam bumi yang melepaskan kekuatan-kekuatan dan mengakibatkan pergerakan-pergerakan dalam batuan. Akibat adanya tektonisme, vulkanisme, maupu runtuhan bagian bumi (misalnya gua) terjadilah gempa-gempa yang terasa sampai ke kita disebabkan remabatan gelombang gempa.

1. Klasifikasi gempa bumi

Macam-macam gempa bumi sebagai berikut

a. Berdasarkan faktor penyebabnya sebagai berikut:

1. Gempa tektonik atau gempa disloasi adalah gempa yang terjadi karena proses dislokasi atau pergerakan lapisan batuan. Kekuatan gempa tektonik ini biasanya besar dan meliputi daerah yang sangat luas.
2. Gempa vulkanik adalah gempa yang terjadi karena pengaruh aktivitas magma di dalam litosfer, sebelum, pada saat, dan sesudah gunung api meletus.
3. Gempa runtuhan (terban) adalah gempa yang disebabkan oleh runtuhan massa batuan mengisi ruang kosong di dalam litosfer. Gempa ini sering terjadi di daerah bergopogradi karst atau kapur dan di daerah pertambangan.

b. Berdasarkan jarak pusat gempa atau hiposentrum, gempa dibedakan sebagai berikut.

1. gempa dalam jika hiposentrum terletak di antara 300-700 km di bawah permukaan bumi
2. Gempa pertengahan atau intermedier jika hiposentrum terletak di antara 100-300 kmi di bawah permukaan bumi
3. Gempa dangkal jika hiposentrum kurang dari 100 km di bawah permukaan bumi
c. Berdasarkan bentuk episentrum, gempa dibedakan sebagai berikut
1. Gempa linera jika episentrum berbentuk garis, seperti gempa dislokasi atau gempa tektonik karena patahan.
2. Gempa sentral jika episentrum berbentuk titik, seperti gempa gunung api dan gempa runtuhan.
d. Berdasarkan jarak episentral, yaitu jarak antara pusat gempa di permukaan bumi (Episentrum) dengan alat pencatat gempa (seismograf) yang dihitung secara horizontal.
1. Gempa lokal apabila jarakanya kurang dari 10.000 kilometer
2. Gempa jauh apabila jaraknya sekitar 10.000 Kilometer
3. Gempa sangat jauh apabila jaraknya lebih dari 10.000 kilometer

2. Gelombang gempa

titik tibawah tanah, tepat di tempat bebatuan berguncang dan menyebabkan gempa bumi disebut pusat atau hiposentrum. Mungkin titik ini berada ratusan kilometer di bawah tanah. Gerakan bebatuan menyebabkan getaran yang disebut gelombang seismik.
pada dasarnya, ada tiga macam gelombang gempa sebagai berikut
a. Gelombang longditunal, atau gelombang prime (P), Yaitu gelombang yang merambat dari hiposentrum ke segala arah dan tercatat pertama kali oleh sesmograg dengan kecepatan antara 7-14 km perdetik dan periode gelombang 5-7 detik.
b. Gelombang transversal atau gelombang sekunder (S), yaitu gelombang yang merambat dari hiposentrum ke segala arah dan tercatat sebagai gelombang kedua oleh seismograf dengan kecepatan antara 4-7 km perdetik dan periode gelombang 11-13 detik.
c. Gelombang panjang atau gelombang permukaan, yaitu gelombang yang merambat dari episentrum menyebar ke segala arah di permukaan bumi dengan kecepatan antara 3,5-3,9 km perdetik dan periode gelombang relatif lama.
Cara menentukan letak pusat terjadinya gempa di permukaan bumi atau letak episentrum dapat dilakukan dengan menggunakan metode homoseista, yaitu suatu metode penentuan letak episentrum dengan melakukan pencatatan waktu datangnya gelombang gempa yang pertama (gelombang primer) pada waktu yang bersamaan dari minimal tiga tempat yang berbeda.
Pencatatan dilakukan di beberapa tempat yang berbeda sehingga pusat gempa dan episentrum bisa diketahui secara tepat. Untuk menentukan letak suatu episentrum gempa dipelukan catatan gempa bumi dari minimal tiga pencatat gempa bumi.

            Kekuatan gempa antara tempa yang satu dengan tempat yang lain berbeda-beda. Dapat dilihat dari bekas-bekasnya maupun hasil pencatatan pada alat pengukur. Untuk membedakan besar intensitas getara gempa maka dibuatlah sekala berikut
a. Skala Derossiforel yang disusun dengan derajat kerusakan dengan sekala I-X
b. Sekala Mecalli yang disusun dengan derajat kerusakan dengan sekala I-XII
c. Skala Omori yang disusun dengan derajat kerusakan dengan sekala I-VII. Derajat kerusakan VII pada skala Omori setaraf dengan skala XII pada skala Mercalli
d. Skala Cancani yang disusun dengan derajat kerusakan dengan skala I-XII
e. Skala Richter yang menentukan dasar skalanya pada magnitodo dengan menggunakan rentang angka 1 sampai 9, semakin besar angka maka semakin besar megnitudonya.



Read More
Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan

Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan

Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan - Sakit kepala dan cepat kelelahan menjadi pengganggu dalam aktivitas kita. Ada beberapa macam penyebab sakit kepala, salah satunya karena kekurangan zat besi. Tentu saja untuk mengatasi atau mencegah sakit kepala dan kelelahan ini kita harus rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Berikut Blogger jemo Lintank membahas tentang makanan Pencegah sakit kepala dan kelelahan. Yuk dibaca.

1. Telur

Telur kaya akan semua mineral, termasuk besi, dan vitamin B. Telur ideal dikonsumsi saat sarapan karena mengandung jumlah energi memadai. Karena Telur mengandung zat besi sehingga mampu mencegah sakit kepala dan kelelahan. Konsumsi lah sebanyak 2 butir telur di pagi hari.

2. Daging Sapi


Daging sapi dapat mencegah sakit kepala dan kelelahan. Daging merupakan bahan makanan hewani. Seperti daging sapi yang mudah diolah. Dalam 100 gram daging sapi segar mengandung 201 kkal energi, 14 gram lemak, dan 2,8 mg zat besi.

3. Ikan


Ikan juga salah satu makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan. Salah satu makanan laut ini dipercaya kaya akan omega-3 dan 6. Ikan baronang diketahui mengandung zat besi sebanyak 3,8 mg per 100 gram. Selian itu ikan sarden juga mengandung 2,5 mg zat besi per 100 gram. Ikan salmon merupakan sumber utama protein dan asam lemak omega 3.

4. Kentang

Kulit Kentang, mungkin sebagian besar kita tidak memakan kulit dari kentang dan mengupasnya untuk dibuang. Ternyata studi menemukan bahwa kulit kentang memiliki zat besi lima kali lebih besar dibanding daging kentangnya sendiri. Jadi sekarang coba yah makan kentang dengan kulitnya.

5. Bayam


Bayam, adalah sayuran yang sangat membantu kita untuk mengikat zat besi. Dengan bayam kita dapat mengikat banyak sekali zat besi, dan memang bayam sudah dikenal dapat mengurangi gejala anemia. Jadi jangan ragu untuk menyantap bayam setiap minggunya. Selain zat besi, bayam juga mengandung vitamin A. Karena kemampuannya itu bayam dapat mencegah kita dari sakit kepala dan kelelahan. Bayam bening segar kali yah. :D

6.Jagung


Suka makan jagung? Tau gak sih, jagung juga dapat mencegah sakit kepala dan kelelahan itu karena Jagung kaya akan zat besi dan tembaga. Jagung juga menjadi sumber yang baik untuk vitamin A dan C.

7. Kangkung


Tumis kangkung. Yehh yehh. Sedap banget ya kalau makan lauknya tumis kangkung. Hmm admin jadi lapar nih. Ada yang mau masakin admin tumis kangkung? Hehe. Tau gak sih Kangkung juga termasuk makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan loh. Kangkung adalah sumber yang sangat baik untuk vitamin A dan vitamin B serta C. Kangkung mengandung jumlah tinggi zat besi, kalsium, dan kalium.


Itulah Makanan Pencegah sakit kepala dan kelelahan. Jika sudah rutin mengkonsumsi makanan di atas tapi sakit kepala dan kelahannya masih sering muncul, lebih baik diperiksa ke dokter aja :) Semoga bermanfaat. Tolong komentarnya :D

Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan
Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan

Tag : Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan, Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan, Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan, Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan, Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan, Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan, Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan, Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan, Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan, Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan, Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan,Makanan pencegah sakit kepala dan kelelahan,

Read More
Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik

Pengertian Tektonisme dan gerakan lempeng tektonik

Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik - Hai lagi sahabat BLOGGER JEMO LINTANK, udah siap belajar belum? Nah kali ini admin membahas tentang Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik. Langsung dibaca yuuk:

Tektonisme adalah tenaga dari dalam bumi yang mengakibatkan perubahan letak (diskolasi) atau perubahan bentuk (deformasi) kulit bumi. Sebagaimana kita ketahui bahwa permukaan bumi terbentuk dari lapisan batuan yang disebut kulit bumi atau litosfer. Kulit bumi mempunyai ketebalan relatif sangat tipis, sehingga mudah pecah-pecah menjadi potongan-potongan kulit bumi yang tak beraturan yang disebut lempeng tektonik. Lempeng-lempeng tektonik ini terus bergerak, baik secara horizontal maupun vertikal karena pengaruh arus konveksi dari lapisan di bawahnya (astenosfer). 

Mengenai jenis gerakan lempeng tentunya sudah anda pahami pada pelajaran sebelumnya tentang sejarah pembentukan bumi. Berdasarkan luas dan waktu terjadinya, gerakan lempeng tektonik dapat dibedakan menjadi dua, yaitu gerak epirogenesa dan orogenesa.

1. Gerak epirogenesa

Gerak epirogenesa adalah gerakan yang mengakibatkan turun naiknya lapisan kulit bumi relatif lambat dan berlangsung lama di suatu daerah yang luas. Gerak ini sering disebut gerak pembentuk benua atau kontinen. Tanda-tanda ini dapat dilihat pada perubahan garis pantai.

Gerak epirogenesa positif, yaitu gerak turunnya suatu daratan sehingga permukaan air laut mengalami kenaikan atau garis pantai bergeser ke arah darat. Contohnya adalah turunnya pulau-pulau di indonesia bagian timur. (Kepulauan maluku dari pulau-pulau barat daya sampai ke pulau banda).

a. Gerak epirogenesa
Gerak epirogenesa adalah gerakan yang mengakibatkan turun naiknya lapisan kulit bumi relatif lambat dan berlangsung lama di suatu daerah yang luas. Gerak ini sering disebut gerak pembentuk benua atau kontinen. Tanda-tanda ini dapat dilihat pada perubahan garis pantai.

b. gerak epirogenesa positif, yaitu gerak turunnya suatu daratan sehingga permukaan air laut mengalami kenaikan atau garis pantai bergeser ke arah darat. Contohnya adalah turunnya pulau-pulau di indonesia bagian timur (kepulauan maluku dari pulau-pulau barat daya sampai ke pulau banda)

c. Gerak epirogenesa negatif, yaitu naiknya suatu daratan sehingga permukaan air laut mengalami penurunan atau pantai berpindah ke arah lautan. Contohnya adalah naiknya pulau buton dan pulau timor.

2. Gerak Orogenesa

Gerak orogenesa adalah gerakan kulit bumi yang lebih cepat dan mencakupu wilayah yang lebih sempit. Gerakan ini dapat menghasilkan pegunungan, lipatan, dan pegunungan patahan. Contoh: pembentukan pegunungan-pegunungan yang ada di bumi ini, seperti pegunungan andes, rocky mountain, dan sirkum mediterenia.

hasil dari gerak orogenesa dapat dibedakan menjadi dua sebagai berikut:

a. Daerah lipatan (fold)

lipatan adalah suatu ketampakan yang diakibatkan oleh tekanan horizontal dan vertikal pada kulit bumi yang bersifat plastis. Beberapa bentuk lipatan sebagai berikut:

1. Lipatan tegak disebabkan oleh tenaga radial, kekuatan yang sama atau seimbang dengan tenaga tangensial

2. Lipatan miring terjadi karena arah tenaga horizontal tidak sama atau tenaga radial lebih kecil daripada tenaga tangensial.

3. Lipatan rebah terjadi karena arah tenaga horizontal dari suatu arah

4. Lipatan menggantung terjadi akibat tenaga radial sangat kecil sekali dibanding dengan tenaga tangensial.

5. Lipatan berpindah terjadi karena hanya tenaga tangensial saja yang bekerja

6. Lipatan isoklinal terjadi karena masuknya lembah lipatan ke dalam struktur puncak lipatan akibat tidak seimbangnya tenaga tangensial dan tenaga radial.

b. Daerah patahan (fault)

Patahan adalah kulit bumi yang patah atau retak akibat dari gerak orogenesa, baik secara horizontal dan atau vertikal.

Beberapa macam bentuk patahan sebagai berikut”
1. Sesar naik atau yang sering dikenal dengan sesar sungkup adalah bidang patahan yang atap sesarnya seakan-akan bergerak ke atas. Contoh sesar di indonesia aalah sistem patahan di bukit barisa (Dari sumatera utara sampai ke teluk semangko di sumatera selatan). Daerah patahan ini dikenal dengan zona patahan semangko

2. Sesar turun adalah bidang patahan yang atap sesarnya bergeser turun terhadap alas sesar.

3. Sesar mendatar adalah sesar yang tegak lurus dan bergeser secara horizontal walaupun ada sedikit gerak vertikal. Sesar ini jenis umumnya ditemui di daerah-daerah yang mengalami perlipatan dan pensesaran naik. Contohnya adalah sesar mendatar terdapat dalam lapisan neogen muda di daerah kafanenanu, timor

4. Horst adalah lapisan tanah yang terangkat naik sehingga lebih tinggi dibandingkan daerah sekitarnya, sebagai akibat patahnya daerah sekitar.


5. Graben atau slenk adalah lapisan tanah yang turun sehingga lebih rendah dibandingkan daerah sekitarnya, sebagai akibat patahnya daerah sekitar

Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik
Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik
Tag: Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik, Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik, Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik, Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik, Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik, Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik, Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik, Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik, Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik, Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik, Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik, Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik, Pengertian Tektonisme  dan gerakan lempeng tektonik
Read More
Mungkin Karena Kita kurang sedekah

Mungkin Karena Kita kurang sedekah

MUNGKIN KARENA KURANG SEDEKAH

            Pernahkah kamu kehilangan sesuatu, atau mungkin saat kamu melakukan usaha, malah usaha yang kamu lakukan mengalami kegagalan? Yah, aku pikir setiap orang pernah kehilangan sesuatu, atau mengalami kegagalan.

            Ada beberapa penyebab kenapa kita kehilangan sesuatu atau melakukan kegagalan. Alasan pertama, mungkin karena terlalu terburu-buru, sehingga kita melakukan hal yang ceroboh. Atau alasan yang lainnya, mungkin karena kita kurang sedekah.

            Seorang ustadz pernah berkata “Shodaqoh itu menolak bala, menghindarkan kita dari segala hal yang mencelakakan diri kita” 

            Bukan hanya itu, diuraikannya Hadits Nabi yang menyebut bahwa barang siapa yang rajin bershodaqoh (bersedekah), maka Allah akan melancarkan segala rizkinya, dan melapangkan segala urusannya. Pokoknya, kata Ustadz, dengan sedekah, maka Allah akan memberikan balasan yang tak disangka-sangka kepada mereka yang melakukannya, baik di saat lapang maupun susah.

            Nah mungkin saja saat kita terkena bala, dan terkena hal yang mencelakakan, merugikan, atau saat kita kehilangan sesuatu ada hubungannya dengan kurang sedekah.

            Jujur, saya juga sangat kurang sedekah, pernah suatu hari saya melakukan kesalahan yang tidak disangka-sangka, padahal aku pikir aku sudah cukup teliti dalam mengerjakan sesuatu itu, setelah saya melakukan kesalahan saat melakukan sesuatu itu, aku berpikir, apa penyebabnya? “TUK” Tiba-tiba hatiku terketuk, apa mungkin karena aku kurang sedekah?

             Lalu saya membuka google, membaca beberapa artikel yang berhubungan dengan sedekah, salah satunya keajaiban sedekah, Setelah saya membaca beberapa artikel tersebut, memang penyebab terbanyak kita melakukan kesalahan, kegagalan atau kehilangan sesuatu karena akibat kurang sedekah.

            Mulai sekarang nasehat untuk kita semua, khususnya untuk diri saya sendiri, biasakanlah sedekah, minimal sedekah 1000 rupiah saat kita shalat jum’at (bagi kaum muslim).     

            Semoga dengan artikel saya kali ini kita akan lebih senang bersedekah, karena saat kita sedekah justru kebaikannya untuk diri kita sendiri, agar rejeki kita semakin lancar, dan agar pahala mengalir untuk kita.


Kata-Kata Mutiara Untuk Artikel Kali ini

"Jangan sedih saat kita melakukan kesalahan, atau kehilangan sesuatu, anggap saja semua itu bukan rejeki kita, anggap semua itu adalah sedekah. Percayalah, jika tuhan menghendaki apapun yang hilang dari kita akan kembali kepada kita lagi :)"

Aamiin.

Penulis : Indra Saputra
Penulis : Indra Saputra. Sering aktif di twitter. Follow aja @RajaTimelineL4L

Read More
Fakta -fakta santan kelapa untuk kesehatan

Fakta -fakta santan kelapa untuk kesehatan

Fakta santan kelapa untuk kesehatan - Selamat pagi sahabat Blogger jemo lintank, di tanggal 17 agustus hari ini kamu ikut lomba gak? Apa? enggak? Ya udah kalau enggak, daripada tidak ada kegiatan mending kamu baca fakta-fakta santan kelapa untuk kesehatan berikut ini. Mau tahu fakta-faktanya? Yuk dibaca:

Santan kelapa sering kita gunakan untuk kuah masakan seperti sayur ataupun daging. Bagi pecinta santan, mungkin akan kurang lengkap jika makan tanpa kuah santan kelapa.

Rasanya yang gurih menambah kenikmatan tersendiri saat kita menyantapnya. Tapi dibalik rasanya yang gurih, ada beberapa fakta-fakta santan kelapa untuk kesehatan loh.

1. Untuk Kesehatan Rambut

Faktanya, santan kelapa juga baik untuk kesehatan rambut loh. Santan kelapa dapat menumbuhkan dan meluruskan rambut. Kamu sudah pasti tahukan bagaimana membuat santan kelapa? Nah kalau santan kelapanya sudah ada, caranya Basahi seluruh rambut dengan air santan kelapa, pijat kulit kepala dengan lembut, ingat, kulit kepala yah, bukan kulit kelapa, hehe. Selanjutnya biarkan selama 15 menit, kalau rambut panjang bisa diikat terlebih dahulu. Kalau sudah selesai, bilas dengan air bersih.

2. Mencegah anemia

Fakta santan kelapa untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah anemia, karena santan kelapa mengandung zat besi yang bermanfaat untuk menambah darah dan mempertahankan kadan Hb darah.

3. Tulang sehat

Fakta santan kelapa untuk kesehatan yang lainnya adalah baik untuk tulang. Karena santan kelapa mengandung kalsium serta fosfor yang tak hanya bermanfaat untuk tulang, tapi agar gigi bisa tumbuh dengan sempurna.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Fakta lainnya, santan kelapa juga bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh karena di dalam santan mengandung vitamin C

5. Menangkal radikal bebas

Fakta-fakta santan kelapa untuk kesehatan berikutnya adalah santan kelapa dapat menangkal radikal bebas karena santan mengandung antioksidan di dalamnya.

6. Mengencangkan kulit

Mengoleskan santan kelapa di setiap pagi dapat membuat kulit menjadi kencang sekaligus melembabkan kulit.

7. Awet muda

Ayo, yang ingin awet muda dapat mengkonsumsi santan kelapa secara teratur, hal ini berhubungan juga karena antioksidan dan vitamin C yang terkandung di dalam santan kelapa itu sendiri.

8. Pelindung dari tabir surya

Jika sudah sering mengoleskan santan kelapa di pagi hari, faktanya santan kelapa akan mampu melindungi kulit kita dari tabir surya.

9. Menyehatkan kulit kepala

Fakta terakhir, santan kelapa baik untuk kesehatan kepala, Karena kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Itulah Fakta-fakta santan untuk kesehatan, mungkin ada banyak lagi fakta-fakta kesehatan yang terkandung di dalam kelapa, tapi ingat, usahakan mengkonsumsi atau mengolesi kulit dengan santan kelapa yang segar, yang kita parut sendiri dari daging kelapanya. Ok, sampai disini dulu artikel dari admin, nantikan fakta-fakta kesehatan dan info-info lainnya. Hanya di Blogger jemo Lintank.

Fakta -fakta santan kelapa untuk kesehatan
Fakta -fakta santan kelapa untuk kesehatan

Tag : Fakta -fakta santan kelapa untuk kesehatan,, Fakta -fakta santan kelapa untuk kesehatan, Fakta -fakta santan kelapa untuk kesehatan Fakta -fakta santan kelapa untuk kesehatan, Fakta -fakta santan kelapa untuk kesehatan, Fakta -fakta santan kelapa untuk kesehatan,, Fakta -fakta santan kelapa untuk kesehatan,, Fakta -fakta santan kelapa untuk kesehatan,, Fakta -fakta santan kelapa untuk kesehatan,, Fakta -fakta santan kelapa untuk kesehatan,,
Read More
Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara

Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara

Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara - Hai sahabat blogger jemo Lintank, di malam 17 agustus kali ini admin akan membahas tentang Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara. Mau tahu Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara? Langsung dibaca yuk.

Dasar Negara menjiwai atau mendasari konstitusi yang berlaku pada Negara yang bersangkutan. Dasar Negara memberikan pedoman atau landasan nilai-nilai dalam penyelenggaraan Negara. 

Nilai-nilai yang terkandung dalam dasar Negara bersumber dari tata kehidupan masyarakat Negara dan budayannya. Agar dapat dipakai dan dilaksanakan dalam penyelenggaraan Negara maka diwujudkan dalam UUD Negara. Apa sebenarnya dasar Negara itu? Artikel kali ini akan membahas semua tentang pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara.

- Pengertian dasar Negara

Pada hakikatnya, dasar Negara merupakan filsafat Negara (polliticak philosophy) yang berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber dari tata tertib hukum dalam Negara. Untuk memahami pengertian filsafat Negara, terlebih dahulu perlu dibahas tentang filsafat. Secara etimologis, filsafat berasal dari kata philos yang berarti sahabat, cinta dan Sophia yang berarti kebijaksanaan, kebenaran, belajar. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan, dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal dan hukumnya. Political philosophy merupakan sikap hidup, pandangan hidup, atau sesuatu yang tidak dapat dibuktikan kebenaran dan kesalahannya.

- Fungsi dasar Negara
Pada umumnya, dasar Negara dipergunakan oleh bangsa atau Negara pendukungnya dan memiliki fungsi sebagai berikut:

a. Dasar berdiri dan tegaknya Negara
Pemikiran yang mendalam tentang dasar Negara lazim muncul ketika suatu bangsa hendak mendirikan Negara. Oleh karena itu, dasar Negara berfungsi sebagai dasar berdirinya suatu Negara. Sesudah Negara berdiri, dasar Negara dapat menjadi landasan bagi pengelolaan Negara yang bersangkutan.

b. Dasar kegiatan penyelenggaraan Negara
Negara didirikan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional suatu bangsa di bawah pimpinan para penyelenggara Negara. Agar para penyelenggara Negara benar-benar dapat mewujudkan tujuan nasional, mereka harus mendasarkan semua kegiatan pemerintahan pada dasar Negara.

c. Dasar partisipasi warga Negara
Semua warga Negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk mempertahankan Negara dan berpartisipasi dalam upaya bersama mencapai tujuan bangsa. Dalam menggunakan hak dan menunaikan kewajiban itu, seluruh warga Negara harus berpedoman kepada dasar Negara.

d. Dasar pergaulan antarwarga Negara
Dasar Negara tidak hanya menjadi dasar perhubungan antara warga Negara dan Negara, melainkan juga dasar bagi hubungan  antarwarga Negara.

e. Dasar dan sumber hukum nasional
Seluruh aktivitas penyelenggaraan Negara dan warga negala dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus didasarkan pada hukum yang berlaku. Oleh karena itu, semua peraturan perundang-undangan yang dibentuk untuk penyelenggaraan Negara harus berdasarkan pada dasar Negara.

Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara
Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara

Tag: Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara,, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara
Read More
Mungkin layak untuk dipikirkan

Mungkin layak untuk dipikirkan

"Tolong ... Tolong" Aku berteriak lari ketakutan. Segerombolan laki-laki itu terus mengejarku, membawa pedang yang sangat panjang. Mereka ingin menjadikanku tumbal.

Di suku kami 10 tahun sekali selalu diadakan tumbal untuk roh penunggu tempat kami, supaya roh di tempat kami itu tidak marah, supaya roh ditempat kami itu selalu memberi kami rejeki. Itu kepercayaan dari suku-suku kami.

Awalnya aku tidak tahu apa-apa, dari kecil aku memang sudah diistimewakan. Namaku cross, kata orang-orang suku itu nama suku yang paling keren, nama pemuda yang paling istimewa. Sekarang aku berumur 18 tahun.

Seperti yang aku bilang barusan, aku ini istimewa, entah aku juga tidak tahu apa keistimewaanku, keluargaku dan orang-orang suku selalu senang apabila ada aku, mencintaiku dan memanjakanku. Tapi aku tidak tahu bahwa dibalik itu, kematian sudah menantiku.

Sekeras apapun aku berlari, secepat apapun langkahku, tidak akan mampu mengalahkan rombongan itu yang berlari jauh lebih cepat dari aku.

Ibu dan bapakku menangis saat melihat aku sudah ditangkap, semua rakyat suku juga ikut menangis semua. Tapa apa daya, tumbal ini wajib dilakukan, dan ini sudah takdir sejak aku dilahirkan.

Aku juga menangis, ketakutan, tak bisa berbuat apa-apa. Rombongan pria yang bertugas untuk menyembelih tumbalnya itu sudah bersiap-siap dengan pedangnya yang tajam dan berkemilau. Tangan dan kakiku di ikat, kepalaku ditundukkan, pedang sudah siap menghunus leherku. Aku berteriak sekencang-kencangnya, gemetaran, ketakutan.

Saat pedangnya sudah sepersekian detik lagi menyentuh kulitku. "AAAAAAAAA"

"Astaghfirullahalazim" Aku terbangun dari tidurku, ngos-ngosan. Itu mimpi yang sangat menyeramkan, aku pun bangun untuk shalat shubuh.

Dari mimpi ku itu, mungkin layak untuk dipikirkan. Yah sesenang dan sebahagia apapun kita di dunia, kematian sudah menanti. Tapi tentunya ini bukan untuk tumbal, karena memang sudah hukum alam, yang bernyawa pasti akan mati. Hal tersebut sudah dicatat sebelum kita lahir, malaikat pencabut maut sudah menanti.

Ya Allah, jangan sampai kami terlena di dalam dunia ini.

Nasehat untuk kita, khususnya untuk diri saya sendiri. Manfaatkanlah hidup ini untuk sebanyak-banyaknya beribadah. Perbanyak dzikir, shalat dan ibadah lainnya. Harus aku akui, aku juga masih jarang shalat 5 waktu, tapi akan selalu berusaha untuk menjalankan shalat 5 waktu, minimal satu hari hari 1 waktu.

Hingga saat waktu itu akan sampai, kita sudah siap dan tidak akan ketakutan seperti cerita di atas.
Mungkin layak untuk dipikirkan, iya kan?

Penulis : Indra Saputra
Penulis Indra Saputra, Sering aktif di twitter. Follow aja @RajaTimelineL4L

Read More
Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogen

Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogen

Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogenTenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi. Tenaga ekosogen merupakan tenaga geologi yang memotong (to cut) daerah yang tinggi dan mengisi (to fill) daerah yang rendah. 

Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogen
Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogen


Pada dasarnya, tenaga eksogen ini berhubungan erat dengan proses denudasi. Denudasi adalah proses perombakan muka bumi yang mengakibatkan penurunan di suatu tempat dan peninggian di tempat lain secara alami sehingga merubah tanah menjadi rata. Bentuk-bentuk akibat denutasi, antara lain:

a. Peneplain, yaitu muka tanah yang relatif datar, menurun ke arah pantai.
b. Bukit-bukit yang puncaknya hampir datar
c. Tanah tandus di suatu tempat dan tanah gembur di sebelahnya.

            Tenaga ekosgen dapat dibedakan berdasarkan tenaga pembentuknya sebagai berikut.

a. Angin
Tenaga eksogen yang berasal dari tenaga angin dapat dengan mudah diamati di daerah arid dan semi arid. Tenaga angin dapat menimbulkan dua tenaga, yaitu deflasi dan korosi. Deflasi diartikan suatu proses pengangkatan material dari satu tempat, ke tempat yang lain. Korosi artinya suatu proses benturan atau gesekan suatu bentukan yang dilaluinya.

b. air
Tenaga eksogen lain yang dominan dalam mengubah bentuk muka bumi adalah air. Air memiliki daya perusak yang tinggi. Air yang mengalir terutama pada daerah-daerah berleran curam atau terjal akan bergerak dengan kecepatan tinggi, sehingga mengikis dan mengangkut lapisan-lapisan tanah yang dilaluinya.

c. Gletser.
Perubahan bentuk permukaan bumi akibat gletser (Salju atau es yang mencair). Disebut eksarasi atau erosi glasial Jenis perubahan bentuk muka bumi ini dapat di temui di daerah-daerah pegunungan tinggi yang permukaannya tertutup salju.

Berdasarkan prosesnya, perubahan bentuk muka bumi sebagai akibat tenaga eksogen dapat terjadi melalui proses-proses berikut ;


Pelapukan adalah peristiwa penghancuran atau perusakan dan pelepasan partikel-partikel batuan. Proses pelapukan batuan membutuhkan waktu yang sangat lama. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelapukan, antara lain keadaan struktur batuan, topografi, cuaca,iklim dan vegetasi. Berdasarkan proses terjadinya, pelapukan dibedakan menjadi tiga sebagai berikut:

1. Pelapukan mekanik

Pelapukan mekanik adalah rusaknya batuan karena pengaruh waktu yang lama. Siang hari kepanasan(mengembang), malam hari kedinginan (menyusut). Proses mengembang dan menyusut setiap hari menyebabkan batuan retak dan pecah-pecah. Air yang mengalir, angin yang bertiup, dan ombang yang menghantam karang, juga berakibat pada pecahnya batuan-batuan menjadi klastika-klastika berukuran besar sampai yang kecil (bongkah, kerakal, kerikil, pasir, debu dan lempung).

2. Pelapukan organik

Pelapukan organik adalah rusaknya batu-batuan akibat aktivitas makhluk hidup. Aktivitas makhluk hidup ini ada yang mekanik ada pula yang bersifat kimiawi. Aktivitas mekanik menimbulkan lubang-lubang hingga tanah longsor, desakan akar dapat memecah batuan atau tembok. Aktivitas kimiawi menimbulkan pelapukan biokimia, contohnya akar tanaman.
3. Pelapukan kimia
Pelapukan  kimia adalah rusaknya batuan-batuan akibat reaksi kimia. Contoh: air hujan karena mengandung CO2, dapat melarutkan batuan gamping. Semua benda yang terkena larutan asam akan hancur. Pelapukan kimia banyak terjadi di daerah tropik, misalnya pelapukan di daerah kapur (karst). Pelapukan kimia dapat menimbulkan gejala-gejala karst.


Pengikisan atau erosi adalah suatu proses pelepasan dan pemindahan massa batuan (termasuk tanah) secara alamiah dari suatu tempat ke tempat lain oleh zat pengangkut (air, udara, gletser, dan air laut) di permukaan bumi.

1. Pengikisan oleh air (Ablasi)

Ablasi adalah erosi yang disebabpkan oleh air yang mengalir. Air yang mengalir menimbulkan banyak gesekan pada tanah dipengaruhi oleh besarnya air yang mengalir. Gesekan akan semakin besar jika kecepatan dan jumlah air semakin  besar. Kecepatan air juga akan semakin besar jika gradien (kemiringan) lahan juga besar. Gesekan antara air dan benda-benda padat yang terangkut oleh air dengan tanah atau batuan di dasar sungai dapat menyebabkan terjadinya pengikisan. Pengikisan oleh air sungai yang terjadi secara terus-menerus dapat mengakibatkan sungai berbentuk V, jurang atau ngarai, aliran deras, dan air terjun.

Erosi yang disebabkan oleh air yang mengalir dibagi dalam beberapa tingkatan, sesuai dengan tingkatan kerusakannya.
a. Erosi percik (splash erosion), yaitu proses pengikisan yang terjadi oleh percikan air. Percikan tersebut berupa partikel tanah dalam jumlah yang kecil dan diendapkan di tempat lain.
b. Erosi lembar (Sheet erosion), yaiutu proses pengikisan tanah yang tebalnya sama atau merata dalam suatu permukaan tanah.
c. Erosi alur (rill erosion), yaitu erosi yang terjadi karena air yang mengalir berkumpul dalam suatu cekungan sehingga di cekungan tersebut terjadi tanah yang lebih besar. Alur-alur akibat erosi dapat dihilangkan dengan cara pengolahan tanah biasa.
d. Erosi parit (gully erosion), yaitu erosi yang terjadi seperti erosi alur, tetapi saluran yang terbentuk delah dalam sehingga tidak dapat dihilangkan dengan pengolahan tanah secara biasa.

2. Pengikisan oleh air laut (abrasi)
Abrasi adalah erosi yang disebabkan oleh air laut sebagai hasil dari erosi marine. Tinggi rendahnya erosi akibat air laut dipengaruhi oleh besar kecilnya kekuatan gelombang. Erosi oleh air laut merupakan pengikisan di pantai oleh pukulan gelombang laut yang terjadi secara terus-menerus terhadap dinding pantai. Hasil bentukan proses abrasi sebagai berikut:
a. Cliff, yaitu pantai yang berdinding curam dan terjal
b. Relung, yaitu cekungan-cekungan yang terdapat di dinding cliff.
c. dataran abrasi, yaitu hamparan wilayah pendataran akibar abrasi.
d. Pantai fyord adalah pantai berleka-lekuk jauh menjorok ke arah dataran.
e. Pantai Skeren adalah pantai seperti fyord, tetapi lekukan tidak terlalu dalam.

3. Pengikisan oleh angin (Deflasi)

Deflasi adalah erosi yang disebabkan oleh tenaga angin. Proses ini banyak dijumpai di daerah gurun yang terdapat tiupan angin kencang disertai pasir dan kerikuil melalui bongkahan-bongkah batuan. Hasil dari pengikisan ini adalah batua jamur (mushroom rock).

4. Pengikisan oleh gletser (eksarasi)
Eksarasi adalah erosi yang disebabkan oleh Gletser atau es. Eksarasi hanya terjadi pada daerah yang mempunyai musim salju atau di daerah pegunungan tinggi.


Pengendapan atau sedimentasi adalah proses pengendapan material batuan hasil dari pengikisan (Erosi( air, angin, gelombang laut, dan gletser. Sedimentasi dapat terjadi di daratan, sekitar sungai, danau, atau di laut.

1. Pengendapan oleh air sungai
Batuan hasil pengendapan oleh air disebut sedimen akuatis. Bentang alam hasil pengendapan oleh air, antara lain meander, oxbow lake, tanggul alam, dan delta.

2. Pengendapan oleh air laut
Batuan hasil pengendapan oleh air disebut sedimen marine. Pengendapan oleh air laut dikarenakan adanya gelombang. Bentang alam hasil pengendapan oleh air laut, antara lain pesisir, spit, tombolo, dan penghalang pantai.

3. Pengendapan oleh angin
Sedimen hasil pengendapan oleh angin disebut sedimen aeolis. Bentang alam hasil pengendapan oleh angin dapat berupa gumuk pasir (Sand dune).

4. Pengendapan oleh gletser.
Sedimen hasil pengendapan oleh gletser disebut sedimen glacial. Bentang alam hasil pengendapan oleh gletser adalah bentuk lembah yang semula berbentuk V menjadi U.

Masswasting


Masswasting adalah perpindahan massa batuan dan atau tanah dalam volume yang besar karena pengaruh gravitasi. Berdasarkan materi dan kecepatanya, masswasting dibedakan menjadi tiga, yaitu slow flowage, rapid flowage, dan landslide.

Itulah Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogen, Semoga bermanfaat.

Tag : Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogen, Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogen, Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogen, Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogen, Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogen, Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogen Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogen, Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogen, Pengertian tenaga eksogen dan proses-proses tenaga eksogen
Read More

KOMENTAR TERBARU

loading...